Home Berita CSR Petrofin Peduli Sumbang Dana Renovasi Madrasah Tsanawiyah di Minahasa Selatan Sulut

CSR Petrofin Peduli Sumbang Dana Renovasi Madrasah Tsanawiyah di Minahasa Selatan Sulut

24
Elnusa Petrofin Unit Depo LPG Amurang Melakukan foto bersama murid MTs Sapa Timur/ist

CSRINDONESIA – Program kegiatan CSR yang dilakukan oleh Elnusa Petrofin selalu disesuaikan dengan kebutuhan serta karakteristik masyarakat setempat. Inisiatif yang dilakukan merupakan perpaduan dari tema tahunan yang telah ditetapkan perusahaan, kondisi dilapangan serta kearifan lokal di lokasi masing-masing area.

Sejak operasional PT Elnusa Petrofin hadir di wilayah Amurang Minahasa Selatan Sulawesi Utara pada pertengahan tahun 2019, berbagai kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) telah dilakukan khususnya bagi masyarakat dan lingkungan disekitar wilayah operasional perusahaan.

Pada tahun 2019 lalu Elnusa Petrofin sukses menggelar 470 kegitan CSR di seluruh Indonesia. Memulai tahun 2020 dengan kegiatan mulia, Elnusa Petrofin memberikan bantuan Sumbangan Dana Renovasi senilai Rp 10.000.000 kepada Madrasah Tsanawiyah Sapa yang terletak di Kecamatan Tenga Desa Sapa Timur Amurang Minahasa Selatan Sulawesi Utara. Bantuan ini hadir dari rasa keprihatinan akan kondisi bangunan dan fasilitas sekolah yang memprihatinkan. Kedepannya bantuan akan diberikan secara berkelanjutan untuk pembenahan fasilitas pendidikan di Madrasah ini.

Seremoni serah terima bantuan dilakukan pada akhir Januari lalu dilokasi Madrasah Tsanawiyah Sapa. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Sugara selaku Head Operation PT Elnusa Petrofin Depot LPG Amurang kepada pihak Madrasah Tsanawiyah Sapa yang diwakili oleh Julman Todano selaku Kepala Sekolah serta disaksikan oleh Hukum Tua (Kepala Desa) beserta tokoh masyarakat setempat.

Sebelumnya mulai dari pertengahan tahun 2019 Elnusa Petrofin unit Depot LPG Amurang juga telah melakukan serangkaian kegiatan CSR terintegrasi antara lain bantuan tempat sampah di Desa Sapa Timur, Sapa Barat dan Sapa Induk Kecamatan Tenga Minahasa Selatan, serta fasilitas pengangkutan sampah ke TPS terdekat, Pembangunann Tempat Ibadah (Gereja), Pemberian bingkisan Hari Raya, Sembako untuk warga serta bantuan lampu penerangan jalan yang menggunakan teknologi solar cell.

Seperti diketahui Elnusa Petrofin (“EPN”) didirikan di Jakarta pada tanggal 5 Juli tahun 1996. EPN adalah anak perusahaan dari PT. Elnusa Tbk (Perusahaan Terbuka sejak 2008), dimana PT. Elnusa Tbk sendiri merupakan Anak Perusahaan PT. Pertamina (Persero). PT Elnusa Petrofin bergerak di bidang jasa logistik dan distribusi BBM , terutama Jasa Transportasi BBM, jasa pengelolaan Depo BBM, penjualan BBM Industri & Marine, trading Chemical, trading Pelumas & Asphal dan Ritel Bahan Bakar (SPBU&SPBE). Elnusa Petrofin merupakan salah satu ujung tombak Pertamina untuk menyalurkan BBM PSO (public service obligation) dan BBM Satu Harga ke seluruh penjuru Nusantara.

Julman Todano selaku Kepala Madrasah Tsanawiyah Sapa Kec. Tenga Minahasa Selatan mengucapkan banyak terima kasih atas kepedulian Elnusa Petrofin dalam membantu renovasi MTs Sapa yang kondisinya cukup memprihatinkan. “Semoga dengan bantuan ini dapat membuat kegiatan belajar mengajar di Madrasah Tsanawiyah menjadi lebih layak dan nyaman bagi murid-murid di Sekolah ini”.

Dikesempatan yang sama Ronny Lengkey selaku Kepala Desa (Hukum Tua) Desa Sapa Timur Minahasa Selatan mengapresiasi rangkaian kegiatan CSR yang dilakukan oleh Elnusa Petrofin dan berharap kegiatan CSR tersebut dapat dilakukan secara berkesinambungan. “Partisipasi aktif Elnusa Petrofin dalam melakukan berbagai kegiatan CSR khususnya di Wilayah Sapa Minahasa Selatan menunjukkan bahwa perusahaan berkomitmen dan peduli terhadap aspek sosial dan lingkungan yang beriringan dengan operasional perusahaan, dan saya atas nama warga Desa mengucapkan terima kasih” tutupnya.

Sementara itu Direktur Utama Elnusa Petrofin Haris Syahrudin berharap bahwa kehadiran Elnusa Petrofin di Minahasa Selatan, selain melakukan kegiatan operasional bisnis juga mampu memberikan dampak positif kepada Masyarakat dalam segala hal. “Dalam setiap kegiatan operasional dimanapun berada Elnusa Petrofin berkomitmen untuk menjalankan kegiatan dengan cara yang bertanggung jawab serta bertumbuh bersama dengan masyarakat yang dibuktikan melalui kesungguhan kami dalam mengintegrasikan tanggung jawab sosial dengan nilai nilai perusahaan” pungkasnya. |ATA/CSRI