CSR Indonesia

Tebar Peduli, Bangun Citra

Berita Kilas Nusantara

Alumni Pertukaran Pemuda Antar Negara Perkuat Komunikasi Demi Pembangunan Masyarakat

Jakarta, CSR INDONESIA – Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI), yakni organisasi kepemudaan yang beranggotakan para alumni Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) mengadakan pelantikan Dewan Pengurus Pusat (DPP) PCMI periode kerja tahun 2015-­‐2018. Kepengurusan tersebut terdiri dari 15 orang, yang masing-­‐masing berasal dari PPAN antara Indonesia dengan masing-­‐masing negara antara lain Kanada, Australia, negara-­‐negara Asean dan Jepang, Malaysia, Singapore, China, India, dan Korea Selatan. Kepengurusan ini merupakan periode ke-­‐8, sejak dibentuknya PCMI pada tahun 1976. Pelantikan dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 November 2015, di function hall CX Pro Learning di Jl. Tebet Barat Dalam VII, Jakarta Selatan.

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh pengurus PCMI terpilih, pendiri dan mantan pengurus PCMI periode-­‐periode sebelumnya, dan perwakilan DPD dari beberapa provinsi.

Dalam sambutannya, Ketua PCMI 2015-­‐2018 Fachry Singka, mengatakan bahwa harapan kepengurusan ke depan adalah untuk memperkuat peran DPP PCMI sebagai wadah komunikasi utama alumni PPAN, dan sebagai media penghubung antar seluruh Dewan Pengurus Daerah (DPD) PCMI dari seluruh Indonesia, Kementerian/Lembaga, dan pemangku kepentingan terkait. Adapun program kerja selama 3 tahun ke depan mencakup antara lain: pemutakhiran database alumni PPAN di seluruh Indonesia, mendukung instansi pemerintah terkait pelaksanakan program-­‐program kepemudaan dan pertukaran pemuda, penguatan kapasitas lembaga, dan sharing of knowledge antar anggota PCMI.

Senada dengan sambutan Singka, mewakili Dewan Pembina PCMI, Lawrence Siburian, menyampaikan bahwa ada banyak alumni PPAN yang terbukti sudah berhasil di bidang mereka masing-­‐masing. Hal tersebut tidak lepas dari terbukanya peluang untuk mengembangkan diri dan jaringan kerjasama yang diperoleh alumni saat, dan setelah mengikuti program PPAN. Karenanya diharapkan ke depan kepengurusan PCMI yang baru akan lebih memaksimalkan fungsi komunikasi demi memperkuat kerjasama antar alumni untuk melakukan program-­‐program pembangunan masyarakat yang bermanfaat.

Serangkaian dengan acara pelantikan, DPP PCMI juga turut memberikan apresiasi kepada DPD PCMI Riau dan DPD PCMI Sulawesi Tenggara. Apresiasi tersebut diberikan untuk program “Melawan Asap” yang telah dilakukan di Provinsi Riau selama + 5 (lima) bulan terakhir.

Acara diakhiri dengan pembacaan doa, foto bersama, dan silaturahmi lintas program dan angkatan PPAN.(WAW)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *