Home CSR CSR Lingkungan Peduli Lingkungan, PT. ABB Kurangi Sampah Plastik dan Lestarikan Buah...

Peduli Lingkungan, PT. ABB Kurangi Sampah Plastik dan Lestarikan Buah Langka Nusantara

3876
0
Mohamad Sopan mewakili EHS Coordinator Division PT. Asmin Bara Bronang (ABB) menanam bibit pohon buah (langka) Nusantara di halaman kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalteng, kemarin. 9/7/18 (Ist)

CSRINDONESIA – PALANGKA RAYA, Turut meramaikan perayaaan hari Lingkungan Hidup Sedunia, sebagai salah satu bukti komitmen perusahaan dalam mewujudkan pilar CSR kepedulian kepada bumi, PT. Asmin Bara Bronang (ABB) mendukung pergelaran Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-dunia yang digelar di halaman kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalteng.

Momen ini dianggap penting karena berfungsi untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kelestarian lingkungan dalam kehidupan.

Mewakili EHS Coordinator Co Division PT. ABB,  Mohamad Sopan, menyatakan, “Kegiatan seperti Ini agenda tahunan dari kita (red; PT.ABB), sebagai salah satu pemegang izin usaha pertambangan batubara di Kalteng dengan wilayah kerja yang sudah beroperasi saat ini berada di Kabupaten Kapuas.”

Sesuai dengan tema yang diangkat pada Hari Lingkungan Hidup se-Dunia kali ini yaitu “Kendalikan Penggunaan Sampah Plastik”, PT ABB sebagai perusahaan yang bergerak pada sektor pertambangan batubara ini telah berupaya mewujudkannya dengan melakukan penggantian sebagian proses pengemasan plastik pada katering makanan, dirubah melalui sajian prasmanan.

Mereka juga juga berupaya agar pemakaian kemasan oli dari plastik bisa digunakan secara berulang-ulang sampai betul-betul rusak maka baru diganti. Diharapkan hal tersebut mampu menjadi salah satu upaya nyata yang bisa dilakukan dalam mengurangi penggunaan plastik tersebut.

Menurut Mohamad Sopan, sebagai anak perusahaan dari PT. Pama Persada Nusantara, yang bergerak di sektor pertambangan tersebut, pihaknya juga mengemban misi untuk ikut menjaga lingkungan agar tetap hijau serta melakukan konservasi secara maksimal.

Oleh karena itu, tidak hanya berkomitmen untuk mereklamasi lahan setelah kegiatan penambangan, di bidang konservasi pada kesempatan perhelatan acara tahunan tersebut mereka juga bekerjasama dengan BLHD Provinsi KALTENG untuk ikut berkontribusi dengan mendistribusikan bibit tanaman buah langka nusantara.

Kegiatan ini sejalan dengan Program PRANARAKSA dari PT Astra Internasional sebagai induk perusahaan dari PT ABB yang sudah diluncurkan sejak beberapa bulan lalu yaitu program konservasi buah langka nusantara.

Bersama program yang digulirkan tersebut, ke depannya diharapkan agar keikutsertaan pihaknya dalam konservasi tananaman buah langka nusantara dan kegiatan penghijauan dapat terus berkelanjutan untuk menjaga agar bumi dan alam tetap lestari.

“Kita berharap agar kesadaran menjaga keanekagamana buah langka nusantara ini dapat terus dilakukan sehingga kelak bisa menjadi alternatif dalam memenuhi kebutuhan buah di samping buah impor yang banyak dijajakan, serta untuk menghindari kepunahan tanaman buah langka nusantara yang merupakan kekayaan keanekaragaman hayati nusantara,” papar Mohamad Sopan.

Menanggapi kiprah tersebut, Kepala DLH Kalteng Fahrizal Fitri dalam sambutannya mengatakan, dengan tema tahun ini “Kendalikan Sampah Plastik” harapannya untuk mengurangi penggunaan plastik, dan melakukan kegiatan daur ulang atau Reduce, Reuse, Reycle (3R).

Sebagai rangkaian kegiatan yang digelar dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup se-dunia tahun 2018 ini diantaranya akan dilaksanakan secara simbolis penanaman bibit buah di sekitar area kantor DLH Provinsi Kalteng dan diikuti dari berbagai unsur terkait termasuk dari PT. ABB. | CSRI/WAW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.