Home Berita KUNCI SUKSES RIZAL BAWAZIER: “CINTAILAH PEKERJAANMU SEPENUH HATI”

KUNCI SUKSES RIZAL BAWAZIER: “CINTAILAH PEKERJAANMU SEPENUH HATI”

1340
0
SHARE

CSRINDONESIA –  “ Love is loving things That sometimes you don’t like —Cinta adalah mencintai hal-hal yang kadang-kadang kamu tidak suka.

Itulah yang dikatakan Peter Betts, seorang Bhiksu Budha kelahiran Inggris yang mengganti namanya menjadi Ajahn Brahn. Terkadang kita suka dihadapkan pada persoalan yang tidak kita sukai tapi kita malah berkecimpung dalam lingkaran itu. Bisa dibilang sudah ‘kadung nyemplung’ dan mau tak mau harus dijalani.

Ya, itulah yang disebut dengan proses. Belajar mencintai adalah proses. Termasuk belajar mencintai pekerjaan kita sendiri.

Filosofos Inilah yang selalu tertanam dalam diri seorang, Rizal Bawazier. Meski namanya tidak sepopuler Superman dan Batman di dunia perfilman ataupun Bill Gates, penemu Microsoft, tapi semangat dan kecintaan serta kesetiaannya pada dunia perpajakan sudah menyatu dalam dirinya.

Putra seorang pengusaha furniture yang lahir di Jakarta, 7 September 1971 itu, telah memiliki 24 tahun pengalaman sebagai Konsultan dan Praktisi Pajak. Lebih dari 10 tahun pengalamannya berkiprah di kantor konsultan pajak yang menempati 4 (empat) besar di Indonesia.  Terakhir Rizal bekerja di Konsultan Internasional Ernst & Young dan PricewaterhouseCoopers. (September 1996 – Januari 1998).

Padahal keinginan awalnya, ia ingin menjadi seorang arsitek dan tak pernah sedikitpun terlintas dalam dirinya menjadi advisor pajak. Apalagi kakek dan silsilah keluarganya tidak suka dan tak ada ketertarikan pada dunia perpajakan. Pajak seolah menjadi momok pada saat itu dan patut untuk dihindari.

“Dulu, mau masuk pajak diomelin ortu, saya memang tidak berminat ke pajak dan lulus saat penerimaan mahasiswa baru, saya keterima di Universitas Sriwijaya, teknik sipil, Palembang. Namun saya juga ikut test di Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN), sekolah bergengs dan favorite yang banyak orang ingin masuk di sana. Pada saat beli formulir, saya pinjem duit dari teman sebesar Rp.25.000,– . Alhasil tidak lulus,” ceritanya sambil tersenyum lebar pada kami yang sedang menyambangi kantornya.

Tidak hanya mendaftar di STAN ia juga mendaftar di Universitas Inmdonesia. Saat pergi ke Palembang yang diantar pamannya untuk daftar ulang di Universitas Sriwijaya, tiba-tiba ada pengumuman dari Universitas Indonesia kalau ia diterima di bagian perpajakan Universitas Indonesia.

“Waktu itu ada 3 loket pendaftaran, satu loket jurusan bank yang banyak diminati para laki dan perempuan. Kemudian ada loket untuk jurusan sekretaris dan berderet perempuan-perempuan cantik dan yang terakhir ada loket Perpajakan yang tampak lengang dan kurang peminat bahkan nyaris kosong. Dengan begitu, ada dua universitas yang harus di pilih antara Universitas Sriwijaya, Palembang, ataukah Universitas Indonesia, Jakarta. Karena ayah dan ibumya ingin anaknya dekat dengan ortu, akhirnya Rizal memulai kuliahnya di UI,” bebernya.

Meski buta pada awalnya, lambat laun ketika mulai dijalani perkuliahan, ternyata ia sangat menyukainya. Betulah kata pepatah tak kenal maka tak sayang. Menurutnya, ilmu perpajakan itu berkembang sesuai era dan sikonnya apalagi semua industri membutuhkannya.

Kini Rizal sudah memiliki Izin Praktek Konsultan Pajak dan Sertifikat Konsultan Pajak Brevet ‘C’. Dan Saat ini memiliki lebih dari 90 (sembilan puluh) Klien dari perusahaan multinasional maupun lokal, dengan jumlah 30 (tiga puluh) karyawannya Brand perusahaan yang dibangun dan dirintisnya bernama RB GROUP di Gedung Wirausaha Kuningan, Jakarta Selatan.

RB kepanjangan dari Rizal Bawazier Berkat keuletan, ketekunan dan jiwa pantang menyerah, Rizal mulai mengepakkan sayapnya merambah ke bisnis lainnya meski jasa konsultan pajak adalah yang utama di bawah naungan PT RB Prima Konsultan, yang kemudian berkembang beberapa PT lagi seperti; PT RB Sistem Komputerindo (di bidang IT), PT Prima Tiga Satu, PT RB Propertindo dan Investama, dan PT RBA Media Prima dan yang masih baru adalah perusahan Tour & Travel.

Ketiga bisnisnya ini dirangkum dalam satu web bernama tigasatu.com Jatuh bangun adalah hal yang biasa dan diperlukan jiwa besar serta konsistensi juga perhitungan yang matang untuk membangun bisnis. Membangun itu bukanlah hal yang mudah namun mempertahankan apa yang sudah dibangun memiliki ekstra kerja keras apalagi untuk mengembangkannya kearah yang lebih maju dan besar.

Meski perkembangannya sudah semakin mapan seorang yang patut untuk diteladani adalah jiwanya yang suka menolong dan rendah hati dan dekat pada semua karyawan dan kilennya sehingga mereka sangat nyaman bekerja bersamanya.

Diakhir pertemuan kami, Rizal berpesan, “Cintailah pekerjaanmu sepenuh hati dan bekerjalah sesuai dengan bidang dan minat yang kamu miliki,” tandasnya mengakhiri percakapan siang itu dengan jamuan nasi kebuli yang menggugah selera. |Ussie/CSRI

Tentang Rizal Bawazier

Lahir di Jakarta, 7 September 1971. Memiliki 24 tahun pengalaman sebagai Konsultan dan Praktisi Pajak. Pengalaman lebih dari 10 tahun di kantor konsultan 4 (empat) besar di Indonesia, terakhir di Konsultan Internasional Ernst & Young dan PricewaterhouseCoopers.

Memiliki Izin Praktek Konsultan Pajak dan Sertifikat Konsultan Pajak Brevet ‘C’. Saat ini memiliki lebih dari 90 (sembilan puluh) Klien dari perusahaan multinasional maupun lokal, dan 30 (tiga puluh) karyawan. Saat ini bertindak sebagai Pemilik RB Group (PT RB Prima Konsultan, PT RB Sistem Komputerindo, PT Prima Tiga Satu, PT RB Propertindo dan Investama, PT RBA Media Prima).

PENDIDIKAN FISIP

Universitas Indonesia, Jurusan Perpajakan.

PENGALAMAN KERJA

Pimpinan RB Group-Jakarta, Indonesia (1 Juli 2013 s.d. sekarang). Ø Tax Partner, Hasibuan Bawazier & Pramono (HB&P); Jakarta, Indonesia (Oktober 2003 s.d. Juni 2013). Tax Manager, PricewaterhouseCoopers (PwC); Jakarta, Indonesia (Februari 1998 s.d. September 2003).

Tax Assistant Manager, Ernst & Young (EY); Jakarta, Indonesia (September 1996 – Januari 1998).

Senior Associate, KAP Drs. Hadi Susanto & Co. (Price Waterhouse); Jakarta, Indonesia (Oktober 1993 – Agustus 1996).

RB GROUP Gedung Wirausaha Lantai 5, Jl HR Rasuna Said Kav C-5, Setiabudi Kuningan, Jakarta Selatan Telpon : 021-5213590 LOGO RB.jpgWebsite : www.rbgroup-jkt.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.