Home CSR Pukau Pesona Warna-Warni Parade Jukung di Pesisir Timur Denpasar

Pukau Pesona Warna-Warni Parade Jukung di Pesisir Timur Denpasar

30
Sesuai dengan tema AstraPay Sanur Village Festival 2023 yaitu Amrta Sagara, di mana memiliki makna, Amrta adalah sebuah berkah dan Sagara adalah laut, maka Jukung Parade ini juga menjadi ungkapan syukur atas keberkahan luar biasa yang didapat dari alam laut bagi masyarakat Bali. | IST
Sesuai dengan tema AstraPay Sanur Village Festival 2023 yaitu Amrta Sagara, di mana memiliki makna, Amrta adalah sebuah berkah dan Sagara adalah laut, maka Jukung Parade ini juga menjadi ungkapan syukur atas keberkahan luar biasa yang didapat dari alam laut bagi masyarakat Bali. | IST
CSRINDONESIA – BALI,  Bentangan layar jukung (perahu kecil) warna-warni meramaikan pesisir pantai Segara Ayu, Sanur, Bali, Kamis, 20 Juli 2023. Terlihat para awaknya sibuk mempersiapkan sarana dan prasarana kelengkapan di masing-masing perahunya untuk mengikuti Jukung Parade sebagai rangkaian gelaran AstraPay Sanur Village Festival 2023 .
Parade ini diikuti oleh sebanyak 30 jukung tradisional dengan tenaga penggerak menggunakan layar terbentang, yang mengitari Pantai Segara Ayu (Segara Ayu Beach). Gelaran ini tentu menjadi kegiatan yang menarik perhatian wisatawan lokal serta mancanegara dan sekaligus sebagai wadah untuk memperkenalkan jukung tradisional bagi para wisatawan, khususnya yang berasal dari luar Bali.
Sesuai dengan tema AstraPay Sanur Village Festival 2023, yaitu Amrta Sagara, yang bermakna, Amrta adalah sebuah berkah dan Sagara adalah laut, maka Parade Jukung ini juga menjadi ungkapan syukur atas keberkahan luar biasa yang didapat dari alam laut bagi masyarakat Bali. 
Sebanyak 30 peserta Jukung Parade tengah bersiap-siap di pinggir Pantai Segara Ayu dalam perhelatan AstraPay Sanur Village Festival 2023 ke-16 tahun, Kamis, 20 Juli 2022. | IST
Sebanyak 30 peserta Jukung Parade tengah bersiap-siap di pinggir Pantai Segara Ayu dalam perhelatan AstraPay Sanur Village Festival 2023 ke-16 tahun, Kamis, 20 Juli 2022. | IST
Pada kesempatan berbeda, Chief Executive Officer (CEO) AstraPay, Rina Apriana menuturkan : “AstraPay, sebagai sponsor utama gelaran AstraPay Sanur Village Festival 2023 untuk yang kedua kalinya, sungguh merasa bangga dapat menjadi bagian dalam perhelatan yang luar biasa ini dengan menyaksikan jejeran jukung tradisional berlayar dengan indahnya di Pantai Segara Ayu ini.”
Dukung Sektor Pariwisata  
Parade Jukung sudah dilakukan sejak kali pertama Sanur Village Festival digelar yaitu pada 2006. Ketua Umum Sanur Village Festival, Ida Bagus Gede Sidharta Putra, di beberapa kesempatan mengatakan bahwa konsep dari Sanur Village Festival ini adalah sebagai ruang kreativitas sekaligus koridor antara kehidupan masyarakat, seni dan budaya. Seiring berjalannya waktu, konsep ini diterjemahkan secara mengalir dan kontekstual dalam industri pariwisata dengan semangat baru menjalankan warisan leluhur (The New Spirit of Heritage).
Perhelatan ini diharapkan menjadi salah satu sarana bagi masyarakat Bali dan sekitarnya untuk bangkit sejak terpuruk akibat dari wabah pandemi Covid-19 lalu, melalui pariwisata yang dikenal sebagai tonggak utama roda perekonomian Bali. Parade Jukung tahun ini adalah kali kedua diadakan sejak pandemi Covid-19 dan diharapkan menjadi magnet bagi pariwisata Bali dari sisi kelautan dan transportasi tradisional masyarakat Bali.
Made Artika, salah satu peserta Parade Jukung menyebutkan jukung menjadi salah satu budaya yang sampai saat ini masih dilestarikan di Bali. Sebab dengan jukung, masyarakat Bali, khususnya di Sanur memenuhi kebutuhan hidup dengan hasil laut.
“Sejak dahulu nenek dan orang tua kami menggunakan jukung untuk menangkap ikan dan hasil laut lainnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hingga pariwisata di Bali berkembang saat ini jukung menjadi salah satu objek wisata bagi pengunjung lokal dan mancanegara yang ingin merasakan berlayar menggunakan jukung di laut,” tutur pria yang setia mengikuti Parade Jukung sejak 2006 ini.
AstraPay Sanur Village Festival 2023 16th berlangsung pada 19 hingga 23 Juli 2023 di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Bali.  Dan AstraPay, platform e-wallet sekaligus digital payment AstraPay, branding dari PT Astra Digital Arta, yang tergabung dalam Astra Financial ini, kembali hadir menjadi sponsor utama perhelatan AstraPay Sanur Village Festival 2023 yang akan diselenggarakan pada 19-23 Juli 2023 di Sanur, Kota Denpasar, Provinsi Bali. 
AstraPay telah bekerja sama dengan sejumlah merchant mulai dari pembayaran tagihan, pembelian berbagai kebutuhan seperti pulsa, token listrik, dan beragam fitur pembayaran yang mudah untuk diakses. AstraPay juga mendorong secara massif kerja sama dengan sejumlah merchant Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai inisiatif perusahaan dalam berkontribusi meningkatkan digitalisasi UMKM di Indonesia. Sampai dengan Juni tahun 2023, AstraPay telah bekerja sama dengan  lebih dari 17.800 merchant di seluruh Indonesia dengan 9.750 di antaranya merupakan merchant UMKM. |WAW-CSRI