Home Berita Berkunjung ke BITDEC Bali yang Mengesankan

Berkunjung ke BITDEC Bali yang Mengesankan

3526
Prof.Dr.Ir. Sulistyawati, M.S.,M.M.,M.Mis.,D.Th.,Ph.D

CSRINDONESIA – Saat kamu datang ke Politeknik Internasional Bali (PIB) sebuah institusi pendidikan kelas dunia untuk industri pariwisata dan perhotelan karena kami di undanga oleh perusahaan Coklat Valrhona asal Perancis. Undangan kami yang difasilitasi seoebuhnya oleh perusahaan Coklat Valrhona itu setelah berkunjung ke perkebunan Kakao dan koperasi petani Kakao, akhirnya kami mendapatkan sajian di PIB.

PIB sebuah kampus yang luar  biasa dan ini adalah Politeknik Internasional yang sangat kerean dan world class. “Ya kami mengunakan standar kelas international untuk kampus ini,” ujar Augyawati Joe Vice Director PIB saat menerima tim jurnalis Jakarta Kamis (23/11).

PIB ada dilingkungan kawasan Pusat Pelatihan dan Pengembangan Bali (BITDEC)  seluas 15 hektar, terletak di Pantai Nyanyi Desa Beraban Tabanan Bali. Dalam situsnya secara secara sejarah Ide awal untuk mengembangkan kawasan Pusat Pelatihan dan Pengembangan Bali (BITDEC) sebagai pusat pendidikan dan pelatihan berasal dari pertemuan pondasi keluarga pemilik. Pertemuan tersebut merumuskan penggunaan lahan BITDEC sebagai pusat pendidikan dan pelatihan di Bali, yang berfungsi sebagai “family heritage”.

Seiring dengan perkembangan pariwisata di Bali, yayasan tersebut memutuskan untuk mendirikan institusi pendidikan dan pelatihan utama, khususnya di bidang pariwisata. Pada tahun 2013, yayasan bertemu dengan Dusit Thani Hospitality College sebagai salah satu kampus pariwisata di Thailand, untuk menjalin kerja sama.

Setelah “Mutual of Understanding” ditandatangani antara kedua belah pihak, maka diputuskan untuk mendirikan sekolah kejuruan bernama Bali International Polytechnic (PIB).

Di bawah kepemimpinan Prof. Dr. Ir.Sulistyawati, MS, MM, M.Mis., D.Th., Ph.D., selaku Direktur PIB, menyelenggarakan pendidikan kejuruan dengan program seni kuliner. , perhotelan, dan manajemen hotel. Hal ini sejalan dengan misi pemerintah dalam rangka mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia dan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang siap pakai dan mampu memenuhi standar internasional, di bidang pariwisata dan perhotelan.

PIB juga memiliki Goal Menjadi institusi pendidikan kelas dunia dalam bidang pariwisata dan perhotelan yang menghasilkan sumber daya manusia yang sangat baik, dilengkapi dengan kepemimpinan dan kewirausahaan. Untuk menghasilkan studi penelitian pendidikan berkualitas tinggi yang menggabungkan budaya lokal, yang akan membawa nilai bagi masyarakat, bangsa, negara, dan juga diakui secara internasional. Melaksanakan layanan masyarakat yang berkelanjutan

Sementara nilai nilai yang dijunjung adalah Genuine, Impactful, Visionary, Excellent dan Respect.

Prof.Dr.Ir. Sulistyawati, M.S., M.M., M.Mis., D.Th., Ph.D Direktur mengatakan dalam pengantarnya Di era modern ini, pariwisata merupakan industri terbesar di dunia yang bertanggung jawab menciptakan lapangan kerja.

“Pariwisata menjadi kegiatan ekonomi penting di sebagian besar negara di seluruh dunia. Pariwisata adalah industri yang dinamis, menguntungkan dan berkembang pesat,”tulisnya di laman Pib.ac.id

Dijelaskan Prof. Sulistyawati bahwa kebutuhan sumber daya manusia unggulan yang memiliki keahlian tinggi telah menjadi bagian penting industri pariwisata.

“Kami menyadari bahwa titik utama industri pariwisata dan perhotelan tidak hanya keterampilan praktis, tapi juga kemampuan manajerial. Sebagai industri yang kompleks, pariwisata tidak bisa dikembangkan hanya dengan keterampilan. Keterampilan dan pengetahuan harus seimbang. Di tingkat manajerial membutuhkan pemikir dari kalangan akademisi karena mereka akan memikirkan konsep pariwisata yang baik. Keterampilan dan pengetahuan bisa didapat melalui pendidikan kejuruan,” paparnya.

Dia menambahkan bahwa Kami dengan bangga mempersembahkan kampus kami, Politeknik Internasional Bali, institusi belajar kelas dunia di industri pariwisata dan perhotelan, tempat Anda bisa belajar sesuatu yang baru tentang pariwisata dan perhotelan (pengetahuan) dan latihan untuk mengasah kemampuan (skill) Anda,”jelasnya.

Kampus PIB terletak strategis di daerah tujuan wisata yang berkembang pesat di Bali, di antara Kuta dan Tanah Lot yang terkenal, juga dikelilingi oleh merek-merek Internasional di industri perhotelan dan perhotelan.

Sesuai visinya bahwa PIB untuk menghasilkan lulusan yang sangat baik yang dilengkapi dengan kepemimpinan dan kewirausahaan, sambil menyelaraskan:
1. Spiritual Quotient (SQ),
2. Leadership Quotient (LQ),
3. Kreativitas Quotient (CQ),
4. Social Quotient (SOQ),
5. Quotient Lingkungan (EcoQ),
6. Adversity Quotient (AQ),
7. Intellectual Quotient (IQ),
8. Emotional Quotient (EQ)
9. untuk bisa mengubah bangsa

Dan MISInya  adalah

1. Memberikan pembelajaran dan edukasi yang menyelaraskan SQ, LQ, CQ, SoQ, EcoQ, AQ, IQ, dan EQ yang akan menghasilkan lulusan yang sangat baik yang dilengkapi dengan Kepemimpinan dan kewirausahaan, dengan kompetensi berstandar internasional yang terintegrasi dengan permintaan komersial, industri , serta masyarakat.
2. Melakukan penelitian akademik di bidang pariwisata dan perhotelan dengan memasukkan konteks dan nilai budaya setempat
3. Melaksanakan kegiatan pelayanan masyarakat yang akan bermanfaat dengan membawa transformasi positif kepada masyarakat, kepada bangsa, dan negara.

Akhirnya dalam sekilas kunjungan kami memang belum lengkap semuanya. Karena kami baru masuk dalam ruang kuliner pembuatan kue berbahan coklat dari Chef yang disiapkan Valrhona, jadi catatan ini akan bersambung secara dalam menunggu kami berkunjung kembali ke Bali dan mencover semua tentang PIB dan juga Bali Culinary School yang ada di kawasan Pusat Pelatihan dan Pengembangan Bali (BITDEC). Bravo. | Aendra dari Tabanan Bali