Home Berita CSR INDONESIA BERBAGI BERKAH UNTUK PARA TAHFIIDZ DI RUMAH QURAN AL- BADR

CSR INDONESIA BERBAGI BERKAH UNTUK PARA TAHFIIDZ DI RUMAH QURAN AL- BADR

101

CSRIINDONESIA – DIPENGHUJUNG bulan suci Ramadhan ini Media CSR Indonesia melakukan program donasi yang ditujukan khusus untuk para Tahfidz Quran dari Yayasan Pendidikan Islam Sosial Al – Badr.

Tim CSR Indonesia pada Selasa (11/05/21) langsung datang ke Yayasan Pendidikan Islam Sosial Al-Badr (Rumah Qur’an) di kawasan Jl. Ampera Raya. Gg Kancil, Gg H. Tada Pasar Minggu  Jakarta Selatan. Donasi berupa pakaian layak pakai, Iqro, serta Al-Quran dan sejumlah uang tunai diberikan langsung oleh Aendra Medita, Presiden Direktur CSR INDONESIA (dibawah payung MEPRINDO) yang diterima langsung Daniswara Soro selaku pengurus dan bendahara Yayasan Al Badr.

Yayasan Al-Badr adalah suatu lembaga pendidikan Islam dan Al-Quran, yang berada di perkampungan padat penduduk, wilayah Pasar Minggu-Ampera, Jakarta berdiri pada pertengahan Juli 2019 dan kini sudah memiliki cabang di Rajaampat, Papua.

Awal mula berdirinya Yayasan Al-Badr ini adalah sebuah bentuk kesadaran akan lemahnya pengetahuan masyarakat sekitar mengenai pemahaman Islam dan membaca Quran.  Lalu kemudian terbentuklah Yayasan Pendidikan Islam Sosial Al – Badr itu dari usulan salah satu warga yaitu Bu Eli Yuliawati yang ingin warga sekitar dapat pembelajaran ilmu islam dan Al Quran yang memadai. Awalnya hanya beberapa saja anak-anak yang ikut lambat laun para orangtua juga mengikuti program baca dan menghafal Alquran.

Arti dari Al – Badr adalah bulan, “Cahaya itu ada matahari dan bulan. Kalau matahari itu panas sedangkan bulan itu sejuk. Supaya di kegelapan itu dapat menyinari semuanya makanya itu kita mengambil nama Al-Badr yang berarti cahaya bulan” ujar Dani.

Yang menjadi semangat terus adalah karena semua yang terlibat sepakat untuk maju, meski pertama kali kajian ini hanya didalam ruang tamu tetapi dengan sejalannya waktu dengan donasi yang didapatkan dari masyarakat untuk membangun aula yang lebih luas.

Jumlah santri di Yayasan Pendidikan Islam Sosial Al – Badr berjumlah 42 orang yang antara lain, anak-anak, bapak-bapak, ibu-ibu. Yayasan Pendidikan Islam Sosial Al – Badr juga pernah melakukan program Keluarga Sakinah yang maksudnya adalah pembelajaran baca Al Quran untuk seluruh anggota keluarga agar dapat membaca Al Quran.
“Dalam situasi pandemi belum bisa menerima banyak-banyak santri, kita batasi dulu santri-santri ini sementara dari lingkungan sekitar warga sini dulu,” tambah Dani kepada tim CSR Indonesia, Selasa (11/05/21) sore

Untuk jadwal rumah Quran dibagi menjadi 3 bagian yaitu, bapak – bapak hari minggu & senin dimuali Ba’da Isya dan setiap kajian melakukan setoran hafalan dan konsultasi fiqih bersama Ustad. Untuk jadwal ibu-ibu hari selasa, rabu , dan kamis dimulai Ba’da Magrib dan dibagi menjadi dua sesi. Lalu untuk jadwal anak-anak hari Ahad dan Senin untuk sesi pertama, dan hari selasa & rabu untuk sesi kedua.

YPI Al Badr juga membuka program berikutnya yaitu akan membuat cabang cabang baru dari Yayasan Pendidikan Islam Sosial Al – Badr di sejumlah tempat.

“Disini kami adalah titik awal atau kantor pusatnya. Dan program itu sudah mulai tersalurkan di Papua, disana menjadi cabang kedua dari Yayasan Pendidikan Islam Sosial Al – Badr,” paparnya lagi.

Dalam program donasi ke Yayasan Pendidikan Islam Sosial Al – Badr dari CSR Indonesia kami juga mengucapkan terima bagi yang telah berdonasi dan beberapa pihak yang sudah menyisihkan rezekinya dalam berdonasi, CSR Indonesia mengajak para donasi untuk membantu pengadaan Alquran dan buku Iqro yang dipakai untuk menghafal dan belajar membacar Quran. Turut membantu donasi dan ucapan terimakasih kepada Nenden Syafira, Mahrani, Susana Andriani, Chairah & Ratiyem, Yani-Joned, Heru-Ida, Ima dan Dr. Poppy Ruliana. “Semoga menjadi barokah dan amalan yang tak ada putus-putusnya,” ucap Susi Andrini, Pemimpin Redaksi CSR pada penyerahan donasi secara simbolis.

CSR Indonesia juga mnegucapkan sangat berterima kasih atas partisipasi dari para donator tersebut, semoga rezeki yang diberikannya mendapat balasan yang berlimpah dari yang Maha Kuasa. semoga BERBAGI BERKAH di bulan Ramdahan ini semkain berkah. Aamiin.

TIM CSRINDONESIA – (Fabil, Ruth, Hanny, Afifah -interstudi jakarta)