Home Berita Lakukan Program CSR itu Penting, Ayo Ikuti #CSRINDONESIAAWARDS2020 di Yogyakarta

Lakukan Program CSR itu Penting, Ayo Ikuti #CSRINDONESIAAWARDS2020 di Yogyakarta

155

CSR-INDONESIA.COM Ajang CSR-Indonesia tahunan yang diiselelenggarakan oleh MePrindo Communications bekerjasama dengan media majalah CSR Indonesia dan Media Online CSR-Indonesia.com ini  memasuki tahun ke 4.

Bagai embrio yang telah terbentuk janin ini mengawali semuanya dengan berbagai upaya kuat dan semangat. Kini telah berangkat mejadi kanak-kanak yang terus tumbuh dan berkembang. #CSRIndonesiaAwards yang semula hanya diikuti dengan beberapa perusahaan diawal perhelatan di Jakarta (2017) kini, terus bertambah di tahun-tahun berikutnya di Bandung (2018) dengan ada belasan perusahaan yang mengikuti dan pada
kegiatan di Bali tahun lalu (2019) ada sejumlah meningkat menajdi puluhan perusahaan yang mengikuti.

Tentu saja hal ini sangat menggembirakan bagi kita semua, karena diadakannya CSR Indonesia Awards ini adalah untuk menggugah para stakeholder melakukan kewajiban sosial pada lingkungan sekitarnya apalagi pemerintah telah mencanangkan bahwa CSR Wajib dilakukan oleh perusahaan-perusahaan. Apalagi tema yang diangkat setiap tahunnya sangat ke-kinian sesuai eranya.

Misalnya pada tahun lalu tema revolusi industry 4.0 diangkat untuk didiskusikan selain tentunya masalah-masalah ekonomi, sosial, pendidikan, lingkungan dan budaya selalu mewarnai #CSRIndonesiaAwards yang menjadi ciri khasnya.

Setelah melakukan CSR di perusahaan masing-masing, diperlukan suatu tempat/wadah untuk berkumpul dan sharing ilmu pengetahuan untuk meningkatkan karakteristik, pola, strategi, teknologi yang sedang berkembang saat ini. #CSRIndonesia Awards hadir dalam hal ini untuk mengapresiasikan apa saja yang sudah dilakukan dan mengadakan seminar dan talkshow untuk sharing pengalaman dan ilmu pengetahuan. Terbukti dengan melakukan CSR dan ajang #CSR-Indonesia Awards dapat meningkatkan citra dan reputasi perusahaan untuk lebih dikenal di Masyarakat melalui pemberitaan-pemberitaan baik di media online, medsos dan media cetak yang kami tayangkan.

Untuk tahun ini CSR-Indonesia akan dilakukan di kota Budaya, Yogyakarta, sebagai destinasition pilihan dari penyelenggara, yang akan diadakan pada pertengahan tahun ini. Tema yang diangkat adalah “PEOPLE, PLANET, PROFIT (3P) Etick, Cultural and Technology”.

3P ini adalah adopsi dari teori Anne Ellreup Nielsen dan Crista Thomson (2009) atas dasar melakukan CSR Communication dengan berbagai lingkup yang ada didalamnya. Seperti bagan yang tertera ini, diambil dari sumber: Anne Ellreup Nielsen dan Crista Thomson (2009)

Cakupan inilah yang akan nantinya sebagai dasar penilaian untuk #CSRIndonesiaAwards2020.

Untuk itu masih seperti tahun-tahun sebelumnya #CSRIndonesiaAwards2020 ini akan merujuk pada sepuluh katagori awards yang meliputi bidang yang CSR INDONESIA Ciptakan dan jadi panduan utama, dengan kategori sebagai berikut:

  1. Cipta Karsa Mandiri : Bidang CSR yang memberikan karya cipta bagi komunitas dan juga publik atau masyarakat secara mandiri. Dan perusahaan bergerak mendorong kemudian komunitas atau masyakarati itu menjadi mandiri. Kategori ini akan diberikan bagi 3 perusahaan terbaik yang sesuai dengan cara dan pola sesuai program kerja diatas.
  2. Reka Karsa Lingkungan : Bidang CSR sosial bantuan bagi sebuah wilayah atau masyarakat secara reguler dan menjadi terbantu sehingga mampu me-rekakarsa- yang berguna di kawasan lingkungan sekitar. Kategori ini akan diberikan bagi 3 perusahaan terbaik yang sesuai dengan cara dan pola sesuai program kerja diatas
  3. Bangun Karsa Rupa Sosial : Bidang CSR memberikan sumbangan atas satu peristiwa bencana bagi masyarakat sehingga bisa bangkit dan terbangun kembali dan karsa mereka tercipta dari segala ruang rupa kehidupan kembali normal dan lebih waspada. Kategori ini akan diberikan bagi 3 perusahaan terbaik yang sesuai dengan cara dan pola sesuai program kerja diatas
  4. Didaktika Pratama Unggul: Bidang CSR pendidikan yang memberikan bantuan langsung pertolongan ke masyarakat dalam bidang edukasi. Dan bisa dilakukan oleh perusahaan atau komunitas atau masyakarat. Kategori ini akan diberikan bagi 3 pelaku sosial, Phillatrophy, atau komunitas lembaga bantuan yang khusus dalam bidang edukasi.
  5. Karsa Budaya Prima : Bidang CSR budaya memberikan dukungan konservasi atau pelestarian. Dan bisa dilakukan oleh perusahaan atau komunitas masyakarat budaya. Akan diberikan bagi 3 pelaku program.
  6. Cipta guna Sehati : Bidang CSR kesehatan yang memberikan dukungan atau sarana kesehatan gizi dan juga cara hidup sehat. Dan bisa dilakukan oleh perusahaan atau komunitas masyakarat sehat. Akan diberikan bagi 3 pelaku program.
  7. Gagas Inova Karya : Bidang CSR yang mendukung para inovator dalam mewujudkan karya baru dan original. Dan bisa dilakukan oleh perusahaan atau komunitas masyakarat kreatif. Akan diberikan bagi 3 pelaku program.
  1. Gerak Mandiri Siaga: Pelaku yang memberikan bantuan langsung pertolongan ke masyarakat secara cepat. Kategori ini akan diberikan bagi 3 pelaku sosial atau komunitas lembaga bantuan sosial.
  2. Daya Olahkarsa Pratama : Bidang CSR olahraga yang membina para atlit masa depan. . Kategori ini akan diberikan bagi 3 pelaku komunitas lembaga bantuan sosial.
  1. Insan Gagas gemilang : Kategori ini akan diberikan bagi 3 pelaku perorangan yang sudah menjalankan gagasan yang gemilang dan digunakan untuk publik dan berguna bagi bangsa dan masyakatnya.

Dalam perhelatan #CSRIndonesiaAWARDS 2020 ini  akan dipilih pemenang Best of The Best dan PERSONAL EXPERT CSR. Sedangkan untuk penjurian akan melibatkan tim penilai, juri dari Aktivis dan Praktisi CSR dari Akademisi, Pengamat, Analis, periset dan tentunya juga Media CSR Indonesia yang sudah lama melakukan riset dan menjalankan analisa media yang fokus pada masalah-masalah CSR.

Event CSR 2020 ini juga akan menyajikan kesempatan kepada pemilik bisnis, eksekutif, pengusaha dan professional, lembaga pemerintah, BUMN, LSM, Komunitas untuk membahas pengalaman dari sudut pandang yang dimiliki tentang bagaimana mendefinisikan, mengelola dan mengukur pertanggungjawaban atas program CSR yang telah dilakukan dan perencanaan-perencanaan ke depan dalam merespons langkah konkrit CSR yang berguna bagi  masyarakat luas, bangsa dan negaraJadi yang melakukan Program CSR itu Penting untuk ikuti #CSRINDONESIAAWARDS2020 pada Juli 2020 Yogyakarta. | Susi Andrini, Pemred CSR-Indonesia & Dosen STIKOM Interstudi Jakarta

Informasi lengkap #CSRINDONESIAAWARDS2020

Silakan menghubungi  FARA : 082.147.148.932 atau  0812.604.59921