Home CSR Dukung Peremajaan Taman Kota, Optimalkan Stimulasi dan Eksplorasi Buah Hati

Dukung Peremajaan Taman Kota, Optimalkan Stimulasi dan Eksplorasi Buah Hati

80
Kegiatan Eksplorasi Buah Hati di Taman Kota Tebing Tinggi #AkuDanKauSukaDANCOW | IST
Kegiatan Eksplorasi Buah Hati di Taman Kota Tebing Tinggi #AkuDanKauSukaDANCOW | IST
CSRINDONESIA – Menyambut Hari Anak Nasional 2023, Nestlé DANCOW Imunutri mewujudkan peremajaan ruang publik terbuka ramah anak di lima kota, yakni Tebing Tinggi, Banjarmasin, Jakarta, Makassar, dan Sidoarjo sebagai bagian dari  Dua Juta Dukungan Bunda pada kampanye Gerakan #AkuDanKauSukaDancow.
Kegiatan tersebut diharapkan dapat mendorong orang tua untuk mengoptimalkan stimulasi dan potensi terbaik anak usia satu tahun ke atas. Dukungan peremajaan yang dilakukan di Taman Kota Tebing Tinggi meliputi renovasi wahana bermain anak, penambahan bangku taman, dan pengecatan tembok. Inisiatif ini merupakan kontribusi bagi Pemerintah Tebing Tinggi dalam upaya mewujudkan Kota Ramah Anak.
“Sejalan dengan tujuan Nestlé untuk menggunakan potensi makanan untuk meningkatkan kualitas hidup setiap individu, saat ini dan untuk generasi mendatang, Nestlé Indonesia percaya bahwa dengan memberikan dukungan bagi orang tua, khususnya para Bunda untuk mengoptimalkan stimulasi dan eksplorasi bagi anak usia satu tahun ke atas, maka bersama-sama kita dapat melahirkan generasi masa depan yang lebih baik bagi bangsa. Komitmen ini diwujudkan Nestlé DANCOW Imunutri melalui kampanye Gerakan #AkuDanKauSukaDANCOW dengan peremajaan fasilitas ruang publik terbuka ramah anak di lima kota, salah satunya adalah Taman Kota Tebing Tinggi,” ungkap Sufintri Rahayu, Direktur Corporate Affairs PT Nestlé Indonesia.
Menyambung dari sisi ahli, Orissa Anggita Rinjani, Psikolog dan Founder Rumah Dandelion, menyebut bahwa aktivitas bermain di ruang publik terbuka berkaitan erat dengan perkembangan positif pada motorik kasar dan motorik halus anak.
“Bermain di luar seperti di ruang terbuka mendorong anak bergerak secara fisik, dan ini mampu untuk meningkatkan kekuatan otot dan tulang sang Buah Hati tercinta. Selain itu, kegiatan serupa juga mendorong anak untuk lebih aktif mengontrol koordinasi otak dan anggota tubuh, serta memperkuat kemampuan setiap indera,” jelasnya.
Untuk memaksimalkan seluruh potensi tersebut, Orissa pun menyampaikan serangkaian tips jitu bagi para orang tua dalam mendampingi proses eksplorasi anak usia satu tahun ke atas, yakni:
  1. Ajak anak bermain ke taman dan mengenal benda alam seperti rumput, tanaman, bebatuan, tanah, matahari dan sebagainya. Ini mampu meningkatkan kemampuan motorik halus atau indera peraba anak untuk membedakan tekstur dan suhu.
  2. Dorong anak untuk berani mencoba sendiri berbagai fasilitas bermain di ruang publik terbuka, dan biarkan mereka bereksplorasi hingga benar-benar bisa menggunakannya sendiri tanpa bantuan. Dorong anak untuk bermain wahana seperti perosotan, monkey bar, jungkat-jungkit guna mengasah perkembangan kemampuan motoriknya.
  3. Jadikan bermain di ruang publik terbuka sebagai jadwal rutin, 30-60 menit setiap kali datang (2-3 kali sepekan), guna meningkatkan kemandiriannya dalam bermain.
  4. Selalu awasi anak-anak saat bermain, namun tetap memberikan ruang yang cukup bagi mereka untuk bereksplorasi. Anak bisa diberi pemahaman untuk mengenali aturan yang ada di ruang publik terbuka, seperti selalu mengantri ketika akan naik wahana guna melatih kemampuan bersosialisasi dengan sesama.
  5. Berikan contoh positif lewat apresiasi terhadap gerak aktif anak di ruang publik terbuka, misal ketika sang Buah Hati berhasil mengalahkan rasa takut saat pertama kali mencoba main perosotan, atau ketika ia dengan senang hati mau bergantian wahana bermain dengan teman-teman lainnya, guna meningkatkan kepercayaan dirinya. Bangun rasa aman anak dengan memanfaatkan mainan yang disukai namun dengan situasi yang baru.
“Nestlé DANCOW Imunutri percaya bahwa setiap anak memiliki potensi dalam dirinya. Untuk membantu memaksimalkan potensinya, penting bagi Bunda untuk memberikan gizi dan stimulasi yang tepat, disertai dengan cinta kasih. Untuk itu, sebagai upaya mendukung Pemerintah Tebing Tinggi dalam mewujudkan Kota Ramah Anak, saya berharap perwujudan Dua Juta Dukungan Bunda pada Gerakan #AkuDanKauSukaDANCOW yang dilakukan melalui peremajaan Taman Kota Tebing Tinggi dapat memaksimalkan fungsi Taman Kota Tebing Tinggi, dan menjadi contoh bagi ruang terbuka lainnya di Sumatera Utara untuk mendorong potensi anak-anak usia satu tahun ke atas,” Prasasti Dhaniswari, Senior Brand Manager Nestlé DANCOW Imunutri. |WAW-CSRI