Home Inovasi Figur Muhammad Rum: Kami Jalankan CSR Lebih Baik untuk Masa Datang Sebagai Investasi

Muhammad Rum: Kami Jalankan CSR Lebih Baik untuk Masa Datang Sebagai Investasi

4761
1

CSRINDONESIA – Adalah Muhammad Rum, saat ini ia menjabat sebagai External Partnership Manager PT AsminBara Bronang(PT. ABB), Kalimantan Tengah.

Pria bersahaja kelahiran Yogyakarta, 10 Februari 1981 ini baru saja mendapatkan Awards katagori “Insan Gagas Gemilang” yang diselenggarakan oleh Media CSR-Indonesia (Group ENERGGYWORLD) dan MePRindo Communications pada 8-9 Mei lalu di Bandung.

Anugerahan ini diberikan untuk perorangan yang sudah menjalankan gagasan yang gemilang dan digunakan untuk publik serta berguna bagi bangsa dan masyarakat sekitar. Dalam hal ini, Rum, begitu biasa dipanggil rekan sejawat dan timnya telah mendedikasikan dirinya untuk membuat sejumlah program CSR di PT AsiminBara Bronang, sebuah perusahaan tambang.

SETELAH PENCAPAIAN PROGRAM CSR TAHUN 2017, PT ASMIN BARA BRONANG MENGEMBANGKAN PENINGKATAN KWALITAS PROGRAM CSR DENGAN MENJADIKAN PROGRAM CSR UNTUK MENURUNKAN BIAYA PERUSAHAAN SEKALIGUS MENINGKATKAN VALUE ADDED YANG LEBIH BESAR BAGI MASYARAKAT.

Ada pun model yang dikembangkan untuk program CSR PT Asmin Bara Bronang tahun 2019-2024 sebagai berikut:
Menurut Rum. “Dengan model baru program CSR akan fokus mengembangkan masyarakat untuk menjadi supplier alternatif bagi perusahaan sehingga cost perusahaan menjadi lebih ekonomis karena hilangnya biaya tranportasi bila perusahaan menjadi turun. Dari sisi masyarakat, dengan serapan biaya perusahaan yang sangat besar akan meningkatkan serapan produk lokal yang sangat besar. Keberlanjutan usaha masyarakat akan lebih terjamin. Ditargetkan50 % kebutuhan perusahaan dapat disediakan oleh masyarakat sekitar perusahaan. Program CSR akan dipandang sebagai investasi dengan pengembalian produk masyarakat jangka panjang.”

PROGRAM CSR YANG OPTIMAL HARUS MEMBERI DAMPAK FINANSIAL BAIK BAGI PERUSAHAAN MAUPUN MASYARAKAT. PROGRAM YANG SEJALAN ANTARA KEPENTINGAN PERUSAHAAN DAN MASYARAKAT AKAN LEBIH BAIK DALAM PELAKSANAANNYA KARENA SEMUA PIHAK DALAM SATU KEPENTINGAN YANG SAMA.

CSR sebagai sosial invesment akan menjamin keberlangsungan perusahaan dan pembangunan masyarakat. Sebagai perusahaan PKP2B di area Kecamatan Kapuas Tengah, Kab Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah. Pada tahun 2013, PT ABB telah memulai produksi dan terus meningkat dari tahun hingga tahun2018, dengan visinya To be Aplus Coal Mining Company, Saat ini PT Asmin Bara Bronang, terus melakukan improvement dan inovasi untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan.

“CSR yang dilakukan di area sekitar perusahaan sebagai pemberdayaan dan pengembangan masyarakat pada masyarakat di sekitar area tambang. Program CSR ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas operasional perusahaan. Sesuai dengan misi kedua dari PT AsminBara Bronang. “Extraordinary effort to develop Community the mine area” maka pemberdayaan dan pengembangan masyarakat harus dilakukan dengan sungguh sungguh, strategis, terencana, terukurdan sistematis untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar tambang. Disisi yang CSR sekitar tambang dipandang sebagai kesempatan bersama dengan masyarakat untuk mewujudkan PT. ABB menjadia aset negara dan bangsa,” ujar jebola dari Agribisnis Universitas Gadja Mada (1999-2004) dan saat ini melanjutkanS2 Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan UPR Jadi keberadaan PT AsminBara Bronang di tengah masyarakat dapat memberikan value added yang nyata, dimana akan terwujud kesejahteraan dan kemandirian masyarakat serta keberlanjutan.

Rum mengatakan banyak suka duka, tantangan dan kesempatan, tantangan terbesar adalah area wilayah yang jauh dari pusat pemerintahan dan secara infrastruktur menuju area pertambangan. Kesempatan yang besar diberikan oleh managemen dengan memberikan segala usaha untuk melakukan program partnership dengan seluruh stakeholder baik masyarakat, pemerintah maupun mitra usaha yang lainnya, khususnya dalam program pemberdayaan dan pengembangan masyarakat.

IDE DASAR RUM DALAM MELAKUKAN KEGIATAN CSR ADALAH, ”BAGAIMANA MENENTUKAN KATEGORI YANG TEPAT BAGI PERUSAHAAN DAN APAKAH DIADAKAN RISET SEBELUMNYA SERTA BERAPA LAMA.

PROGRAM YANG DIADAKAN MENGGABUNGKAN KEBUTUHAN DASAR MASYARAKAT DENGAN PELUANG PENGEMBANGAN YANG SALING MENGUNTUNGKAN ANTARA PERUSAHAAN DAN MASYARAKAT. PENELITIAN MENDALAM UNTUK MENGALI POTENSI MASYARAKAT SEKITAR TAMBANG BAIK DARI SEGI SOSIAL, BUDAYA, EKONOMI, PENDIDIKAN DAN LINGKUNGAN MERUPAKAN KUNCI KEBERHASILAN DARI PROGRAM. PENELITIAN DILAKUKAN SAAT AWAL PROGRAM DAN SELAMA PROGRAM DENGAN STUDI PERKEMBANGAN.

Dengan melakukan penelitian dan pemantauan terus menerus diharapkan program benar-benar memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat sekitar tambang,”paparnya.

Hal yang perlu digarisbawahi, yang menjadi ciri khas PT ABB dengan perusahan batubara yang lainnya adalah menjadikan misi: Be Asset to the nation danExtraordinary Effort to Develop Community around the mine area, sebagai misi perusahaan pertama dan kedua. PT ABB telah menjadikan program pemberdayaan dan pengembangan masyarakat sekitar tambang sebagai core business perusahaan.

Bagi Rum, mendapatkan penghargaan, bukan akhir dari segalanya dan menjadi puas sampai di sini saja. Tapi lebih memberikan motivasi, “Kami sangat berterimakasih atas penghargaan yang diberikan kepada kami, PT Asmin Bara Bronang. Penghargaan ini merupakan sebuah apresiasi yang sangat membanggakan dan menjadi motivasi untuk menjalankan program CSR yang lebih baik lagi di masa yang akan datang. Program CSR Indonesia Awards Summit telah berjalan dengan baik, semoga di tahun mendatang akan lebih banyak lagi perusahaan yang terlibat sehingga setiap perusahaanlebih banyak berbagi pengalaman dalam pemberdayaan dan pengembangan masyarakat. Semoga kerjasama kedepan dapat terus dapat ditingkatkan,” tandas Rum penuh harap dan optimis. |CSRI/US

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.