Home Berita BPDPKS Gelar Wokshop UKMK Bertema “Oleofood berbahan Sawit” di Solo

BPDPKS Gelar Wokshop UKMK Bertema “Oleofood berbahan Sawit” di Solo

13
Wokshop UKMK Bertema
Wokshop UKMK Bertema "Oleofood berbahan Sawit" di Solo

CSRINDONESIA – Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menggelar kegiatan Workshop Usaha Kecil Mikro dan Koperasi (UKMK) bertema Oleofood berbahan Sawit. Oleofood adalah beragam produk kuliner yang berbahan dari turunan sawit. Selain diberikan pengetahuan dan materi terkait produk-produk kuliner berbahan sawit juga didemonstrasikan beragam produk oleofood sawit kepada peserta. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk untuk mempromosikan kebaikan-kebaikan sawit.

Kegiatan dilaksanakan pada 13 Juni 2024 di Solo.Direktur Perencanaan dan Pengelolaan Dana/Plt Direktur Kemitraan BPDPKS, Kabul Wijayanto, menyampaikan kegiatan ini merupakan wujud pelaksanaan tugas BPDPKS dalam melakukan promosi perkebunan kelapa sawit, sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 61 Tahun 2015 jo. Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2018, guna meningkatkan pengetahuan terhadap signifikansi perkebunan kelapa sawit sebagai produk yang memiliki nilai strategis, khususnya dalam penguatan hilirisasi komoditas kelapa sawit.

Seremoni pembukaan Workshop UKMK Sawit dihadiri oleh Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Jateng (Muhdi), Direktur Perencanaan dan Pengelolaan Dana/Plt Direktur Kemitraan BPDPKS (Kabul Wijayanto), Kepala Divisi UKMK BPDPKS (Helmi Muhansyah), Kepala Divisi SDM dan Umum BPDPKS (Adi Sucipto), UKM Kota Solo dan Perwakilan Universitas dan Mahasiswa.
Seremoni pembukaan Workshop UKMK Sawit dihadiri oleh Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Jateng (Muhdi), Direktur Perencanaan dan Pengelolaan Dana/Plt Direktur Kemitraan BPDPKS (Kabul Wijayanto), Kepala Divisi UKMK BPDPKS (Helmi Muhansyah), Kepala Divisi SDM dan Umum BPDPKS (Adi Sucipto), UKM Kota Solo dan Perwakilan Universitas dan Mahasiswa.

“Kegiatan ini juga merupakan upaya BPDPKS untuk mengambil peran dari sisi Exit Strategy yaitu mendukung pemulihan dan percepatan ekonomi dari sektor promosi hasil minyak sawit dan promosi hasil – hasil penelitian sawit yang dapat digunakan untuk pengenalan serta pengembangan industri sawit dalam mendorong peningkatan volume ekspor maupun industri Sawit Indonesia,” tambah Kabul.Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit memiliki misi dalam menjalankan kebijakan Pemerintah dalam program pengembangan sawit berkelanjutan melalui penghimpunan, pengembangan, dan penyaluran dana sawit yang terpadu dan tepat guna, secara profesional dan akuntabel, untuk kepentingan:

  • Pengembangan Sumber Daya Manusia;
  • Penelitian dan Pengembangan;
  • Promosi;
  • Peremajaan;
  • Sarana dan Prasarana;
  • Pemenuhan Kebutuhan Pangan;
  • Hilirisasi Industri Perkebunan Kelapa Sawit;
  • Penyediaan dan Pemanfaatan Bahan Bakar Nabati.
Para Pembicara Wokshop UKMK Bertema "Oleofood berbahan Sawit" di Solo
Para Pembicara Wokshop UKMK Bertema “Oleofood berbahan Sawit” di Solo

Kinerja BPDPKS didasarkan pada kemampuan menghimpun, mengelola dan menyalurkan dana. Dana yang disalurkan akan memberikan dampak bagi peningkatan kinerja sektor sawit Indonesia. Dalam struktur organisasi BPDPKS juga terdapat direktorat yang memiliki tugas dalam menjalankan kegiatan kemitraan. Salah salah satunya adalah menjalankan fungsi kemitraan dengan UKMK.

Dalam Seremoni pembukaan Workshop UKMK Sawit dihadiri oleh Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Jateng (Muhdi), Direktur Perencanaan dan Pengelolaan Dana/Plt Direktur Kemitraan BPDPKS (Kabul Wijayanto), Kepala Divisi UKMK BPDPKS (Helmi Muhansyah), Kepala Divisi SDM dan Umum BPDPKS (Adi Sucipto), UKM Kota Solo dan Perwakilan Universitas dan Mahasiswa. |WAW-CSRI

Wokshop UKMK Bertema "Oleofood berbahan Sawit" di Solo yang Digelar BPDPKS
Wokshop UKMK Bertema “Oleofood berbahan Sawit” di Solo yang Digelar BPDPKS