Home Inovasi Perluas Pengembangan Produk Melalui Kolaborasi dan Inovasi

Perluas Pengembangan Produk Melalui Kolaborasi dan Inovasi

24
Phapros | IST
Phapros | IST
CSRINDONESIA – PT Phapros Tbk (PEHA) yang merupakan bagian dari Holding BUMN Farmasi terus melakukan ekspansi untuk memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dalam industri ini. Sejalan dengan komitmen tersebut, Phapros saat ini sedang melakukan inisiatif pengembangan produk melalui kolaborasi strategis dengan berbagai pihak, termasuk anak usahanya, PT Lucas Djaja, serta institusi domestik dan global.
Kolaborasi ini lebih difokuskan pada pemanfaatan fasilitas produksi guna memperluas formulasi sediaan farmasi yang ditawarkan oleh Phapros, terutama dalam segmen obat bebas. Upaya pengembangan produk yang sedang berlangsung bertujuan untuk memperkenalkan bentuk sediaan inovatif guna melengkapi lini produk Phapros yang telah ada, khususnya dalam kelas terapi travel convenience serta batuk dan pilek.

Pengembangan bentuk sediaan ini meliputi pembuatan tablet kunyah, tablet hisap, sachet bubuk, ready to drink, dan lain-lain. Inisiatif ini mencerminkan komitmen Phapros dalam inovasi yang terus menerus, yang telah menjadi faktor kunci kesuksesannya yang berkelanjutan.

Menurut Direktur Utama PT Phapros Tbk Hadi Kardoko, selain memperluas jangkauan bentuk sediaan, Phapros juga terlibat dalam pengembangan varian produk baru dalam kelas terapi antidiabetes dan imunologi, dengan berkolaborasi bersama mitra-mitra yang beragam untuk menjamin kualitas dan efikasi terbaik.

“Pengembangan ini merupakan bagian dari rencana jangka panjang Phapros, dengan rencana perilisan dalam satu hingga dua tahun mendatang. Hal ini juga sebagai respons terhadap peningkatan permintaan akan produk farmasi yang sesuai dengan tren industri saat ini dan preferensi konsumen untuk konsumsi obat yang lebih nyaman,” ungkapnya.

Inisiatif pengembangan produk yang sedang berlangsung juga sejalan dengan tujuan strategis perusahaan untuk meningkatkan proporsi obat bermerek dalam portofolio produknya, dengan tujuan meningkatkan profitabilitas. Phapros mengakui pentingnya beradaptasi dengan tuntutan pasar yang terus berkembang dan tetap berkomitmen memenuhi kebutuhan konsumen melalui perbaikan dan inovasi yang terus menerus.

“Kami sangat antusias dengan kolaborasi dan pengembangan produk yang sedang berlangsung di portofolio kami. Melalui inisiatif-inisiatif ini, Phapros ingin menyediakan berbagai produk farmasi inovatif dan nyaman kepada konsumen kami, menjawab kebutuhan dan preferensi mereka yang terus berkembang. Ekspansi ini juga sejalan dengan tujuan strategis kami untuk meningkatkan profitabilitas dan memperkuat posisi di pasar.”

Selain menggarap pengembangan produk yang kuat, Phapros juga mencatat kinerja yang positif pada triwulan pertama 2023. Perusahaan berhasil mencatatkan kenaikan performa penjualan, utamanya dari segmen obat resep bermerek (etikal) sebanyak 8,9%, meningkatkan pangsa pasar, dan mengoptimalkan efisiensi operasional. Keberhasilan ini menggambarkan komitmen Phapros dalam mencapai hasil yang positif  dan memberikan nilai tambah kepada pemangku kepentingan.

“Dengan pencapaian yang menggembirakan ini, Phapros siap melanjutkan momentum positifnya dan terus memberikan kontribusi yang berarti dalam dunia farmasi di wilayah ini,” tutup Hadi. |WAW-CSRI