Home CSR Novotel Umumkan Kemitraan dengan WWF untuk Perlindungan Laut

Novotel Umumkan Kemitraan dengan WWF untuk Perlindungan Laut

18
WWF - Ghost fishing net - Indian Ocean, Zanzibar
WWF - Ghost fishing net - Indian Ocean, Zanzibar

Mengikuti komitmen jangka panjang untuk mendukung upaya para tamu untuk mencapai keseimbangan dalam hidup mereka, perjanjian tiga tahun Novotel dengan World Wide Fund for Nature (WWF) akan memperjuangkan perlindungan dan pemulihan lautan di dunia, sumber keseimbangan bagi planet ini, melalui proyek aksi dan konservasi berbasis ilmu pengetahuan

CSRINDONESIA – Novotel, pendiri jenama (merek) Accor, mengumumkan peluncuran kemitraan internasional dengan WWF (World Wide Fund for Nature) yang akan menjadikan Novotel memperjuangkan perlindungan dan pemulihan laut melalui proyek aksi dan konservasi berbasis sains. Saat ini WWF dipercaya sebagai pemimpin global dalam membangun masa depan berkelanjutan bagi manusia dan planet bumi.
Berdasarkan perjanjian kemitraan yang berdurasi tiga tahun, mulai tahun 2024 hingga 2027 tersebut, WWF Prancis akan memberikan keahlian teknis kepada Novotel, membantu 580 hotelnya di seluruh dunia untuk memberikan dampak positif terhadap lautan, menantang dan membimbing jenama dan propertinya dalam berbagai aspek operasinya. Kemitraan ini diharapkan juga akan menjadikan Novotel mensponsori beberapa proyek penting konservasi laut WWF di seluruh dunia.
Keseimbangan telah lama menjadi inti dari jenama Novotel, baik dalam fundamental bisnisnya maupun komitmennya terhadap pengalaman kehidupan kerja para tamunya. Fokus merek ini pada lautan, yang merupakan penyerap karbon terbesar di dunia dan sumber terbesar keseimbangan planet, yang mengatur iklim dan melindungi habitat dan satwa liar, merupakan kelanjutan dari komitmen yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan.
Novotel akan menyusun rencana aksi berbasis ilmu pengetahuan selama tiga tahun, yang berakar pada tiga tindakan prioritas PBB terkait kelautan, yaitu: mengurangi polusi laut dan pengasaman laut, khususnya dari aktivitas di darat; memerangi penangkapan ikan yang berlebihan dan mendukung model penangkapan ikan yang berkelanjutan; dan meningkatkan pengetahuan ilmiah dan penelitian untuk kesehatan laut.
Dipetakan berdasarkan prioritas-prioritas ini, rencana aksi Novotel bertujuan untuk menyeimbangkan kembali dampaknya terhadap bumi, menentukan inisiatif jangka pendek dan jangka panjang di empat pilar yang membentuk Rencana Dampak Positif Novotel:
  1. Mengurangi dampak jejak plastik, air & karbon – memberdayakan hotel Novotel untuk melaksanakan rencana aksi berdampak positif untuk mengurangi tekanan pada sumber daya alam, dengan fokus kuat pada penggunaan plastik, air & energi;
  2. Membuat pilihan pangan yang berkelanjutan – mengurangi daging, ikan, dan limbah dalam operasi makanan dan minuman Novotel, dan pengembangan lebih lanjut kebijakan makanan laut yang berkelanjutan;
  3. Meningkatkan pendidikan & kesadaran laut – mengedukasi tamu, tim hotel, dan komunitas lokal tentang perlunya konservasi laut dan cara berkontribusi positif;
  4. Berkontribusi pada penelitian & inovasi – bermitra dengan LSM dan berinvestasi dalam inovasi berkelanjutan.
WWF - Blue Panda - Marine Protected Area
WWF – Blue Panda – Marine Protected Area
Kemitraan dengan WWF akan membantu Novotel mendorong perubahan operasional dan tindakan demi kebaikan laut dan mewujudkan Rencana Dampak Positifnya. Dengan fokus khusus pada kelautan, kemitraan WWF mempunyai empat tujuan utama:
  1. Bekerja pada kebijakan makanan laut yang berkelanjutan dan rantai pasokan untuk hotel dan restoran Novotel
  2. Meningkatkan kesadaran tamu dan karyawan akan pentingnya lautan bagi dunia
  3. Advokasi pelestarian laut untuk menginspirasi industri dan pembuat kebijakan
  4. Melestarikan dan memulihkan keanekaragaman hayati laut melalui dukungan lima proyek utama WWF di seluruh dunia
Untuk mendukung pekerjaan Novotel, WWF melakukan kunjungan lapangan secara ekstensif ke hotel-hotel Novotel untuk memahami operasi dan praktik di tingkat properti, menilai data pengadaan, dan membuat rekomendasi. WWF akan membentuk komite pengarah khusus untuk menilai kemajuan Novotel dalam memenuhi komitmennya selama kemitraan.
Kemitraan ini akan menjadikan Novotel mendukung proyek-proyek konservasi penting WWF Perancis di seluruh dunia, termasuk:
  • Perlindungan Posidonia, tanaman berbunga endemik Mediterania yang memainkan peran penting sebagai penyerap karbon – menghilangkan karbon dari atmosfer – dan memberikan manfaat bagi 25 ekosistem laut yang berbeda.
  • Identifikasi dan pemindahan “alat tangkap hantu” – alat penangkapan ikan yang hilang, terbengkalai atau dibuang – merupakan bentuk sampah plastik laut paling mematikan yang berdampak pada penyu dan mamalia laut, elasmobranch seperti hiu, pari dan sepatu roda, serta burung laut.
  • Mendukung kapal Panda Biru WWF Perancis, yang berlayar melintasi Mediterania melakukan pekerjaan termasuk penyelaman ilmiah, melindungi cetacea dari tabrakan dengan kendaraan laut, dan melindungi spesies pari dan hiu yang terancam punah; serta memperkenalkan Mediterania kepada masyarakat, tantangan konservasinya, dan upaya yang dilakukan untuk melindunginya.
  • Melacak dan menelusuri penyu di Asia-Pasifik, mengumpulkan pengetahuan tentang pergerakan mereka dari pantai tempat bersarang hingga koridor migrasi dan tempat mencari makan, serta memetakan populasi kritis dan kawasan konservasi. Enam dari tujuh spesies penyu masih terancam oleh penangkapan ikan, perdagangan ilegal, penangkapan ikan komersial, dan hilangnya pantai tempat bersarang.
  • Melindungi penyu di Atlantik Barat, memperkuat kerja sama regional dalam teknik penangkapan ikan berkelanjutan dan memerangi penangkapan ikan ilegal. Memerangi penangkapan ikan ilegal, tidak dilaporkan, dan tidak diatur akan membantu melindungi penyu belimbing yang berkembang biak di wilayah pesisir Guyana, serta penyu hijau dan zaitun dari Brasil hingga Venezuela.
WWF - Posidonia oceanica - Mediterranean Coast, Tunisia
WWF – Posidonia oceanica – Mediterranean Coast, Tunisia
Mengomentari kemitraan Novotel WWF, Karelle Lamouche, Chief Commercial Officer, Premium, Midscale & Economic Division, Accor, mengatakan, “Kami sangat gembira mengumumkan bahwa Novotel sedang memulai babak baru yang menarik. Novotel, merek pendiri Accor, adalah merek yang kuat, memimpin segmen Kelas Menengah di sebagian besar dunia. Saat ini, kami memulai ambisi baru yang berani, memperjuangkan tujuan keberlanjutan secara global.”
“Novotel memiliki komitmen jangka panjang terhadap inovasi dan keseimbangan, dan kini kami mengambil komitmen tersebut lebih jauh lagi, dengan memilih untuk membantu sumber keseimbangan terbesar di planet kita – laut.”
“Untuk mewujudkan ambisi ini, kami bangga meluncurkan kemitraan inovatif dengan WWF – World Wide Fund for Nature. Bersama dengan mitra, tim, dan tamu kami, Novotel akan memimpin upaya menuju masa depan lautan yang berkelanjutan, memelopori era baru pengelolaan lingkungan di hotel-hotel kami dan mendorong perubahan industri.”
“Ada ketimpangan besar dalam cara pengelolaan laut. Secara global, eksploitasi berlebihan dan polusi menghabiskan sumber daya laut, sementara hanya sebagian kecil pendanaan iklim yang dialokasikan untuk pelestariannya. Kesehatan laut mempengaruhi kita semua dan tindakan kolektif kita mempunyai dampak yang besar. Kami akan menyeimbangkan kembali cara kami berinteraksi dengannya, menggunakan sumber dayanya, dan berinvestasi dalam perlindungan dan pemulihannya. Sebagai merek yang terutama berbasis di darat, Novotel memiliki peluang unik untuk meningkatkan kesadaran akan dampak yang ditimbulkan oleh semua orang, di mana pun terhadap lautan, dan menginspirasi perubahan positif untuk masa depan lautan.”
Yann Laurans, Direktur Konservasi, WWF Perancis, mengatakan “WWF bertujuan memulihkan kesehatan laut demi kepentingan manusia dan alam. Lautan merupakan sumber keanekaragaman hayati penting yang harus dilindungi. WWF berkomitmen terhadap kemitraan strategis dan inovatif dengan perusahaan internasional dan nasional terbesar di dunia untuk membantu mereka mengurangi jejak ekologis secara nyata dan memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan. Kami yakin keahlian teknis dan ilmiah kami yang terkenal di dunia akan membantu Novotel mendorong perubahan operasional demi kebaikan bisnis mereka dan lautan”.
WWF - Turtles
WWF – Turtles
Accor, Grup induk Novotel, memiliki rekam jejak yang baik dalam mengembangkan solusi dan inovasi berkelanjutan di sektor maritim. Salah satu contohnya adalah Accor yang telah mendukung Energy Observer sejak tahun 2017 dan baru-baru ini bermitra dengan Fondation de la Mer pada tahun 2022 untuk mengadopsi Ocean Framework, guna menilai dampak aktivitas bisnisnya terhadap satwa liar di lautan. Grup ini melarang spesies ikan yang terancam punah, mempromosikan penangkapan ikan yang bertanggung jawab, dan merupakan grup perhotelan pertama yang berkomitmen untuk secara progresif menghilangkan barang-barang plastik sekali pakai dari pengalaman tamu mereka untuk melawan polusi laut. Komitmen Accor ini selaras dan konsisten dengan komitmen Grup untuk berkontribusi terhadap netralitas karbon global pada tahun 2050 dan menghilangkan semua plastik sekali pakai dari pengalaman tamu.
Brune Poirson, Chief Sustainability Officer, Accor, berkomentar, “Komitmen dan investasi Novotel dalam pelestarian laut, bersama dengan WWF, merupakan titik balik besar dalam sejarahnya. Hal ini menunjukkan tekad merek tersebut dan Grup Accor untuk bertindak tegas demi mendukung keanekaragaman hayati dan melawan perubahan iklim, sekaligus menginspirasi seluruh sektor. Pariwisata mempunyai dampak besar terhadap sumber daya kelautan. Namun, hal ini juga sangat bergantung pada mereka. Tanggung jawab kami tidak hanya untuk memitigasi dampak ini tetapi juga untuk menghasilkan solusi berdampak yang akan membantu industri beradaptasi terhadap perubahan iklim dan konsekuensinya. Oleh karena itu, ambisi kami adalah untuk mendukung pemilik kami dalam mengubah tantangan sosial dan lingkungan menjadi sumber peluang, bagi aset mereka dan bagi masyarakat di mana mereka beroperasi.”
Diciptakan pada tahun 1967 di Perancis, Novotel adalah jenama pendiri Accor. Saat ini terdapat lebih dari 580 hotel di 65 negara, dengan 42.000 Novotel “Heartists” yang melayani lebih dari 30 juta tamu setiap tahunnya. |WAW-CSRI