Home CSR Kesehatan Memutus Lingkaran Setan Stunting (2): Optimalkan Pertumbuhan Sejak Awal Kehidupan

Memutus Lingkaran Setan Stunting (2): Optimalkan Pertumbuhan Sejak Awal Kehidupan

47
iIlustrasi awal kehidupan | Sumber Foto: Pexels - Akil Mazumder
iIlustrasi awal kehidupan | Sumber Foto: Pexels - Akil Mazumder

CSRINDONESIA – Berbagai program pemerintah untuk memberantas kasus-kasus stunting telah banyak dilakukan oleh pemerintah. Namun tentu saja pemerintah tak bisa memutuskan lingkaran setan stunting ini secara sendirian. Diperlukan peran dan berbagai pihak, termasuk masyarakat dan swasta dalam mencari solusi yang jitu dan berdaya guna.

Masa emas tumbuh kembang anak berada pada 1.000 hari awal kehidupannya. Otak mengalami perkembangan paling cepat di fase tersebut. Maka dari itu, anak butuh asupan nutrisi yang tepat berkualitas dalam mendukung perkembangan otak dan
jaringan tumbuh kembang lainnya. Salah satu asupan penting yang dibutuhkan anak di masa awal pertumbuhannya adalah protein hewani dengan kandungan 9 asam amino esensial (AAE) guna mendukung pertumbuhan linier dan perkembangan otak untuk modal kesehatan anak di masa depan.

Dokter Anak Spesialis Nutrisi dan Penyakit Metabolik pada Anak, Prof. Dr. dr. Damayanti Rusli Sjarif, Sp.A(K), dalam Media Scientific Session yang diselenggarakan oleh PT Frisian Flag Indonesia secara daring pada Kamis (15/4) mengatakan, “Kandungan 9AAE berperan besar dalam membantu pertumbuhan dan kecerdasan otak anak, termasuk dalam kondisi malnutrisi. Jika anak kurang mendapat asupan 9AAE di masa emas pertumbuhannya, maka pembentukan otaknya pun bisa tidak maksimal.”

Hingga saat ini, stunting masih merupakan salah satu penyakit paling ditakuti di seluruh dunia karena dapat merusak generasi suatu bangsa. Pasalnya, anak dengan kondisi stunting dapat mengalami gangguan fungsi kognitif dan penurunan sistem imun serta obesitas dan hipertensi saat dewasa.

Prof.-DR.-Dr.-Damayanti-Rusli-Sjarif-SpAK-memaparkan-pentingnya-9-AAE-dan-nutrisi-serta-gizi-secara-seimbang-agar-tumbuh-kembang-anak-dapat-terjaga | Sumber Foto: IST
Prof.-DR.-Dr.-Damayanti-Rusli-Sjarif-SpAK-memaparkan-pentingnya-9-AAE-dan-nutrisi-serta-gizi-secara-seimbang-agar-tumbuh-kembang-anak-dapat-terjaga | Sumber Foto: IST

Prof. Dr. dr. Damayanti R Sjarif, Sp.A(K) pun mengatakan bahwa anak dengan kondisi stunting akan memiliki ketertinggalan dari anak-anak lain dan sulit untuk ditanggulangi, sehingga harus dicegah sedini mungkin. Maka dari itu, ia menyarankan bahwa sebaiknya anak mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan, yang kemudian diikuti dengan MPASI bergizi tepat.

9AAE menjadi kandungan yang perlu mendapat perhatian besar dalam memaksimalkan tumbuh kembang anak, karena protein hewani dengan 9AAE bila dikonsumsi dalam jenis yang lengkap dan jumlah yang tepat dapat membantu mencegah stunting.

Karena itulah PT Frisian Flag Indonesia (FFI) sebagai produsen produk bernutrisi berbasis susu senantiasa melakukan berbagai inovasi dalam upaya mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Sebagai salah satu wujud inovasi tersebut, FFI hari ini secara resmi memperkenalkan susu bubuk pertumbuhan FRISIAN FLAG® PRIMAGRO 1+ dan 3+ dengan kandungan 9 Asam Amino Esensial (AAE) lengkap, Omega 3, Omega 6, Minyak Ikan, Tinggi Protein, serta lebih dari 14 vitamin dan 9 mineral yang diformulasikan khusus dengan mempertimbangkan nutrisi lengkap yang dibutuhkan anak utamanya pada 1,000 hari pertama kehidupan.

Specialized Nutrition Director PT Frisian Flag Indonesia William Lumentut mengatakan “FRISIAN FLAG® PRIMAGRO hadir sebagai mitra orangtua dalam mengoptimalkan potensi tumbuh kembang anak. “Proses tumbuh kembang anak pada 1000 hari pertama kehidupan merupakan masa emas yang tidak bisa diulang. Oleh karena itu dibutuhkan perhatian khusus dari orangtua terutama dalam penyediaan asupan gizi yang optimal. FFI terus berinovasi dan terus berkomitmen menjadi mitra bagi para orangtua menyediakan kebutuhan gizi yang berkualitas dan terjangkau, sesuai dengan visi perusahaan “Nourishing by Nature”. FFI juga terus berupaya dalam peningkatan status gizi generasi bangsa dan pengentasan isu malnutrisi,” ujar William.

Angelia Susanto (Head of Marketing IFT PT Frisian Flag Indonesia), Andrew Ferryawan Saputro (Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia) dan Paula Verhoeven (Public Figure) | Sumber Foto: IST
Angelia Susanto (Head of Marketing IFT PT Frisian Flag Indonesia), Andrew Ferryawan Saputro (Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia) dan Paula Verhoeven (Public Figure) | Sumber Foto: IST

“Memahami pentingnya optimalkan tumbuh kembang anak di masa emas kehidupannya, Frisian Flag Indonesia terus berinovasi untuk bisa hadirkan produk-produk berkualitas. Asam Amino, yang sering dianggap sebagai pembentuk blocks of life, berperan sangat penting dalam perkembangan holistik anak usia pertumbuhan – mulai dari mendukung tulang dan gigi yang kuat, sampai dengan mendukung kesiapan mereka belajar. Kali ini, kami menghadirkan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ dan 3+ yang bersumber dari protein hewani berkualitas tinggi dengan kandungan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) dalam jenis yang lengkap dan jumlah yang lebih tinggi untuk bantu dukung potensi tumbuh kembang si kecil secara lebih optimal,” jelas Angelia Susanto, Head of Marketing PT. Frisian Flag Indonesia.

Frisian Flag PRIMAGRO 1+ dan 3+ kini telah hadir di supermarket dan toko-toko terdekat dengan varian rasa vanila, madu, dan coklat. Ukuran kemasan yang dihadirkan juga beragam sesuai dengan kebutuhan yakni tersedia dalam 150g, 400gr, 800gr, 1.2kg, dan 2kg.

Lalu apa sebenarnya 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang mampu menjadi salah satu solusi untuk menghentikan ancaman stunting di atas? (bersambung)|WAW-CSRI

Previous articleMemutus Lingkaran Setan Stunting (1): Warisan Buruk dari Generasi ke Generasi
Next articleMemutus Lingkaran Setan Stunting (3): Mengharap Keajaiban Formula 9AAE