Home CSR Blibli Tiket ACTION Perluas Aksi Kolaborasi Lewat Penanaman 4,000 Mangrove di Mangunharjo,...

Blibli Tiket ACTION Perluas Aksi Kolaborasi Lewat Penanaman 4,000 Mangrove di Mangunharjo, Semarang

67
Lisa Widodo, COO & Co-Founder Blibli pada acara Penanaman Mangrove di Semarang | IST
Lisa Widodo, COO & Co-Founder Blibli pada acara Penanaman Mangrove di Semarang | IST
CSRINDONESIA – Penyelenggaraan KTT COP28 di Dubai yang tinggal menghitung hari menambah urgensi bagi negara-negara untuk memperbaiki arah kebijakan dalam melawan perubahan iklim, terutama terkait akan dibahasnya laporan gabungan Global Stocktake sebagai ‘rapor merah’ sekaligus panduan terkini bagi pemerintah dalam mengambil tindakan hijau yang lebih kuat. Nantinya, di dalam laporan ini akan dibahas empat area kunci untuk mencapai keadilan iklim, salah satunya kebijakan pengelolaan lahan dan kota sebagai upaya dari mentransformasi sistem Bumi. Mendukung komitmen tersebut, PT Global Digital Niaga, Tbk (‘Blibli’; ‘Perseroan; kode saham BEI: ‘BELI’), melalui Blibli Tiket ACTION, turut ambil bagian dengan melakukan penanaman bibit mangrove di pesisir Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang, Jawa Tengah. Sebanyak 4.000 bibit mangrove hasil konversi dari 40,000 kemasan kardus dan plastik yang dikembalikan oleh pelanggan dan karyawan ekosistem Blibli Tiket, donasi dari masyarakat umum dari berbagai acara publik sepanjang tahun 2023. 
Blibli Tiket memilih mangrove sebagai obyek pelestarian karena tanaman tersebut berperan penting dalam menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai, dan darat yang membatasi banyak wilayah dengan kepadatan penduduk tinggi di Indonesia. Sebagai gambaran, mengutip laporan The World’s Mangrove, sebanyak 677.000 hutan mangrove global telah hilang selama rentang waktu antara tahun 2000 hingga 2020, sehingga memicu risiko kenaikan permukaan air laut hingga terancamnya kesejahteraan nelayan dan masyarakat setempat akibat penurunan kualitas air bersih dan kelangkaan pasokan hasil laut. Adapun penanaman mangrove di Semarang diharapkan dapat mendukung terwujudnya tujuan 13, 15 dan 17 pada kerangka Sustainable Development Goals (SDGs) tentang perubahan iklim, degradasi lahan akibat abrasi dan kemitraan untuk mencapai tujuan. Berkolaborasi dengan Lindungi Hutan dan Kelompok Tani Mangrove Lestari, aksi ini bertujuan memperkuat ekosistem pesisir pantai Mangunharjo yang rawan abrasi sekaligus meningkatkan penyerapan emisi karbon untuk bumi yang lebih lestari.  

Di sisi lain, Miftachur Ben Robani, CEO Lindungi Hutan, melanjutkan bahwa sebagai pusat pemerintahan sekaligus kota terbesar di Jawa Tengah, Kota Semarang membutuhkan ekosistem mangrove untuk bantu menjaga kestabilan daratannya dari abrasi dan ancaman peningkatan permukaan air laut.

Blibli Tiket ACTION dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah, Pujiharini, Cabang Dinas Kehutanan 3, Provinsi Jawa Tengah pada prosesi penanaman pohon mangrove oleh Blibli | IST
Blibli Tiket ACTION dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah, Pujiharini, Cabang Dinas Kehutanan 3, Provinsi Jawa Tengah pada prosesi penanaman pohon mangrove oleh Blibli | IST

“Namun, untuk dapat mewujudkan ekosistem mangrove di Kota Semarang, dibutuhkan kolaborasi peran dari berbagai pihak. Karena itu, kami menyambut baik kesempatan yang diberikan Blibli Tiket dalam mempercayakan kolaborasi ini kepada Lingdungi Hutan, dan berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi dalam upaya bersama untuk pemulihan ekosistem mangrove sebagai paru-paru Tanah Jawa yang lebih baik.”

Aksi penanaman mangrove oleh Blibli Tiket ini bukan yang pertama kalinya dilakukan. Pada tahun 2022, kami, berhasil menanam 3.000 bibit pohon mangrove di kawasan pesisir Tambakrejo, Semarang. Untuk itu, melanjutkan kesuksesan tahun lalu, Blibli Tiket berharap perluasan penanaman mangrove di kota yang sama tahun ini dapat meningkatkan dampak positif pada masyarakat dan lingkungan kota Semarang.

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari terus memelihara habitat hutan mangrove untuk kelestarian alam dan kesejahteraan warga sekitar, bukan? Sekarang waktunya kamu dukung lebih banyak aksi nyata berupa penanaman pohon yang berguna untuk kelangsungan hidup banyak makhluk! |WAW-CSRI