Beranda Berita Kilas Nusantara Tahun Ini, DPU Optimis Impian Miliki Jalan Sepanjang 128 Km di Malinau

Tahun Ini, DPU Optimis Impian Miliki Jalan Sepanjang 128 Km di Malinau

1561
foto Istimewa

Malinau, CSR Indonesia– . Di tahun 2015 ini,  pembangunan beberapa link jalan sudah dikerjakan. Di antaranya, pembangunan jalan Pujungan-Long Ketaman dan Pujungan-Long Jelet. Kemudian, Long Alango-Long Berini hingga Apo Ping, Kecamatan Bahau Hulu. Lalu di Kecamatan Mentarang Hulu terdapat beberapa link jalan yang sudah dikerjakan, seperti Jempolan, Semamu-Long Sulit, Bangbia-Nansarang dan Punan Mirau hingga Long Pala.

Selain itu, terdapat kegiatan baru yang termasuk dalam dana APBD Provinsi dan APBN . Misalnya, pembangunan jalan Lebusan menuju Long Sule. “Ini sudah dilelang dan segera dikerjakan,” papar Kepala DPU Malinau Kristian Munet, Jumat (20/3). Terdapat kegiatan baru yang direncanakan, yaitu  pembangunan jalan dari Data Dian, Kecamatan Kayan Hilir menuju Kecamatan Pujungan sepanjang 128 kilometer (km). “Ini yang baru kami rencanakan. Belum diapa-apakan karena dana untuk itu besar, sampai triliunan rupiah,” ungkapnya.

Secara khusus di wilayah pedalaman-perbatasan adalah pembangunan jalan poros yang menghubungkan kecamatan dengan kecamatan lain atau desa dengan desa atau dengan kecamatan. Hampir seluruh kegiatan pembangunan jalan serta beberapa jembatan di pedalaman-perbatasan adalah kegiatan multi years.
Selain kegiatan yang didanai APBD, imbuhnya, terdapat kegiatan pem-bangunan jalan yang didanai APBD Provinsi dan APBN.(SEA)