LATEST ARTICLES

0

CSRINDONESIA – PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), tidak hanya menampilkan produk terbaiknya untuk berbagai kebutuhan bisnis dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017 (GIIAS). Hino turut serta memberikan promo spesial untuk pembelian unit Hino Dutro. Dimana promo ini berupa cicilan yang sangat terjangkau yakni mulai dari 900 ribu rupiah saja perbulan dengan syarat dan ketentuan berlaku. Bagi pengunjung GIIAS dapat memanfaatkan momen ini untuk memperoleh unit Hino Dutro dengan pilihan 4 roda, maupun 6 roda baik truk maupun micro bus untuk berbagai pilihan segmen bisnis. Promo iniberlaku dalam gelaran GIIAS 2017 mulai dari tanggal 10 sampai dengan 20 agustus 2017. Selain cicilan ringan, HMSI juga memberikan program bunga murah untuk pembelian unit Hino Dutro. Kedua program ini diberikan spesial bagi pengunjung yang datang dan melakukan SPK di booth Hino yang terletak di Hall 3C.

Hino juga menyediakan leasing area di dalam booth untuk kemudahan transaksi pengunjung yang datang. Program penjualan Dutro ini didukung langsung oleh perusahaan pembiayaan seperti Hino Finance, Indomobil Finance, Mandiri Tunas Finance, Adira Finance dan Mitsui.

“Kami ingin memberikan kemudahan bagi pengusaha yang ingin menambah atau mengganti unit truk nya melalui program ini. Sehingga bisnis mereka dapat terus berjalan dan meraih keuntungan yang maksimal”. Ungkap Santiko Wardoyo, selaku Direktur Penjualan dan Promosi HMSI.

Promo Purna Jual

Selain penjualan, Hino turut juga memberikan penawaran spesial untuk suku cadang. Dimana Hino memberikan potongan harga hingga lebih dari 40% untuk beberapa item suku cadang seperti Motor Starter Assy, Bushing S/A Rubber dan Hub Bolt Kit front. Tidak hanya suku cadang, Hino juga menawarkan kontrakoverhaul dengan harga khusus ditambah gratis untuk general check up kendaraan Hino selama GIIAS 2017. Kontrak overhaul ini terdiri dari engine overhaul, transmission overhaul, dan differential overhaul. Tentunya semua pekerjaan ini ditangani oleh mekanik yang terlatih dari Hino serta menggunakan peralatan yang sudah sesuai dengan standar Hino Jepang, untuk itu customer tidak perlu khawatir akan kualitas dari layanan purna jual Hino.

0

0
DR. Poppy Ruliana Msi, Ketua LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Interstudi dengan Bambang Megawahyu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Litbang Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Purwakarta, pada Jum’at, (11/8/17) di kantor UPTD, Purwakarta.

Peningkatan Mutu dalam Komunikasi Bisnis dan Pemanfaatan Media sebagai Sarana Promosi di Plered-Purwakarta. 

CSR INDONESIA – Mengusung Tri Dharma Perguruan Tinggi harus dilaksanakan oleh semua Perguruan Tinggi sebagai bentuk dari keseriusan sistem pendidikan dan pengajaran, untuk profesionalieme dan kualitas yang lebih baik dan dapat dipertanggungjawabkan. Inilah juga yang dilakukan STIKOM-Interstudi untuk melakukan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di sebuah kota keramik bernama Plered di Purwakarta.

Kerjasama kedua belah pihak ini telah disepakatati bersama dan ditandatangai oleh DR. Poppy Ruliana Msi, Ketua LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Interstudi dengan  Bambang Megawahyu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Litbang Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Purwakarta, pada Jum’at, (11/8/17) di kantor UPTD, Purwakarta.

Dari kerjasama ini selain melakukan penelitian, Interstudi akan memberikan pelatihan-pelatihan komunikasi, marketing dan manajerial administrasi dan keuangan yang dibutuhkan bagi para pengrajin dan pebisnis keramik di Plered selama satu tahun. Mencermati rasa memiliki dan kepedulian generasi muda saat ini kurang tertarik untuk menekuni dunia keramik yang sudah turun temurun ini dari orangtua dan leluhur. Seperti yang diungkapan oleh Bambang Megawahyu, “Sangat diperlukan regenerasi  yang bisa mengangkat Plered sebagai penghasil keramik yang berkualitas dan mempertahankan untuk tetap eksis dan dikenal tidak hanya di negeri sendiri tapi juga mancanegara.”

Beberapa peserta workshop juga mengeluhkan banyak anak muda sekarang pergi ke kota mencari kerja padahal di desa sangat diperlukan tenaga dan pekerja untuk memproduksi keramik. Ada kemungkinan pada tahun ini permintaan keramik lesu dibanding tahun-tahun sebelumnya. Menurut mereka, China menjadi saingan utama dalam marketing dan pemasaran. Selain desain memegang peranan penting juga harga yang kalah bersaing dengan China dan  Vietnam. Sehingga buyer banyak memilih China untuk pemesanan produk. Perlu strategy bisnis yang jitu untuk mengembangkan produk selain kualitas produk yang harus di jaga dan dipertahankan.

Beberapa peserta workshop

Untuk itulah kehadiran STIKOM-Interstudi ini diharapkan dapat memberikan masukan baru bagi para produsen dan pelaku bisnis keramik ini. Sehingga dalam kesempatan ini pula DR. Poppy Ruliana memberikan beberapa tips untuk menggaet pembeli pada 25 peserta seminar dan workshop selama lima hari itu.

“Beberapa  hal yang harus diperhatian adalah jangan mudah terpancing emosi dan menunjukkan wajah tidak suka, misalnya  kepada pembeli yang cerewet atau banyak tanya sehingga kita melontarkan kalimat kejengkelen kita seperti, ‘tanya terus, beli nggak’. Komunikasi seperti ini  akan berdampak negatif yang dapat merugikan diri kita sendiri sebagai penjual. Karena pembeli tersinggung dengan getok ular saja menginformasikan kepada pembeli atau pelanggan lain dengan sebuah pesan ‘jangan membeli di sana ya, atau toko itu ya karena penjualnya tidak ramah.” tutur Poppy dengan lugas pada kesempatan menyampaikan materinya dengan judul Komunikasi Bisnis yang Efektif  untuk UKM Keramik Hias.

Keramik Plered

Pada kesempatan yang sama Dra. Susi Andrini MSi. Juga menyampaikan materinya dengan judul ‘Pemanfaatan Media dan medsos sebagai alat promosi produk keramik.’ Susi mengatakan, “Banyak cara yang bisa dilakukan untuk promosi di media,  baik media cetak, elektronik, online/ internet. Saat ini banyak orang sudah beralih ke media online dan media digital dengan lebih memanfaatkan media social (medsos) sebagai alat untuk berpromosi. Sehingga bukan menjadi alasan lagi untuk tidak belajar internet dan memanfatkan media baik cetak untuk berpromosi maupun media elektronik dan internet. Pemanfaatan media online ataupun  medsos seperti facebook, Instagram, grup Whatsap, twitter bahkan blog ataupun website juga sebagai ajang produksi yang efektif. Sudah era nya saat ini untuk belajar internet, oleh karenanya jangan kita menjadi gaptek-gagap teknologi sehingga ketinggalan informasi,” jelas Susi kepada para peserta seminar dan workshop.

Pada kegiatan workshop para pemula diajarkan dari awal sampai jadi bagaimana membuat keramik sehingga mendapatkan bentuk yang cantik dan elegan. Kegiatan itu diajarkan oleh para senior yang sudah berpengalaman. Selain itu seluruh peserta sangat antusias dalam menerima materi pembelajaran yang disampaikan oleh STIKOM- Interstudi.

“Sehingga ke depannya, kedua belah pihak berharap, kerjasama ini akan menjadikan  Plered sebagai  kota keramik yang lebih baik tidak hanya dari segi kualitas dan desain saja, namun juga  produksi serta dapat memanfaatkan media yang efektif dalam peningkatan mutu yang mencakup sumber daya manusia nya baik  dalam berkomunikasi maupun berpromosi yang efektif,” pungkasnya. Ussie/CSRI

0
Bebaskan Angan, Kejar Cita-cita Setinggi Bintang – Sinarmas MSIG Life mengundang 104 anak-anak kurang beruntung yang tergabung dalam Yayasan Bina Anak Pertiwi untuk bermain dan belajar di KidZania, Mal Pacific Place, Jakarta pada tanggal 7 Agustus 2017 sebagai bagian dari kegiatan CSR #SMiLeWithMe. Kegiatan ini bertujuan memfasilitasi anak-anak untuk mencoba dan mengenal aneka profesi melalui beragam permainan edukatif. Selain itu, Sinarmas MSIG Life juga melengkapi kegiatan dengan storytelling yang menghadirkan pendongeng, Kak Ojan yang jenaka. Melalui kisah yang disampaikan, diharapkan dapat menginspirasi anak-anak agar selalu optimis dan bersemangat juang tinggi demi meraih cita-cita yang mereka impikan.

Perkenalkan ragam pekerjaan sebagai pembuka wawasan  serta serahkan bantuan peralatan sekolah dan pelatihan desain grafis kepada Rumah Singgah Bina Anak Pertiwi.

CSRINDONESIA – Mempertegas komitmen sosial perusahaan di bawah aktivitas kemasyarakatan berkelanjutan bertajuk #SMiLeWithMe, perusahaan asuransi jiwa terkemuka Indonesia, Sinarmas MSIG Life, hari ini menggelar kegiatan inspiratif di arena bermain KidZania yang melibatkan 104 anak kurang beruntung dari wilayah Jakarta dan sekitarnya. Mengusung tema “Bebaskan Angan, Kejar Cita-cita Setinggi Bintang”, anak-anak usia 5 – 12 tahun diperkenalkan dengan ragam profesi yang bisa menjadi pilihan mereka kelak demi meraih masa depan yang lebih baik. Bekerja sama dengan Rumah Singgah Bina Anak Pertiwi (RSBAP) – yang menaungi anak-anak tersebut, inisiasi juga diselenggarakan dalam menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 pada 17 Agustus mendatang.

“Sebagai perusahaan asuransi jiwa, Sinarmas MSIG Life selalu berupaya membantu masyarakat mewujudkan masa depan yang lebih terjamin lewat inovasi produk serta layanan. Melalui payung tanggung jawab sosial perusahaan #SMiLeWithMe, nilai tersebut kami terjemahkan menjadi rangkaian kontribusi positif kepada masyarakat, termasuk anak-anak. Kali ini, juga sejalan dengan semangat kemerdekaan, Sinarmas MSIG Life melalui kegiatan inspiratif ‘Bebaskan Angan, Kejar Cita-cita Setinggi Bintang’ mendorong anak-anak yang kurang beruntung untuk membebaskan diri dari keterbatasan dan membuka wawasan tentang berbagai kesempatan besar lain guna menggapai mimpi mereka,” papar Ruth Nainggolan selaku General Manager, Head of Marketing, Business Development & Strategy Sinarmas MSIG Life.

Selain memfasilitasi anak-anak untuk mencoba aneka profesi melalui beragam permainan edukatif di KidZania, Sinarmas MSIG Life juga melengkapi kegiatan dengan storytelling yang menghadirkan pendongeng, Kak Ojan. Lewat penuturan jenaka sekaligus menyentuh, kisah yang disampaikan menguatkan pesan agar anak-anak agar selalu optimis, percaya diri, dan bersemangat juang tinggi demi meraih cita-cita yang diimpikan. Dukungan Sinarmas MSIG Life terhadap pelayanan pendidikan keterampilan kepada anak-anak Rumah Singgah Bina Anak Pertiwi diteguhkan dengan pemberian ratusan paket peralatan sekolah serta penyediaan fasilitas untuk mendukung pelatihan desain grafis berupa sejumlah unit laptop dan printer.

Berdiri sejak 1998 atas rintisan sekelompok aktivis mahasiswa, Rumah Singgah Bina Anak Pertiwi saat ini menempati sebuah bangunan tiga lantai seluas 82 meter persegi, dan telah memberikan pendampingan/pembinaan kepada lebih dari 500 anak yang kurang beruntung di wilayah Jakarta. Program yang diberikan kepada anak-anak di RSBAP meliputi pendidikan kesetaraan Kejar Paket A, B dan C; program orang tua asuh, pembinaan keagamaan, pendidikan keterampilan, konsultasi dan pendampingan anak jalanan, hingga pelatihan usaha ekonomi produktif.

Menyambut prakarsa Sinarmas MSIG Life, Ali Santoso, Pimpinan Rumah Singgah Bina Anak Pertiwi mengatakan, “Kami sangat mengapresiasi bantuan Sinarmas MSIG Life melalui komitmen sosialnya, #SMiLeWithMe. Kegiatan inspiratif ‘Bebaskan Angan, Kejar Cita-cita Setinggi Bintang’ ini sangat dekat dengan semangat kami untuk mengembangkan sikap mental positif anak-anak, menggali dan memberdayakan potensi mereka, serta memberikan gambaran masa depan yang lebih berkualitas. Bagi anak-anak binaan kami, kepedulian ini menjadi bukti bahwa mereka tidak sendiri menjalani kehidupan. Sebaliknya, banyak pihak yang bersedia membagikan limpahan kasih kepada mereka. Terima kasih kepada Sinarmas MSIG Life untuk terus berbagi kebahagiaan bersama kami.”

Tak hanya itu, Sinarmas MSIG Life juga melibatkan karyawan untuk terlibat langsung menjadi pendamping anak-anak RSBAP selama beraktivitas di KidZania. Kepada para pengurus RSBAP, perusahaan juga mempersembahkan Personal Accident Sinarmas MSIG Life (PAS) sebagai proteksi jiwa dengan nilai pertanggungan hingga 100 juta rupiah. |ATA/CSRI

 

0

CSRINDONESIA – Hitachi Data Systems (HDS), anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Hitachi, Ltd. (TSE:6501), hari ini mengumumkan telah diposisikan dalam Leaders Quadrant Magic Quadrant for Solid-State Arrays bulan Juli 2017 oleh Gartner, Inc., sebuah firma riset global terkemuka. Hitachi percaya pertumbuhan dan penyempurnaannya yang signifikan terhadap rangkaian seri F produk Hitachi Virtual Storage Platform (VSP) membuat perbaikan posisi dalam perusahaan, mengalihkannya dari Challengers Quadrant menjadi Leaders Quadrant.

Menurut Gartner: “Vendor dalam Leaders Quadrant memiliki nilai tertinggi untuk Kemampuan Mengeksekusi dan Melengkapi Visi. Vendor di Leaders Quadrant memiliki kemampuan pangsa pasar, kredibilitas, dan pemasaran dan penjualan yang diperlukan untuk mendorong penerimaan teknologi baru. Vendor-vendor ini menunjukkan kejelasan pemahaman tentang kebutuhan pasar; mereka adalah inovator dan pemimpin yang penuh pemikiran; dan mereka memiliki rencana yang terkomunikasikan  dengan baik sehingga pelanggan dan prospeknya bisa menggunakannya saat merancang infrastruktur penyimpanan dan strategi mereka.  Selain itu, mereka memiliki kehadiran di keempat wilayah geografis utama, kinerja keuangan yang konsisten, dan dukungan platform yang luas.”

Invenstasi berkelanjutan Hitachi dalam pengembangan flash software dan teknologi perangkat kerasnya telah menghasilkan sampainya penawaran konten penyimpanan perusahaan unggulan untuk pelanggannya, didukung oleh paten yang paling terkait dengan flash di industri ini. Hitachi VSP F1500, yang pertama kali memulai debutnya pada Oktober 2016, awalnya dirancang khusus untuk bisnis dengan persyaratan pengelolaan data berskala besar-termasuk mainframe. Hitachi VSP F1500 ini menyediakan cloud tiering yang mulus, perangkat lunak analisis terpadu, dan jaminan 100% ketersediaan data yang unik.  Semua model VSP F series disempurnakan dengan harga layanan flat, penggantian media yang berkelanjutan, dan kontrol kualitas layanan (QoS) untuk memberikan kinerja yang konsisten dari waktu ke waktu. Bagi pelanggan di industri yang sangat diatur atau di mana keamanan data sangat penting, VSP F series sesuai dengan layanan pemberantasan data yang aman dan memenuhi standar pengendalian keamanan data  dari National Institute of Standards and Technology (NIST)

“Hitachi bangga membawa terobosan terus-menerus ke pasar yang membantu pelanggan kami untuk menjadi sekompetitif mungkin di era digital,” kata Ryuichi Otsuki, CEO dari Hitachi Data Systems. “Kami senang bisa diakui sebagai pemimpin dalam solid-state array industry dan kami akan terus menantang standar industri, sambil memposisikan pelanggan kami menuju kesuksesan.” |ATA/CSRI

0
 Pemailitan Nyonya Meneer

OLEH: JAYA SUPRANA

TERBERITAKAN bahwa Pengadilan Negeri Semarang menyatakan PT Nyonya Meneer pailit. Produsen jamu itu digugat pailit oleh PT Nata Meridian Investara. PT Nyonya Meneer dinyatakan memiliki kredit macet sebesar Rp 89 miliar.

Vonis

PT Nyonya Meneer selama persidangan berlangsung terbukti tidak sanggup membayar utang. Akhirnya, majelis hakim PN Semarang yang diketuai hakim Nani Indrawati menyatakan PT Nyonya Meneer pailit.

“Menyatakan batal perdamaian yang disahkan oleh Majelis Hakim Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Semarang yang dituangkan dalam Putusan Pengesahan Perdamaian Nomor: 01/Pdt.Sus-PKPU/2015/PN.Niaga.Smg., tanggal 01 Juni 2015. Menyatakan termohon pailit dengan segala akibat hukumnya,” kata hakim Nani dalam amar putusannya yang dibacakan Kamis 3 Agustus 2017.

Setelah itu, majelis hakim menunjuk hakim pengawas untuk mengawal proses kepailitan PT Nyonya Meneer. Kurator yang ditunjuk akan segera menilai aset yang dimiliki PT Nyonya Meneer untuk dijual.

Pailit

Sebagai seorang pengusaha jamu yang sedang berupaya memperjuangkan jamu agar dihormati dan dihargai sebagai mahakarya kebudayaan kesehatan Nusantara, jelas bahwa berita pemailitan sebuah perusahaan jamu merupakan suatu pukulan sangat memprihatinkan.

Pailit dimaknakan secara negatif oleh Kamus Hukum Black’s sebagai istilah yang digunakan untuk seorang pedagang yang bersembunyi atau melakukan tindakan tertentu yang cenderung mengelabuhi pihak kreditornya. Sementara pada Pasal 1 butir 1 undang-undang kepailitan, ditegaskan bahwa kepailitan adalah sita umum atas semua kekayaan debitor pailit yang pengurusan dan pemberesannya dilakukan oleh kurator di bawah pengawasan hakim pengawas. Pasal 1 butir 4, debitor pailit adalah debitor yang dinyatakan pailit dengan keputusan pengadilan.

Sejarah perundang-undangan kepailitan di Indonesia telah dimulai hampir 100 tahun yang lalu sejak 1906, sejak berlakunya “Verordening op het Faillissment en Surceance van Betaling voor de European in Indonesia” sebagaimana dimuat dalam Staatblads 1905 No. 217 jo. Staadblads 1906 No. 348 Fallissementverordening.

Pada tanggal 20 April 1998, pemerintah telah menetapkan Peraturan Perundangan Pemerintah Pengganti UU No. 1 tahun 1998 tentang perubahan atas UU tentang Kepailitan yang kemudian disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat menjadi UU No. 4 Tahun 1998 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah No. 1 Tahun 1998 tentang perubahan atas UU tentang Kepailitan tanggal 9 September 1998 .

Pembelajaran

Pimpinan PT Nyonya Meneer, Charles Saerang menyatakan kepada saya bahwa beliau segera memproses naik banding ke Mahkamah Agung dalam menghadapi keputusan majelis hakim PN Semarang. Setelah mempelajari UU Kepailitan yang berlaku di Indonesia, maka saya dapat mengambil kesimpulan bahwa pada hakikatnya tujuan UU Kepailitan melindungi kepentingan para pemberi hutang dari keengganan para penerima hutang melunaskan hutang. Namun di sisi lain selalu ada celah-celah dalam hukum yang dapat disalahgunakan oleh pihak-pihak yang memiliki kepentingan tertentu yang belum tentu konstruktif dalam makna keadilan.

Sebagai sesama pengusaha jamu, saya mengharapkan PT Nyonya Meneer di bawah pimpinan Charles Saerang segera dapat membebaskan diri dari kemelut musibah yang sedang dihadapi. Di sisi lain, falsafah Ojo Dumeh menyadarkan bahwa musibah senantiasa dapat terjadi kapan saja bagi siapa saja.

Pada hakikatnya, kasus pemailitan PT Nyonya Meneer merupakan suatu bentuk pembelajaran bagi dunia usaha (bukan hanya jamu namun bagi semua jenis usaha bahkan termasuk pemerintah dalam menghadapi IMF dan para pemberi hutang) untuk lebih memperhatikan permasalahan terkait utang-piutang yang memang merupakan bagian hakiki dari kehidupan bisnis yang memang sarat kemelut deru campur debu berpercik keringat, air mata dan darah. [*]

Penulis adalah Presiden Komisaris Jamu Jago

0

CSRINDONESIA — Setelah sukses dalam programnya, “Kampung Terang Hemat Energi” di desa Romang Tongaya,  Makasar, maka Philip Lighting Indonesia akan merambah ke desa lainnya di Indonesia.  Sebanyak 25 desa terpencil di Sumatera Utara,  Bali Timur,  Kalimantan Tengah dan Maluku, akan segera menikmati manfaat pencahayaan untuk mendukung aktivitas mereka, terutama setalah hari gelap.

Memang sudah sepatutnya Philip lighting yang telah merevolusi pencahayaan selama lebih dari 125 tahun dengan mengutamakan pelanggan sebagai pusat dari setiap inovasinya dan meningkatkan kehidupan masyarakat  serta membantu mengentaskan kemiskinan di bidang penerangan,  terutama di desa desa terpencil yang sulit dijangkau kendaraan untuk memberikan kontribusinya pada masyarakat dan lingkungan sekitar.

“Kami sangat senang dapat menolong lebih banyak lagi masyarakat dengan menjembatani kesenjangan pencahayaan antara kota dan wilayah pedesaan melalui program, ‘Kampung Terang Hemat Energi,” ujar  Rami Hajjar,  Country Leader  Philip Lighting Indonesia di Jakarta (2/11/17)

Rami juga menjelaskan, pencahayaan akan membantu meningkatkan kehidupan masyarakat, memampukan kegiatan sehari-hari seperti belajar atau pekerjaan rumah tangga lainnya bahkan setelah matahari mulai tenggelam.  Puskesmas dapat beroperasi dengan layak dalam keadaan darurat di malam hari dan mobilitas masyarakat serta barang tidak lagi terbatas hanya pada siang hari.

Untuk menjalankan programnya ini Philip menggandeng  Kopernik sejakbtahun 2015, sebuah LSM yang bergerak di bidang tekhnologi. Di tahun itu Philips Lighting secara global menyerukan ajakan untuk mengakhiri kemiskinan cahaya dalam rangka Tahun Cahaya Internasional PBB (UN’s International Year of Light–IYOL

Untuk Indonesia, Philips Lighting juga berkontribusi,  “Kami menerapkan komitmen global perusahaan untuk menciptakan kehidupan yang lebih terang untuk dunia yang lebih baik,  termasuk di dalamnya kehidupan masyarakat di desa-desa terpencil di seluruh negeri.” Tandas Rami.  | SUN

0

Pendaftar Naik 28,05 Persen, SATU Indonesia Awards 2017 Masih Dibuka sampai 10 Agustus 2017

CSRINDONESIA – Jumlah pendaftar SATU Indonesia Awards 2017 hingga 31 Juli 2017 telah mencapai 2.589 pendaftar, atau naik 28,05% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 2.022 pendaftar. Angka ini diharapkan terus bertambah menjelang penutupan SATU Indonesia Awards 2017 pada tanggal 10 Agustus 2017.

SATU Indonesia Awards 2017

SATU Indonesia Awards merupakan program tahunan PT Astra International Tbk untuk mencari sosok anak muda di seluruh penjuru Tanah Air yang memiliki program pemberdayaan masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya. Program yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ini dilaksanakan sejak tahun 2010 dan telah menghasilkan 39 penerima apresiasi yang dinilai telah memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitarnya di bidang Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan, Kesehatan, Teknologi dan Kelompok.

Memasuki tahun pelaksanaan ke-8, SATU Indonesia Awards 2017 yang dibuka sejak 20 Maret 2017 masih menerima pendaftaran bagi para pemuda bangsa hingga 10 Agustus 2017. Dalam rangka memperingati HUT ke-60, Astra juga akan memberikan bantuan dana pengembangan masyarakat sebesar masing-masing Rp60 juta untuk penerima apresiasi tingkat nasional, bertambah dari Rp55 juta tahun 2016.

Selain itu, penerima apresiasi juga akan mendapatkan pembinaan kegiatan dari Astra. Mereka yang terpilih menjadi penerima SATU Indonesia Awards adalah yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Berusia maksimal 35 tahun.
  • Individu atau kelompok dengan jumlah anggota minimal 3 orang.
  • Memiliki kegiatan yang orisinal.
  • Penggiat/kegiatannya telah berlangsung minimal 1 tahun.
  • Belum pernah menerima penghargaan nasional/internasional.
  • Bukan karyawan Grup Astra dan Tempo Media Group.
  • Dapat mendaftarkan orang lain yang memenuhi persyaratan dan ketentuan mengikuti SATU Indonesia Awards 2017.

Kegiatan yang dapat didaftarkan dalam program ini adalah program yang dapat membantu dan mengusahakan orang lain agar bisa menjadi mandiri, dengan memberikan solusi, cara atau alat, bukan sekadar memberikan sumbangan atau donasi yang berdampak sementara. Juga dapat berupa pelatihan keterampilan sekelompok orang, komunitas atau masyarakat yang kurang beruntung, sehingga mereka punya keahlian dan dapat hidup mandiri.

Kegiatan-kegiatan yang membawa perubahan tersebut akan dinilai berdasarkan parameter berikut:

  • Motif: Ide awal, jenis kegiatan, tujuan/motivasi/sasaran, bidang prestasi, usaha untuk mewujudkan dan pihak-pihak yang bekerjasama dan lembaga pendanaan.
  • Hasil: Kegiatan dan hasil yang telah diciptakan.
  • Jangkauan: Jumlah dan dampak pada orang atau sistem yang telah dibangun melalui program-program yang telah dilakukan.
  • Kesinambungan: Menilai komitmen untuk melanjutkan kegiatan.

Dewan juri SATU Indonesia Awards 2017 terdiri dari Prof. Emil Salim, Prof. Nila Moeloek (Menteri Kesehatan Republik Indonesia), Prof. Fasli Jalal (Wakil Menteri Pendidikan Nasional RI periode 2010-2012 dan Guru Besar Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta), Ir. Tri Mumpuni (Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan) dan Onno W. Purbo Ph.D. (Pakar Teknologi Informasi).

Seluruh masyarakat Indonesia yang mengetahui keberadaan dari para pemuda yang memiliki kriteria di atas dapat ikut terlibat dengan merekomendasikan dan mendaftarkan calon peserta. Berbagai program lain yang bisa diikuti adalah Sebar SATU Indonesia dan voting pemenang favorit.

SATU Indonesia merupakan langkah nyata dari Grup Astra untuk berperan aktif serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Pada prinsipnya di mana pun instalasi Astra berada, harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma, yaitu “Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara”.

| CSRI/RE