CSR Indonesia

Tebar Peduli, Bangun Citra

CSR Kesehatan

Astra Internasional mendirikan koperasi Eks Kusta

Jawa Timur, CSR Indonesia – Bagi Ratna Indah Kurniawati, kehidupan para penderita kusta harus berlanjut sekali pun mereka memiliki keterbatasan fisik. Hal itu mendorong perawat di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Grati, Pasuruan, Jawa Timur ini untuk senantiasa membantu mengembalikan motivasi hidup penderita Kusta dengan memberikan peluang usaha seperti berternak jangkerik serta usaha menjahit dan menyulam.

Ratna selalu mendata ulang penderita kusta di wilayah kerjanya yang mencakup sembilandesa sekaligus untuk mengetahui status terbaru penyakit mereka. Selain fokus pada para eks penderita kusta, Ratna juga menghimpun kelompok lain seperti penderita diabetes melitus.

Setelah menerima apresiasi SATU Indonesia Awards pada tahun 2011, dia melanjutkan kegiatan dengan penyuluhan ke berbagai kelompok tentang penyakit kusta dan membantu penemuan penderita baru. Ratnajuga membentuk koperasi untuk para eks penderita kusta untuk memasarkan hasil aneka keterampilan mereka.

Saat menerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2011 lalu, Ratna baru membina 25 orang penderita kusta. Namun sekarang, binaannya sudah bertambah menjadi 41 kelompok yang berasal dari beberapa kabupaten di provinsi Jawa Timur. Setiap kelompoknya terdiri dari 15 – 20 orang. (HAG)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *