Home Berita Asmin Bara Bronang Peduli Kemanusiaan untuk Gempa Lombok

Asmin Bara Bronang Peduli Kemanusiaan untuk Gempa Lombok

3754
1

CSRINDONESIA – Gempa bumi berkekuatan 7 SR yang mengguncang Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, dan wilayah sekitarnya telah memberikan trauma dan duka mendalam khususnya bagi warga setempat. Tercatat data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah korban yang meninggal dunia hingga Kamis (23/8/) lalu ada sebanyak 555 korban.

Kementrian ESDM pusat menginstruksikan seluruh perusahaan tambang untuk berpartisipasi dalam bentuk donasi untuk korban gempa di Lombok. PT. Bara Bronang sebagai perusahaan baru dan berkembang di bidang pertambangan batubara, turut serta memberikan bantuan ke Lombok selama delapan hari (14-21/8/2018) lalu.

Bentuk bantuan yang diberikan sangat beragam sesuai dengan apa yang dibutuhkan di sana seperti terpal, selimut, beras, telur, minyak goreng, bawang merah, popok bayi, pembalut wanita, susu anak, peralatan mandi, makanan dll. Donasi itu tersebar di bagian Lombok Utara, Lombok barat, Lombok Tengah dan Lombok timur. Kepala Dinas ESDM NTB Muhammad Husni menyatakan, rasa terimakasih banyak dan mendalam atas perhatian berupa donasi yang diberikan oleh PT Asmin Bara Bronang untuk membantu korban bencana Gempa di Lombok.

Terkait dengan donasi yang harus disalurkan dan Informasi dari BNPB (23/8) lalu diperoleh data sementayang terkumpul ada 390.529 jiwa yang mengungsi. Wilayah terparah terkena dampak gempa adalah Kabupaten Lombok Utara. Di lokasi ini tercatat 466 korban meninggal dunia, 829 korban luka-luka, 134.236 jiwa mengungsi, dan 23.098 rumah rusak. Sementara itu, korban meninggal di Kota Mataram sebanyak 9 orang, Lombok Tengah 2 orang, Lombok Timur 31 orang, Lombok Barat 40 orang, KSB 2 orang, dan Sumbawa sebanyak 5 korban.

Jadi bantuan yang diberikan PT Asmin Bara Bronang akan disebarkan ke seluruh pelosok daerah korban gempa seperti yang diutarakan oleh Adi Prasetyo Kabid Geologi dan Air Tanah Dinas ESDM Provinsi NTB (koordinator Bencana Gempa) yang juga menyatakan rasa terimaksihnya, “Terimakasih atas bantuan donasi yang diberikan PT Asmin Bara Bronang, saya, selaku koordinator Bantuan Bencana Gempa dari Dinas ESDM akan memaksimalkan pendistribusian secara merata di wilayah seluruh Lombok yg terkena gempa” ujarnya.

Di tempat terpisah Muhammad Rum (Manager External Partnerships) mewakili Eko Susanto (Kepala Tehnik Tambang – KTT) PT. Asmin Bara Bronang, menyampaikan bahwa PT. Asmin Bara Bronang sebagai salah satu perusahaan Batu Bara di Kalimantan Tengah, bersama sama dengan Kementrian ESDM terlibat aktif dalam program bantuan kemanusiaan bencana gempa Lombok.

“Bantuan ini merupakan bentuk nyata dari visi dan misi PT. Asmin Bara Bronang yang juga berkomitmen untuk bersama melakukan program kemanusiaan di Indonesia di waktu waktu mendatang dengan pihak pihak yang terkait,”pungkanya. |CSRI/SUN

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.