Home Berita PT Mifa Bersaudara Raih CSR Indonesia Awards 2019 di Bali

PT Mifa Bersaudara Raih CSR Indonesia Awards 2019 di Bali

125
Azizon Nurza, Manager CSR & Corporate Communication menrima CSR Indonesia Awards 2019 /sukma

CSR-INDONESIA.COM – PT Mifa Bersaudara di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat selaku perusahaan tambang batu bara terbesar di Provinsi Aceh kembali meraih penghargaan pada ajang Corporate Social Responsibility (CSR) Indonesia Awards 2019 yang digelar Majalah CSR Indonesia bersama MEPRINDO COMMUNICATIONS di SwissBel-Resort, Bali, Selasa (30/7/2019) malam.

Penghargaan ini diperoleh atas program budi daya hidroponik binaan PT Mifa Bersaudara yang berlokasi di Desa Peunaga Cut Ujong, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat.

Penghargaan lainnya di ajang yang sama juga diterima oleh Manager CSR & Corporate Communication Terbaik CSR Indonesia Awards 2019 selaku CSR & Corporate Communication Manager PT Mifa Bersaudara, Azizon Nurza dan Slamet Haryadi

Azizon Nurza merupakan Tokoh Public Relations & Praktisi CSR Indonesia asal Riau yang sudah 20 tahun berkiprah di berbagai Industri ternama di Indonesia. Baginya, setiap program pemberdayaan masyarakat harus memiliki keberlanjutan dan terus dilaksanakan dari waktu ke waktu secara bertahap dan memiliki nilai yang terus meningkat setiap tahunnya.

Berkarir di Aceh yang merupakan daerah bekas konflik dan Tsunami yang memiliki banyak tantangan dari segi teknis dan non teknis. Sangat dibutuhkan strategi pemberdayaan masyarakat yang berkualitas dan sejalan dengan kebutuhan pembangunan sosial dari program-program pemerintah.

“Kami telah menjalankan 7 Pilar CSR PT Mifa Bersaudara yang juga merupakan elemen dari sustainabilty development goals yang dirumuskan oleh PBB sebagai acuan terhadap berbagai program pemberdayaan masyarakat dengan mengadopsi elemen dari ISO 26000,” ujarnya.

Program diantarannya:
1. Peningkatan Kesehatan Masyarakat.
2. Partisipasi Aktif dalam kegiatan keagamaan, sosial kemasyarakatan, dan pelestarian budaya lokal.
3. Pendidikan dan Pelatihan
4. Pengembangan Sarana Desa
5. Pengelolaan Sumber Daya Berbasis Lahan
6. Kemitraan UMKM & Kewirausahaan
7. Pelestarian Lingkungan & Konservasi Keanekaragaman Sumber Daya Hayati.

Keberhasilan strategi pemberdayaan masyarakat berkelanjutan ini telah kami rangkum dalam buku kami yang diterbitkan perdana di Universitas Syiah Kuala dan telah mendapatkan reference dari Ketua Asean Public Relations Network, Ketua Perhumas Indonesia, Ketua Demisioner Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia, dan segenap akedemisi dengan judul buku Strategi Public Relations Sustainable Social License To Operate.

Prestasi dan karya ini telah mengantarkan diri dan perusahaannya meraih puluhan penghargaan di bidang CSR & Public Relations dari tingkat daerah, nasional, dan internasional, serta Azizon berhasil dinobatkan sebagai Manager CSR Terbaik Indonesia Sustainabilty Development Awards 2018 Yang Diberikan oleh Kepala Bappenas Republik Indonesia, dan Manager CSR & Corporate Communication Terbaik CSR Indonesia Awards 2019 di Bali beberapa waktu lalu.

Ditambahkan bahwa keberhasilan meraih penghargaan ini adalah bentuk komitmen dan keseriusan perusahaan tambang batu bara ini untuk mengambil bagian dalam mendukung program pemerintah, untuk melaksanakan pembangunan melalui program CSR.

“Program yang merupakan inovasi kami jadikan pusat studi kasus bagi pengembangan masyarakat Aceh ke depan,” tutupnya. | CSRI/ATA

“Kami juga berharap agar pada akhirnya program-program CSR perusahaan bisa dilaksanakan dengan baik dan terus lebih baik, dalam rangka membina dan memberdayakan masyarakat agar sejahtera dan mandiri,” kata Direktur Utama PT Mifa Bersaudara Ricky Nelson diwakilii CSR & Corporate Communication Manager Azizon Nurza dan CSR & External Relations Superintendent Tengku Kaddhafi, Rabu malam.

Pihaknya juga mengucapkan ribuan terima kasih kepada pihak penyelenggara yang sudah memberikan amanah besar kepada PT Mifa Bersaudara untuk terus mengembangkan kreativitas dan berinovasi, dalam menjalankan program-program pengembangan masyarakat di daerah.

Menurut Azizon, keberhasilan meraih penghargaan ini adalah bentuk komitmen dan keseriusan perusahaan tambang batu bara ini untuk mengambil bagian dalam mendukung program pemerintah, untuk melaksanakan pembangunan melalui program CSR.

“Melaksanakan program dengan berbagai inovasi, diharapkan dapat menjadi pusat studi kasus bagi program pengembangan masyarakat Aceh ke depan,” katanya pula.Corporate Social Responsibility (CSR) & Corporate Communication Manager PT Mifa Bersaudara Provinsi Aceh, Azizon Nurza kembali dinobatkan sebagai Manager CSR & Corporate Communication terbaik (insan gagasan gemilang) di Ajang CSR Indonesia Awards 2019 yang dilaksanakan di Denpasar, Bali, Selasa (30/7) lalu.

Pada tahun 2018 lalu, ia juga terpilih sebagai Manager CSR Terbaik pada ajang Indonesia Sustainable Development Awards 2018 yang dianugerahkan oleh Bappenas Republik Indonesia, atas pengelolaan program pengembangan masyarakat yang ia lakukan di PT Mifa Bersaudara.

“Penghargaan ini merupakan sebuah amanah besar untuk saya, dalam menjalankan program pengembangan masyarakat tentunya harus saling mendukung bagi semua pihak, sehingga program dapat sustain dan mendapatkan hasil yang maksimal bagi semua pihak terutama masyarakat,” kata Azizon Nurza kepada ANTARA, Jumat di Meulaboh.

Menurutnya, komitmen dalam menjalankan program CSR harus benar-benar terkonsep, sehingga harapan dari terlaksana nya program CSR itu dapat memiliki hasil yang signifikan bagi setiap perusahaan, maupun masyarakat yang berada di wilayah operasional perusahaan.

Bersama rekannya Tengku Kaddhafi selaku Praktisi CSR yang sudah puluhn tahun berkarya, Azizon juga berhasil mengantarkan perusahaan tambang batu bara tersebut meraih penghargaan kategori Cipta Karsa Mandiri melalui pelaksanaan program budidaya Hidroponik pada kelompok usaha binaannya selama ini.

“Saya mengucapkan ribuan terima kasih kepada semua pihak termasuk masyarakat di Aceh Barat, ini adalah prestasi dan kebanggaan bagi kita semua untuk terus berkarya bagi Bangsa Indonesia tercinta,” kata Azizon yang selama ini kerap diusung kandidat menteri di kabinet kedua Presiden Jokowi tersebut.