Beranda CSR CSR Ekonomi Kampung Terang Hemat Energi, Philips Terangi 6 Dusun Terpencil di Sumut

Kampung Terang Hemat Energi, Philips Terangi 6 Dusun Terpencil di Sumut

7788
0
BERBAGI

CSRINDONESIA – Bukan isapan jempol,  enam dusun terpencil di Sumatera Utara kini sudah bisa menikmati listrik. Sebelumnya bila malam tiba gelap gulita merayap menyelimuti dusun-dusun itu karena sistem pencahayaan LED berbasis tenaga surya telah mengakhiri kemiskinan cahaya bagi sekitar 1.600 penduduk dusun di Medan Sumatera Utara (Sumut).

Philips Lighting (EURONEXT Amsterdam ticker: LIGHT), pemimpin global di bidang pencahayaan, mengumumkan rampungnya tahap pertama implementasi program “Kampung Terang Hemat Energi” 2017-2018 di Sumatera Utara. Philips Lighting Indonesia telah menciptakan 447 titik lampu baru untuk perumahan, fasilitas umum dan jalan desa, yang kini menerangi kehidupan sekitar 1.600 orang di Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Langkat.

Sebelumnya tempat yang dikatakan dusun itu tak pernah terjamah listrik sampai kedatangan tim Philips. Bukan hal yang mudah untuk melakukan pendekatan dan meyakinkan warga di sana kalau Philips benar-benar akan membantu mereka dalam kemiskinan penerangan dan kini telah merampungkannya untuk tahap pertama.

“Kami bangga bahwa program ‘Kampung Terang Hemat Energi’ ini telah berhasil mengganti penggunaan lampu minyak tanah dan lilin dengan sistem pencahayaan LED Philips yang berbasis tenaga surya. Kini, penduduk desa memiliki akses pada sumber pencahayaan berkelanjutan yang memungkinkan mereka untuk meneruskan aktivitas hingga malam hari,” ujar Rami Hajjar, Country Leader Philips Lighting Indonesia (PLI) (5/9/2017)  di Medan.

Dengan menggunakan sistem pencahayaan LED Philips berbasis tenaga surya, penduduk kini tidak lagi terpapar dengan resiko kerusakan mata dan masalah pernafasan yang diakibatkan oleh penggunaan lampu minyak tanah.

Philips Lighting memberikan sistem pencahayaan yang mencakup pencahayaan tenaga surya untuk rumah Philips LifeLight yang bersinar 10 kali lebih terang dibandingkan dengan lampu minyak tanah, lampu jalan LED yang terintegrasi dengan panel surya untuk menerangi jalan desa, serta Solar Indoor Sistem yang dapat dipasang di rumah dan fasilitas umum.

Rami juga mengatakan bahwa Philips Lighting percaya kalau pencahayaan dapat menginspirasi dan meningkatkan kehidupan masyarakat. sekarang warga dusun terpencil  bisa menikmati penerangan yang akan menerangi gelapnya malam sesuai slogan “Philip terang terus terang.Philip. |sun/csri

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here