Home CSR Lingkungan Yayasan WINGS Peduli Berkolaborasi dengan Pemerintah Jawa Timur dan Tuban Gelar Aksi...

Yayasan WINGS Peduli Berkolaborasi dengan Pemerintah Jawa Timur dan Tuban Gelar Aksi Bersih Pantai Boom Tuban

17

Ratusan masyarakat dikerahkan untuk mengumpulkan sampah di sepanjang 800 meter pantai Boom

CSRINDONESIA Yayasan WINGS Peduli berkolaborasi dengan Pemerintah Jawa Timur dan Tuban menyelenggarakan Aksi Bersih Pantai Boom di Tuban, guna mengurangi potensi penumpukan sampah menjelang musim hujan yang kerap terjadi di akhir tahun. Selain aksi bersih, Yayasan WINGS Peduli juga mengedukasi masyarakat mengenai pemilahan sampah serta memberikan fasilitas pengambilan sampah, agar masyarakat mau terlibat dalam pelestarian lingkungan, termasuk pantai, dan mengelola sampah secara bertanggungjawab. Rangkaian inisiatif ini merupakan komitmen Yayasan WINGS Peduli di bidang #WINGSPeduliLingkungan, agar bumi menjadi tempat yang nyaman bagi generasi saat ini dan akan datang.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky menuturkan, “Pantai Boom merupakan salah satu aset wisata Tuban, karena pemandangan alamnya serta lokasinya yang strategis, dekat Alun Alun Tuban dan Wisata Ziarah Sunan Bonang. Selain destinasi wisata, Pantai Boom juga menjadi sumber mata pencaharian masyarakat lokal yang bekerja sebagai nelayan. Dan aset ini tentunya harus kita jaga dan lestarikan agar senantiasa bersih dan indah. Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Tuban sangat mengapresiasi inisiatif dari Yayasan WINGS Peduli yang ikut mendukung upaya pelestarian Pantai Boom dalam Aksi Bersih Pantai kali ini,” ungkap Aditya Halindra Faridzky.

Dalam program Aksi Bersih Pantai Boom di Tuban, metode pengambilan sampah dilakukan dengan dua cara. Yang pertama adalah pemungutan sampah di bibir pantai dengan susur pantai dan yang kedua adalah pengerukan sampah di tengah pantai menggunakan mesin pengeruk. Untuk menyukseskan kegiatan ini, Yayasan WINGS Peduli bersama pemerintah provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Tuban menggandeng 400 partisipan yang terdiri dari pelajar sekolah, aparat kepolisian, kader lingkungan, serta karyawan WINGS Group Indonesia untuk ikut serta menjaga kelestarian lingkungan. Setelah Aksi Bersih dilakukan, Yayasan WINGS Peduli menyerahkan sejumlah fasilitas pengangkutan sampah untuk membantu petugas kebersihan pantai mengumpulkan sampah, sebagai langkah awal waste management.

Sampah yang terkumpul di Pantai Boom didominasi oleh sampah residu, sampah limbah, dan sampah plastik, dengan total 7 ton sampah. Kumpulan sampah ini kemudian disetorkan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tuban untuk didaur ulang. Secara total, aksi ini membersihkan kurang lebih 800 meter wilayah pantai.

Selain aksi bersih, Yayasan WINGS Peduli juga mengedukasi warga setempat terkait #PilahDariSekarang dengan mengajak masyarakat sadar akan pemilahan sampah berdasarkan kategori dan melakukan penyetoran sampah ke Bank Sampah. Edukasi ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat akan bahaya membuang sampah sembarangan serta mengajak mereka terlibat dalam upaya menjaga lingkungan. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 20 ribu masyarakat yang teredukasi.

Oucky Hertanto selaku Perwakilan Yayasan WINGS Peduli mengatakan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan melalui aksi bersih pantai. “Pantai yang bersih berpotensi meningkatkan traffic pariwisata Tuban dengan menarik wisatawan untuk datang berkunjung sambil melakukan aktivitas wisata bahari dengan nyaman. Hal ini juga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas nelayan yang menggantungkan rezekinya di pantai ini dan mengurangi risiko kontaminasi plastik di hasil laut tangkapan mereka.” ungkap Oucky Hertanto.

Selain Aksi Bersih Pantai Boom di Tuban, komitmen Yayasan WINGS Peduli terhadap lingkungan juga diwujudkan melalui berbagai program lainnya, seperti Aksi Bersih Laut dan Aksi Bersih

Sungai, pemberian fasilitas pengelolaan sampah, peresmian Bank Sampah, pembuatan Tempat Penampungan Sementara (TPS), hingga edukasi #PilahDariSekarang yang masih rutin dilakukan hingga saat ini. Inisiatif ini sejalan dengan filosofi WINGS Group, yaitu “The Good Things in Life Should be Accessible for All”. CSR