Home CSR Ekonomi Amartha Gandeng Nobu Bank Salurkan Modal Usaha Ultra Mikro 100 Miliar Rupiah

Amartha Gandeng Nobu Bank Salurkan Modal Usaha Ultra Mikro 100 Miliar Rupiah

49
(Kiri-kanan) Julie Fauzie, Chief Funding Officer Amartha, Andrian Meirawan Saputra, Direktur Nobu Bank menandatangani perjanjian kerja sama yang diresmikan di tanggal 27 Juni 2023 di Kantor Nobu Bank Jakarta Pusat. | IST
(Kiri-kanan) Julie Fauzie, Chief Funding Officer Amartha, Andrian Meirawan Saputra, Direktur Nobu Bank menandatangani perjanjian kerja sama yang diresmikan di tanggal 27 Juni 2023 di Kantor Nobu Bank Jakarta Pusat. | IST
CSRINDONESIA – PT Amartha Mikro Fintek (Amartha), prosperity platform yang berfokus pada pengembangan UMKM lewat layanan keuangan inklusif, resmi menjalin kolaborasi dengan PT Bank Nationalnobu Tbk (Nobu Bank) untuk mendukung permodalan pelaku usaha ultra mikro di pedesaan di berbagai lokasi di Indonesia dengan komitmen tahap awal sebesar 100 miliar rupiah. Peresmian kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2023 di Kantor Nobu Bank Gajah Mada Tower, Jakarta Pusat.
Kolaborasi yang terjalin antara Amartha dan Nobu Bank ini ditujukan untuk mengakselerasi permodalan usaha produktif bagi lebih dari 30.000 mitra binaan Amartha di berbagai sektor usaha khususnya di Pulau Jawa, Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Sumatra Selatan. 
Julie Fauzie, Chief Funding Officer Amartha, menyampaikan bahwa dalam mengakselerasi modal usaha produktif bagi para pelaku UMKM di Indonesia yang merupakan tulang punggung ekonomi nasional, tidak dapat dilakukan oleh Amartha sendiri. “Amartha menyambut baik kolaborasi sinergis dengan Nobu Bank yang telah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun di industri keuangan serta memiliki kesamaan visi-misi dalam mendukung segmen UMKM dan ultra mikro yang merupakan penopang perekonomian nasional yang menjadi fondasi dari langkah kolaborasi ini. Semoga kolaborasi ini dapat secara langsung memberikan dampak nyata bagi peningkatan ekonomi dan taraf hidup pelaku UMKM sehingga bisa menimbulkan efek domino yang signifikan bagi keluarga serta komunitasnya.” 
Di lain pihak, Nobu Bank memilih Amartha sebagai mitra kolaborasi dalam mendukung UMKM didasarkan pada konsep bisnis yang yang sejalan dengan visi dan misinya, yaitu memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian dengan memprioritaskan layanan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Amartha telah terbukti merupakan perusahaan yang secara konsisten memberikan dukungan kepada UMKM dalam meningkatkan daya saing di pasar, tidak hanya melalui modal kerja tetapi juga literasi keuangan dan digital.
Direktur Nobu Bank, Andrian Meirawan Saputra, dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa penandatanganan kerja sama dengan Amartha adalah wujud komitmen Nobu Bank dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia. “Kami melihat semangat dan komitmen yang sama dari Amartha yang selama ini secara konsisten memberikan pendampingan dan dukungan permodalan bagi UMKM, khususnya pelaku usaha ultra mikro”. Lebih jauh Andrian menambahkan bahwa kerja sama kolaboratif ini juga menjadi salah satu milestone penting bagi Nobu Bank yang saat ini tengah fokus mengembangkan segmen kredit mikro, selain segmen konsumer dan UKM yang selama ini telah menjadi kompetensi utamanya.
Bertepatan memasuki usianya yang ke-13, Amartha mencatatkan performa yang baik di mana total penyaluran modal usaha produktif hingga akhir Kuartal I tahun 2023 di Pulau Sumatra, Jawa, dan Sulawesi mengalami peningkatan dua kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Hingga saat ini Amartha telah menjalin kolaborasi dengan lebih dari 30 institusi di sektor keuangan.
“Amartha terbuka terhadap setiap peluang kolaborasi dengan berbagai institusi dalam memberikan produk dan layanan yang terbaik bagi para pelaku UMKM yang ada di seluruh Indonesia. Lewat kolaborasi yang terus digalakkan ini, Amartha optimis mampu mengakselerasi pertumbuhan kredit produktif dan memperluas inklusi keuangan secara merata,” tutup Julie.  |WAW-CSRI