Home CSR CSR Pendidikan Memberdayakan Pusat Pelatihan Karyawan Sebagai Creating Share Value Bagi Masyarakat

Memberdayakan Pusat Pelatihan Karyawan Sebagai Creating Share Value Bagi Masyarakat

5798
1

CSRINDONESIA – INDRAMAYU, Tidak kurang dari 50 orang pemuda yang berasal dari empat desa sekitar wilayah Mundu – Karangampel – Kab. Indramayu nampak dengan semangat siap menerima pelatihan kemandirian yang diselenggarakan Pertamina Drilling Service (PDSI). Program tersebut dirancang dengan konsep untuk membentuk pemuda putus sekolah dan tidak memiliki pekerjaan mampu berkreasi mandiri dengan bekal keterampilan. Karenanya, sebelum masuk ke materi utama, pelatihan keterampilan tersebut diawali dengan penyajian motivasi guna menanamkan mindset kewirausahaan sebagai bekal kemandirian kepada para peserta.

Selain terbagi dalam dua jenis pelatihan keterampilan yaitu pengelasan dan perbaikan AC, dalam kegiatan ini peserta juga dibagi dalam kelompok-kelompok. Nantinya di setiap kelompok akan diberikan bantuan peralatan modal kerja yang dapat membantu peserta dalam melakukan uji praktek dan usaha seusai mengikuti pelatihan.

Pada pembukaan program pelatihan tersebut, Public Relation Ast. Manager PDSI,  Budhi Kristianto menyampaikan bahwa dari program ini diharapkan akan dapat menghasilkan tenaga-tenaga muda terampil yang siap masuk ke dunia kerja, sehingga hasilnya diharapkan mampu memasok tiga poros kebutuhan yang mungkin membutuhkan,  yaitu PDSI sendiri, perusahaan lain serta membuka usaha sendiri.

“Untuk itu pendampingan juga kami lakukan selama dua bulan, sehingga bila ada hal-hal yang memerlukan konsultasi teknis maupun non teknis masih tetap dapat dilakukan,” ujarnya lebih lanjut.

Program yang digagas PDSI ini adalah dengan memanfaatkan ketersediaan pusat pelatihan karyawan yang disebut Drilling Training Center yang terletak di Mundu – Karangampel – Jawa Barat. Selain sebagai tempat pelaksanaan program-program CSR, DTC ini juga telah melakukan kerjasama pelatihan dengan berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta, serta lembaga-lembaga pendidikan lainnya.

Sarana dan prasarana yang representatif dan didukung oleh tenaga-tenaga terampil pekerja PDSI siap membantu Perusahaan mendorong Creating Share Value (CSV) dengan melakukan berbagai kegiatan memberdayakan masyarakat sekitar dengan tambahan keterampilan guna peningkatan ekonomi masyarakat lokal. Tujuan utamanya membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui keterampilan tidak hanya memudahkan perusahaan bila membutuhkan tenaga terampil, namun juga membantu Pemerintah dalam menciptakaan lapangan kerja sekaligus turut menurunkan angka pengangguran masyarakat usia produktif.|CSRI/WAW

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.