Home CSR CSR Lingkungan Memetakan Peluang Pemda pada Pelaksanaan NDC dalam Rangka Festival Iklim 2018

Memetakan Peluang Pemda pada Pelaksanaan NDC dalam Rangka Festival Iklim 2018

2580
0
SHARE
Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (Ditjen PPI) bekerja sama dengan dengan Global Green Growth Insitute (GGGI) mengadakan dialog publik tentang peran Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan NDC, dalam rangka Festival Iklim 2018 yang mengusung tema “Perspektif Daerah tentang Implementasi NDC: Perencanaan dan Implementasi”.

CSRINDONESIA – Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (Ditjen PPI) bekerja sama dengan dengan Global Green Growth Insitute (GGGI) mengadakan dialog publik tentang peran Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan NDC, dalam rangka Festival Iklim 2018 yang mengusung tema “Perspektif Daerah tentang Implementasi NDC: Perencanaan dan Implementasi”.

Diselenggarakan di Ruang Rimbawan I Gedung Manggala Wanabakti, acara ini dihadiri oleh KLHK, BAPPENAS, Kemendagri, Kementerian ESDM, perwakilan Pemerintah Daerah, LSM, dan juga pemangku kepentingan lainnya, terutama untuk mengidentifikasikan tantangan serta instrumen yang dibutuhkan untuk mengarustamakan NDC dan mendorong pembelajaran bersama antar daerah.

Acara ini merupakan kelanjutan rangkaian kegiatan sosialisasi maupun konsultasi dengan para pemangku kepentingan untuk membahas kemajuan, tantangan, dan langkah selanjutnya di tingkat nasional dan sub-nasional paska ratifikasi Perjanjian Paris melalui UU No. 16/2016 dan penyampaian NDC Indonesia kepada Sekretariat United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC).

“Pemerintah Daerah berperan untuk pencapaian target NDC nasional,” ujar Dr. Ir. Nur Masripatin, Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam pembukaannya.

Target unconditional dapat tercapai melalui penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) sebanyak 17.2% pada sektor kehutanan, 11% pada sektor energi, 0.32% pada sektor pertanian, 0.10% pada sektor industri, dan 0.38% pada sektor limbah.

“GGGI menyediakan dukungan teknis untuk Indonesia di tingkat nasional dan daerah dalam mewujudkan pencapaian target NDC Indonesia,” kata Marcell Silvius, Country Representative GGGI.

“Target NDC dipandang sebagai enabling environment bagi pengambangan investasi hijau di Indonesia. GGGI mendukung para pemangku kepentingan di Indonesia untuk mengembangkan proyek-proyek bankable, baik di sektor kehutanan, penggunaan lahan, serta energi terbarukan. Pada gilirannya, proyek seperti ini akan berkontribusi juga ke pengurangan emisi,” ujar Marcel.

Acara ini menjadi ajang diskusi pertama di tingkat nasional untuk mengidentifikasi upaya-upaya praktis yang bisa ditempuh Pemerintah Daerah untuk bisa merencanakan dan menjalankan NDC.| CSRI/WAW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.