Home Berita Digitalisasi IKM, Tel-U dan Pemkab Bandung KolaborasiTingkatkan Ekonomi Daerah

Digitalisasi IKM, Tel-U dan Pemkab Bandung KolaborasiTingkatkan Ekonomi Daerah

29

CSRI  – Telkom University dan Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Bandung berkolaborasi dalam Program Matching Fund Kedaireka 2022 dalam pembuatan mesin-mesin produksidan juga literasi digital marketing dan e-industry companion. Hal tersebut guna mendorong seluruh industri kecil danmenengah (IKM) di Kabupaten Bandung dapat mengikutiperkembangan teknologi dengan memanfaatkan digitalisasiuntuk meningkatkan perekonomian daerah.

Zaman sudah berubah. Kalau usaha mikro kecil dan menengah(UMKM) atau IKM tidak bergeser mengikuti perkembangan teknologi, pasti akan tertinggal,” ucap Bupati Bandung Dadang Supriatna usai menandatangani berita acara peninjauan dan monitoring hasil karya Kedaireka dengan Telkom University di Kompleks Pemkab Bandung, Soreang, Senin (28/11/2022).

Dadang mengaku sempat ke Singapura untuk belajarmengembangkan kreativitas industri Kabupaten Bandung. “Kesimpulannya, kalau seandainya daerah tidak mengikuti, maka akan ketinggalanNanti orang dari Singapura ke sinisehingga bisa membahas secara keseluruhan langkah-langkahpelayanan ini bisa lebih mudah dan cepat,” tambah Dadang.

Meski demikian, proses perancangan mesin-mesin produksiuntuk para IKM tidak menggunakan mesin dari Singapura ataunegara lain. “Untuk proses pembuatan mesin dirancang oleh Tim Telkom University yang memanfaatkan bahan-bahan dalamnegeri, dan ini asli merupakan produk Indonesia. Pada 2024 terdapat instruksi presiden (untuk menggunakan produk lokal), wajib harus kita lakukan,” ujarnya.

Dadang mengatakan, pihaknya akan terus mendorong UMKM yang sekarang jumlahnya mencapai sekitar 15 ribu, supaya bisalebih maju. “Nanti kami sampaikan kepada Tel-U untuk bisamenjadi pembina karena kalau tidak ada pembinaan, tidakmentrasformasi masalah keilmuannya kepada para UMKM,” katanya.

Dari program Kedaireka 2022 tersebut Telkom University danPemkab Bandung sudah menyalurkan 26 mesin untuk enam IKM yang ada di Kabupaten Bandung dan juga pembekalanliterasi digital dan e-industry companiton kepada puluhan IKM Kabupaten Bandung. Ketua Pelaksana Program Kedaireka 2022, Faisal Budiman, menjelaskan bahwa akademisi Telkom University dan Pemkab Bandung bekerja sama, yang salah satunya dengan program Kedaireka dari pemerintah pusat.

Jadi, matching fund, bekerja sama saling memberikanpendanaan untuk kegiatan ini, dan pada tahun 2022 kami khususmemfasilitasi proses digitalisasi UMKM yang ada di Kabupaten Bandung,” ujar Faisal di Kompleks Pemkab Bandung.

Faisal mengatakan, seperti pembuatan mesin produksi IoT, adadari tim Fakultas Rekayasa Industri (FRI) dan Fakultas TeknikElektro (FTE). Ada juga digital marketing dan juga ada e-industry companion yang dihendel oleh Fakultas KomunikasiBisnis (FKB) dan Fakultas Industri Kreatif (FIK).

Sebelum kegiatan tersebut dimulai atau penyaluran bantuan itu, lanjut Faisal, pihaknya melakukan survei ke beberapa IKM potensial yang disarankan oleh Disperdagin Kabupaten Bandung.(RTE/CSRI)

 

Previous articleAnniversary 4th Rai Fitness [email protected]: Berkontribusi Sehatkan Masyarakat Indonesia
Next articleThe Apurva Kempinski Bali Luncurkan ‘Galeri Seni dan Musik’