Home CSR Ekonomi E-Commerce Expo 2023: Mendorong Transformasi Digital Bagi 2000 Pelaku Usaha

E-Commerce Expo 2023: Mendorong Transformasi Digital Bagi 2000 Pelaku Usaha

36
Sesi foto bersama pada pembukaan E-Commerce Expo: powered by SIRCLO (ki-ka) Andreas Thamrin (Chief Commercial Officer SIRCLO Group), Danang Cahyono (CEO Enterprise Solutions SIRCLO), Triawan Munaf (Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Brian Marshal, (Founder dan CEO SIRCLO Group), Ferry Tenka (CEO Entrepreneur Solutions SIRCLO), dan Muliadi W. Jeo (CTO Enterprise Solutions SIRCLO) | IST
Sesi foto bersama pada pembukaan E-Commerce Expo: powered by SIRCLO (ki-ka) Andreas Thamrin (Chief Commercial Officer SIRCLO Group), Danang Cahyono (CEO Enterprise Solutions SIRCLO), Triawan Munaf (Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Brian Marshal, (Founder dan CEO SIRCLO Group), Ferry Tenka (CEO Entrepreneur Solutions SIRCLO), dan Muliadi W. Jeo (CTO Enterprise Solutions SIRCLO) | IST
E-Commerce Expo 2023: powered by SIRCLO hadirkan lebih dari 50 pakar industri bagi 2000 peserta untuk mendapatkan wawasan praktis serta memperluas jaringan guna menyokong kemajuan usaha.
CSRINDONESIA – Mengusung tema “Building for the Future” (Membangun Masa Depan), SIRCLO dan Meet Magento Indonesia (MMID) berhasil menyelenggarakan pameran e-commerce pertama dan terbesar di Indonesia yang bertajuk “E-Commerce Expo 2023: powered by SIRCLO” pada 25 hingga 26 Agustus 2023 di Qbig Convention Hall, BSD City. Dihadiri 2000 peserta, acara ini sukses memberikan wawasan praktis mengenai tren digital terkini melalui 50 pakar dari ragam industri, di antaranya Adobe, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Sinar Mas Land, Bio Farma, Oriflame, Statista, hingga IKEA Indonesia.
Pada pembukaan E-Commerce Expo: powered by SIRCLO, Triawan Munaf, Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengatakan, “Tren pertumbuhan e-commerce di Indonesia yang melesat telah menjadi katalisator bagi sektor ekonomi kreatif agar pelaku usaha memperoleh akses ke pasar yang lebih luas. Acara E- Commerce Expo yang diselenggarakan oleh SIRCLO menjadi penting guna mendorong kesadaran para pelaku bisnis dari berbagai skala akan potensi e-commerce, agar tercipta ruang kolaboratif dalam membantu mereka tetap unggul dan mencapai sustainable growth. ”
Guna mendukung akselerasi transformasi digital bagi seluruh pelaku usaha, acara ini terbagi ke dalam tiga tema besar, yaitu Business, Technology, dan Innovation dengan membahas topik topik yang bervariasi, mulai dari tren daring terkini, strategi bisnis omnichannel, e-commerce, social dan live commerce, hingga digital marketing. Acara ini turut menghadirkan berbagai mitra strategis dalam ekosistem SIRCLO sebagai exhibitors yang memungkinkan para pengunjung untuk memperluas jaringan dan kolaborasi guna menyokong kemajuan usaha secara kolektif.
Sebagai salah satu mitra strategis SIRCLO, Bio Farma Grup turut mendukung acara ini melalui keterlibatan sebagai mitra sekaligus pembicara mengenai transformasi digital dari dunia healthcare yang telah dilakukan oleh Bio Farma Grup.
OT. Ponangsera, CPO dari Divisi SBU Digital Service Ecosystem & Enterprise IT, Bio Farma Grup, menuturkan, “Kami mengapresiasi SIRCLO dan MMID atas penyelenggaraan E-Commerce Expo, karena telah mewadahi sinergi antara pakar industri e-commerce dengan pelaku bisnis dalam memasuki dunia digital. Hal ini selaras dengan visi Bio Farma Group sebagai Holding BUMN Farmasi untuk menciptakan inovasi penyediaan produk farmasi dan layanan kesehatan yang terintegrasi di Indonesia. Keterlibatan kami diharapkan dapat memberikan wawasan case study terkait upaya Bio Farma Group saat melakukan transformasi digital guna mendukung pembangunan digital healthcare yang terintegrasi dengan semangat kolaborasi dengan semua pihak.”
Dengan geliat ekonomi digital yang semakin pesat, Bank Indonesia (BI) memproyeksikan transaksi e-commerce mencapai hingga Rp572T pada tahun 2023. Berkaca dari prediksi tersebut, Brian Marshal, Founder dan CEO SIRCLO Group menyampaikan dalam kata sambutan penutupan acara E-Commerce Expo, “Melalui wawasan praktis yang telah dibagikan selama dua hari ini, saya berharap SIRCLO dapat membantu pemberdayaan seluruh pelaku usaha untuk mampu bersaing secara kompetitif serta berkelanjutan. Kami berharap SIRCLO dapat terus memberikan dampak nyata dan berkelanjutan bagi para pelaku bisnis, diantaranya dengan mendukung digitalisasi bisnis mereka.”
E-Commerce Expo turut menilik lebih dalam terkait potensi UMKM di Indonesia. Menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenKop UKM) pada tahun 2021, UMKM Indonesia telah menyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61,07% serta mampu menyerap 97% dari total angkatan kerja. Dengan demikian, penting bagi acara E- Commerce Expo untuk menghadirkan pelaku dalam ekosistem digital yang turut bermisi memberdayakan UMKM, yaitu Social Bread Indonesia.
Hadir sebagai community partner E-Commerce Expo 2023: powered by SIRCLO dan pemateri dalam sesi pelatihan ‘Growth Hack Strategies for Local SMEs’ (Strategi Pertumbuhan Pesat bagi Pelaku UMKM Lokal), Rio Ardhillah, VP Relations & Business Support Social Bread, menuturkan, “Kesuksesan pelaku UMKM dapat didorong dengan pendampingan serta wawasan digitalisasi agar tidak mudah tergerus oleh tren yang kerap berubah. Maka dari itu, semakin penting bagi para pemilik bisnis untuk terus beradaptasi sesuai dengan perkembangan kondisi pasar yang begitu dinamis. Dalam kesempatan ini, Social Bread Indonesia bermitra dengan SIRCLO untuk mendukung kemampuan UMKM agar dapat go digital secara efektif dengan mendalami strategi-strategi pemasaran terkini—di antaranya berjualan melalui fitur live commerce.”
Dalam rangka mendorong percepatan digitalisasi UMKM, E-Commerce Expo: powered by SIRCLO menutup rangkaian acaranya dengan pengumuman pemenang kompetisi Panen Omset, yaitu sebuah program yang diinisiasi oleh SIRCLO dan didukung oleh Maybank Syariah untuk membantu pelaku UMKM dalam bertransformasi digital—dimulai dari pelatihan hingga pendampingan dari para pakar dalam bidangnya.
Keberhasilan acara E-Commerce Expo: powered by SIRCLO tidak terlepas dari dukungan penuh oleh berbagai mitra strategis ternama, yaitu Digital Hub, Sinar Mas Land, Vesta.io, Huawei, Largo, TADA, Bio Farma Grup, Hyva, Bespin Global, Fresh Factory, Kamadjaja Logistics, Maybank Syariah, Eranyacloud, BaliFiber, KompasTV, dan Kompas.com. |WAW-CSRI