Beranda Berita Mifa Bersaudara Berinteraksi dengan Kearifan Lokal

Mifa Bersaudara Berinteraksi dengan Kearifan Lokal

608
0
BERBAGI

CSRIND0NESIA – Tanggung Jawab Sosial Perusahaan adalah membangun sebuah berkomitmen untuk masyarakat sekitarnya. Hal ini dilakukan terus-menerus dan bertindak sesuai etika dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi berkelanjutan serta meningkatkan kualitas hidup pegawai dan keluarganya, komunitas lokal dan masyarakat melalui kegiatan pemberdayaan dan pengembangan masyarakat.

Hal ini diwujudkan PT Mifa Bersaudara dengan melaksanakan berbagai program yang diarahkan guna mencapai kondisi dan kualitas kehidupan sosial dan ekonomi yang lebih baik.

Mifa Bersaudara, didirikan 14 Januari 2002, yang merupakan salah satu anak Perusahaan dari PT Media Djaya Bersama, yang beroperasi di Aceh Barat, Provinsi Aceh. Perusahaan bergerak dalam bidang pertambangan batubara. Perusahaan memiliki potensi cadangan batubara sebesar 383 juta mt. Kualitas batubara yang dikenal dengan “SOLUTION COAL”.

“Kami berkomitmen untuk bertindak sesuai etika dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi berkelanjutan serta meningkatkan kegiatan pemberdayaan dan pengembangan masyarakat sekitar,” kata Azizon Nurza CSR & Corcomm CSR & Corporate Communication Manager at PT Mifa Bersaudara saat bertemu di Kantr CSR Indonesia Selasa 25 Januari 2017.

Menurut Azizon hal yang dilakukan dalam program semua kita wujudkan dengan melaksanakan capaian, baik kondisi dan kualitas kehidupan sosial dan ekonomi yang lebih baik.

“Perusahaan telah melakukan penambangan percobaan (pilot mining) sejak Januari 2012 dan telah mengapalkan batubara ke Lhok Nga, Aceh Besar sejak Oktober 2012. PT Mifa Bersaudara merupakan pioneer industri batubara di Aceh dengan pengiriman tongkang perdananya. Perusahaan telah mendapatkan pengakuan Eksportir Terdaftar (ET Batubara) No. 03.ET-04.14.0072 dan telah memulai ekspor sejak Januari 2015,” jelasnya.

Mifa Bersaudara melakukan Pelaksanaan kegiatannya meliputi hubungan masyarakat, pelayanan kepada masyarakat,dan pemberdayaan masyarakat. CSR yang dilakukan mengacu pada 7 pilar dan ISO 26000 (standarisasi CSR), yaitu:1. Peningkatan kesehatan masyarakat2. Partisipasi aktif  dalam kegiatan keagamaan, sosial kemasyarakatan, dan pelestarian budaya lokal3. Pendidikan & Pelatihan 4. Pengembangan Sarana Desa5. Pengelolaan sumber daya berbasis lahan6. Kemitraan UMKM & Kewirausahaan7. Pelestarian lingkungan & Konservasi Keanekaragaman Sumber Daya Hayati
“Hal itu jadi acuan kami,” jelasnya.

Aktivitas yang kuat selama ini adalah CSR Kesehatan dan ini telah dibuktikan menggalakkan program Posyandu yang sudah mulai lesu di kalangan masyarakat sekitar tambang Mifa dan BEL.

“Kami bantu warga dengan program pemberian makanan tambahan (PMT) bagi anak balita,” jelasnya. 

Selain itu dalam CSR Pendidikan PT Mifa Bersaudara melkaukan yang lebih riil antara lain dengan kamus Univeritas Teuku Umar, SMK dan sejumlah sekla lainnya.

“Kami dorong aktivitas ini semua dan kami terlibat membantu semua akan edukasi ini kuat di masyarakat sekitar,” papar Azizon yang juga profesional CSR yang sudah memiliki jam terbang tinggi di sejumlah perusahaaan.

Dia juga mengakui bahwa pendekakan Mifa Bersaudara adalah dengan melakukan interaksi yang kuat terhadap Kearifan Lokal. “Ini sangat penting dan masyarakat sangat senang dengan ini karena merasa tidak digurui, namun kita menjadi mitra,”pungkasnya. |RNZ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here