Home CSR Menyemai Gaya Hidup “Sustainable Living” Melalui #IndonesiaAsri dan #AksiAsri365

Menyemai Gaya Hidup “Sustainable Living” Melalui #IndonesiaAsri dan #AksiAsri365

20
Ilustrasi Gunungan Sampah yang Berpotensi Menyelimuti Bumi - Image By freepik
Ilustrasi Gunungan Sampah yang Berpotensi Menyelimuti Bumi -Image By freepik
Menyemai Gaya Hidup “Sustainable Living” Melalui #Indonesia Asri dan #AksiAsri365
Oleh: Wahyu Ari Wicaksono*

“The greatest threat to our planet is the belief that someone else will save it.” ~ Robert Swan, Author

Meskipun terus berupaya, mencari sekuat tenaga tempat lain di semesta yang bisa ditinggali, mau tidak mau bumi tetap menjadi satu-satunya planet yang bisa ditempati untuk hidup manusia. Dus, kelestarian alam yang ada di bumi adalah kunci dari kelestarian hidup manusia itu sendiri hingga saat ini. Tak ada tempat melarikan diri, jika bumi rusak dan tak bisa lagi ditinggali.
Sayangnya, gaya hidup sehari-hari manusia selalu saja membebani kelestarian bumi dan berpotensi merusak bahkan menghancurkannya tanpa ampun lagi. Dari hari demi hari, dari generasi demi generasi, potensi kerusakan bumi yang disebabkan oleh manusia terus saja terjadi tanpa begitu terkendali.
Sebut saja masalah-masalah berat seperti pembabatan hutan yang tidak berkelanjutan, pencemaran air tanah, penggunaan bahan bakar fosil, pertanian konvensional yang intensif, overfishing, dan yang paling sederhana tapi dekat dengan kita saat ini yaitu penggunaan sampah plastik yang sangat berlebihan.
Bayangkan saja untuk sekedar sarapan pagi saja ada berapa kantong plastik (kresek) yang dipakai secara sekejab. Ada kantong plastik untuk gorengan sendiri, untuk sambal sendiri, untuk krupuk sendiri, untuk minuman sendiri, terus satu plastik kresek besar untuk mewadahi semuanya. Coba bayangkan berapa banyak kantong plastik yang dihasilkan untuk sekedar sarapan sebungkus nasi uduk di pagi hari. Cuma butuh waktu 5 menit sampai 15 menit nasi uduk pun sudah tandas disantap. Namun plastik bekas bungkusnya akan butuh waktu puluhan-hingga ratusan tahun untuk hancur. Belum lagi kalau bungkus yang dipakai adalah steroform. Ia akan kekal abadi menjadi sampah yang tak terhancurkan dan siap menguasai bumi.
Image by <a href="https://www.freepik.com/free-photo/healthy-food-plastic-bags_5752207.htm#page=3&query=Kantong%20Plastik&position=33&from_view=search&track=ais&uuid=b153a870-e750-43e0-b18f-e333adaac847">Freepik</a>
Image by Freepik
Itu untuk yang sarapan. Bagaimana dengan emak-emak yang belanja sayur di abang gerobak sayur atau pun di pasar. Cabe sejumput, bawang merah sejumput, bawang putih sejumput, Kemiri sejumput, penyedap rasa, sebungkus, tomat beberapa biji dan masih banyak ragam sayur mayur lainnya yang semuanya dibungkus sendiri-sendiri sebelum akhirnya digabungkan dalam plastik kresek besar untuk dibawa. Begitu sampai dapur semua dibongkar. Ganti tempat sayuran yang lebih bagus dan plastik-plastik pembungkusnya dibuang sebagai sampah yang tak berguna.
Nah mari kita bayangkan, dalam satu pagi saja berapa banyak orang yang membeli dan sarapan nasi uduk? Berapa banyak orang yang belanja sayur mayur? Dus, berapa banyak sampah plastik yang dihasilkan di sebuah pagi saja di seluruh desa, wilayah, negara, apalagi dunia? Sungguh mengerikan untuk dibayangkan.
Karena itulah, gaya hidup berkelanjutan, atau sustainable living, menjadi semakin penting untuk dilakukan guna menjaga keseimbangan antara kebutuhan manusia dengan kelestarian alam.
Apalagi di tengah gencarnya perubahan iklim dan dampak negatif lainnya terhadap lingkungan, kita masyarakat dunia, khususnya Indonesia harus semakin sadar akan pentingnya berkontribusi dalam upaya pelestarian bumi. Salah satu inisiatif yang saat ini nampak menonjol adalah gerakan #IndonesiaAsri yang diwujudkan dalam #AksiAsri365, yaitu sebuah program yang mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga keberlanjutan hidup.
indonesiaasri.com
indonesiaasri.com
Apa Itu #IndonesiaAsri dan #AksiAsri365
#IndonesiaAsri adalah gerakan yang bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya hidup berkelanjutan. Dengan memanfaatkan platform digital melalui microsite indonesiaasri.com, gerakan ini menyebarkan informasi, inspirasi, dan langkah-langkah praktis untuk mewujudkan gaya hidup berkelanjutan.
Salah satu upaya nyata dari #IndonesiaAsri yang telah dijalankan saat ini adalah #AksiAsri365. Merupakan sebuah program yang mengajak setiap individu untuk melakukan tindakan positif setiap hari selama setahun penuh atau 365 hari. Bentuk dari tindakan-tindakan kecil tersebut dapat mencakup pengurangan penggunaan plastik, penanaman pohon, daur ulang, dan berbagai cara lain yang tak terbatas yang notabene mampu mendukung keberlanjutan dan kelestarian alam.
Konsep Gaya Hidup Berkelanjutan
Tentu saja, gaya hidup berkelanjutan yang diinisiasi ini bukanlah sekadar tren atau gaya hidup sementara saja. Melainkan sebuah konsep gaya hidup yang melibatkan kesadaran dan tindakan berkelanjutan untuk melindungi dan memperbaiki lingkungan sekitar kita dengan tindakan-tindakan nyata yang bisa dilakukan.
Konsep tersebut mencakup beberapa aspek penting seperti:
a. Pengurangan Limbah
Penerapan gaya hidup berkelanjutan berarti mengurangi penggunaan bahan-bahan sekali pakai, memilih produk yang dapat didaur ulang, dan mendukung praktik zero waste.
b. Hemat Energi dan Sumber Daya
Menggunakan energi secara efisien, memilih produk yang ramah lingkungan, dan mengurangi konsumsi sumber daya alam seperti air dan bahan bakar fosil.
c. Mempromosikan Pertanian Berkelanjutan
Memilih produk-produk organik dan lokal, mendukung pertanian berkelanjutan, serta mengurangi konsumsi produk hewani untuk mengurangi dampak perubahan iklim.
Peran Aktif Masyarakat dalam #AksiAsri365
Dalam mengimplementasikan gaya hidup berkelanjutan, setiap individu memiliki peran penting. Melalui #AksiAsri365, masyarakat diundang untuk turut serta dalam upaya pelestarian alam.
Berikut adalah beberapa cara konkrit yang dapat dilakukan melalui #AksiAsri365:
a. Penanaman Pohon
Setiap individu dapat berpartisipasi dalam penanaman pohon untuk mengurangi emisi karbon dan mendukung keberlanjutan ekosistem.
b. Pengurangan Plastik
Mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, memilih kantong belanja reusable, dan mendukung gerakan anti-plastik.
c. Pemilahan Sampah
Memilah sampah secara benar dan mendukung program daur ulang untuk mengurangi dampak limbah.
Dukungan dan Keterlibatan Pemerintah serta Bisnis
Keberhasilan gerakan #IndonesiaAsri dan #AksiAsri365 tidak hanya tergantung pada partisipasi masyarakat, tetapi juga dukungan penuh dari pemerintah dan bisnis. Inisiatif ini dapat mendorong penerapan kebijakan berkelanjutan dan pengembangan produk ramah lingkungan.
Jadi, sustainable living bisa dijadikan salaah satu kunci untuk membentuk masa depan yang lebih baik bagi bumi kita. Dengan berpartisipasi dalam gerakan #IndonesiaAsri dan #AksiAsri365, setiap individu memiliki potensi untuk memberikan dampak positif dan membantu menciptakan Indonesia yang lebih hijau dan berkelanjutan.
Image by <a href="https://www.freepik.com/free-photo/climate-change-concept-collage_19332542.htm#query=Kantong%20Plastik&position=10&from_view=search&track=ais&uuid=b153a870-e750-43e0-b18f-e333adaac847">Freepik</a>
Image by Freepik
Tentunya kita sangat setuju dengan apa yang diungkapkan dalam teaser yang dipakai situs indonesia asri untuk memancing publik agar berminat mendaftar sebagai peserta #IndonesiaAsri. “Dari 8 Miliar penduduk bumi dan 280 juta penduduk Indonesia, hanya butuh 1 langkah untuk memulai menjadi lebih asri. #AKSIASRI365”
Dus, mari bersama-sama menjadi bagian dari perubahan positif untuk keberlanjutan bumi kita. Salam lestari, salam keberlanjutan. Tabik.

 

*) Penulis adalah jurnalis CSR Indonesia, Storyteller dan Pecinta Alam.