Home CSR Ekonomi G2RT GOES TO DUBAI : SILATURAHIM HUB DAGANG GLOBAL BERSAMA ITPC DUBAI

G2RT GOES TO DUBAI : SILATURAHIM HUB DAGANG GLOBAL BERSAMA ITPC DUBAI

78

G2RT GOES TO DUBAI : SILATURAHIM HUB DAGANG GLOBAL BERSAMA ITPC DUBAI

Selain berkunjung ke KBRI UEA, tim G2RT juga melakukana tatap muka dan silaturahmi ke ITPC (Indonesia Trade Promotion Center) Dubai. Pertemuan itu dalam rangka menindaklanjuti penjajakan kerjasama peningkatan produk-produk ikonik unggulan desa-desa di DIY ke pasar Dubai. Berikut di bawah ini riis kegiatan tersebut. (Red)_

CSRINDONESIA.COM – Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Dubai menerima kunjungan Sekretariat G2RT Pusat Indonesia bersama Rika Fatimah PL, ST. MSc, PhD, dalam rangka tindak lanjut penjajakan kerja sama peningkatan produk-produk Indonesia, khususnya produk ikonik unggulan desa ke pasar Dubai.

Silaturahim gotong royong tersebut merupakan kebersamaan berbagai pihak yaitu Universitas Gadjah Mada khususnya Fakultas Ekonomika & Bisnis; Direktorat Penelitian (Dirlit) UGM dan Matching Fund Kedaireka; PPKTrans Kemendes RI; Biro Pemberdayaan Masyarakat (Bermas), Sekda DIY; Dinkop KUMK DIY; LP UMKM PWM DIY; serta Pemkal dan Pemkel bersama BUMDesa, Pokdarwis, Koperasi penggiat G2R Tetrapreneur di DIY, Muna – Sulteng, Aceh Jaya, Nganjuk – Jatim, dan penggiat G2RT Mandiri bersama mitra Global Halal Industry Foundation serta Mariza Amalia, P.T.

Rika Fatimah P.L., S.T., M.Sc., Ph.D. selaku Founder, Konseptor, dan Tenaga Ahli Global Gotong Royong (G2R) Tetrapreneur pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kunjungan dimaksudkan sebagai upaya pengembangan ekspose global di Dubai, — khususnya untuk produk unggulan ikonik global G2R Tetrapreneur — setelah tahun sebelumnya, pada bulan Maret 2023, Sekretariat Pusat G2RT Indonesia melakukan silaturahim ke Atase Perdagangan Kairo, Mesir dan ITPC Jeddah, Arab Saudi. Menurut Rika, keberadaan kantor ITPC Dubai yang dekat akses dengan Bandara International Dubai, juga berada di tengah pusat perbelanjaan, perkantoran, serta berdekatan dengan mitra-mitra ITPC menjadikan ITPC Dubai merupakan ruang pamer yang tepat untuk produk-produk UMKM khususnya produk unggulan ikonik desa G2R Tetrapeneur. Selain itu, Dubai juga merupakan salah satu kota dagang dunia sebagai hub untuk akses dagang ke berbagai negara lainnya.

Direktur ITCP Dubai, Bapak M Khomaini, menerima kunjungan Sekretariat G2R Tetrapreneur dengan didampingi oleh Wakil Direktur ITCP Dubai, Ibu Fanny Astria Widiawuri.

M. Khomaini menjelaskan bahwa kantor baru ITPC ini mengusung tema Modern yet Ethnic artinya adalah suatu cara promosi keragaman Indonesia dengan tanpa meninggalkan identitas asli budaya, salah satunya gotong royong. ITPC Dubai berkomitmen mendorong akses pasar non-kompetisi dan kompetisi unggulan ikonik G2RT untuk go global. Penjajakan akses pasar global untuk BUMDesa bersama UMKM dengan standarisasi G2R Tetrapreneur diharapkan nantinya dapat memberi kesempatan produk lokal untuk turut diterima pasar global dan berpartisipasi dalam perdagangan dunia.

Unit G2RT sendiri telah dilaksanakan di 25 perdesaan dan 3 perkotaan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Total 30 unit lebih jika ditambahkan dengan unit G2R Tetrapreneur di luar wilayah DIY. Adapun jenis produk unggulan mencapai 100 produk. Inovasi kewirausahaan gotong royong diharapkan menjadi bagian kekuatan materi promosi dagang produk-produk asli Indonesia ke global. “Indonesia berani berdiri di kaki sendiri, berdikari, punya manuver sendiri, tidak dengan berbasis market demand namun lebih kepada iconic trend setter, terang kata Rika Fatimah P.L.

Ikonik yang dimaksud Rika adalah melalui intelektual pelaku-pelaku UMKM yang tergabung bersama Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) mengusung bahan baku asli desa hingga menggerakkan wirausaha lapangan pekerjaannya melalui akses sebagai ikon pasar lokal, nasional hingga global. Replikasi meluasnya G2R Tetrapreneur di berbagai kawasan lainnya juga menunjukkan organiknya gotong royong tersebut untuk semua pihak. G2RT berkembang mengikuti keunikan organiknya seperti inisiasi G2RT Kawasan Transmigrasi (G2RT-KT) bersama Kemendesa Transmigrasi di Kawasan Transpolitan Muna, Sulawesi Tenggara.

Selain di Kawasan Transpolitan Muna, G2RT juga diimplementasikan di G2RT Kawasan Aceh Jaya yang meliputi 9 kecamatan yaitu Kecamatan Jaya, Indra Jaya, Setia Bakti, Darul Hikmah, Krueng Sabee, Sampoinet, Panga, Teunom dan Pasie Raya. Kebumen juga mengimplemetasi G2RT di Kawasan Perdesaan Anyaman Pandan, Pesisir Menganti, Sapi PO, dan Kampung Batik; serta adanya G2RT Kkawasan NTB. Sifat dasar gotong royong yang telah ada sebagai kearifan lokal, yang dikemas dalam bentuk G2R Tetrapreneur diharapkan terus berkembang sebagai wujud ikonnya Indonesia melalui kepeloporan istimewanya Yogyakarta ke kawasan nasional persada hingga di kancah dunia. Global Gotong Royong (G2R) Tetrapreneur diharapakan terus bersilaturahim sebagai salah satu rujukan model inovasi kewirausahaan dan ekonomi baru nasional juga global. Berkaitan dengan hal tersebut, G2R Tetrapreneur merupakan model yang tepat untuk mendukung penetrasi pasar bagi produk-produk Indonesia yang telah diinisiasi di DI Yogyakarta sejak 2018.

Rika Fatimah P.L., S.T., M.Sc., Ph.D., menerangkan bahwa join commitment yang akan dilakukan antara ITPC Dubai dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui konsep G2R Tetrapreneur, dapat berupa pembangunan manajerial dan infrastuktur seperti (1) G2RT Mart; (2) Secretariat G2RT of Dubai; (3) G2RT for Dubais Hub; dan (4) Development of 3R G2RT for Dubai: Houses of Production, Packaging & Business. Harapannya, nanti, kerja sama ini dapat mewujudkan kemandirian dan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui gotong royong ekonomi pancasila sebagai ikon dunia bagi Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya dan Indonesia pada umumnya, ungkapnya.

Rika, dalam kunjungannya membawa serta produk-produk unggulan G2RT Sendangsari yaitu olahan telang; G2RT Karangwuni dengan olahan cabai dan kelor, G2RT Bejiharjo dengan olahan sapi, G2RT Mataraman dengan olahan jambu, G2RT Girirejo dengan olahan wedang uwuh. Selain itu pula membersamai G2RT – KT Muna, G2RT Muhammadiyah, G2RT Kawasan Aceh Jaya, dan G2RT Mandiri Nganjuk – Jawa Timur. (p17)