Astra Apresiasi Inovasi Guru dan Sekolah

Astra Apresiasi Inovasi Guru dan Sekolah

378
0
SHARE
Perwakilan Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Elvira (keempat kanan) bersama Guru Besar Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta Fasli Jalal (kelima kiri), Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk Riza Deliansyah (keempat kiri) usai memberikan apresiasi Astra untuk Indonesia Cerdas kepada para guru binaan Astra (30/11). Apresiasi tersebut terbagi dalam empat kategori, yakni: Inovasi Karya Guru, Inovasi SMK Bisa, Rumah Pintar Astra, dan Senyum Sahabat PAUD Astra.

CSRINDONESIA – Masih terkait dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh pada 25 November kemarin, PT Astra International Tbk memberikan penghargaan pendidikan dalam empat kategori, yaitu Inovasi Karya Guru, Inovasi SMK Bisa, Rumah Pintar Astra dan Senyum Sahabat PAUD Astra di kantor pusat Astra International (30/11).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Astra untuk Indonesia Cerdas yang sejalan dengan butir Catur Dharma Astra yang pertama, yaitu “Menjadi Milik yang Bermanfaat Bagi Bangsa dan Negara”.

Para penerima apresiasi dari keempat kategori tersebut mendapatkan total apresiasi sebesar Rp 240 juta. Apabila dilihat dari sisi angka, nilai tersebut tidak seberapa, namun Astra mengharapkan keberlanjutan program ini supaya guru dan sekolah memberikan yang terbaik untuk melahirkan generasi cerdas penerus bangsa.

“Bapak dan Ibu Guru harus bisa jadi inspirasi tak hanya bagi murid-muridnya, tetapi juga rekan-rekan sesama guru. Tetap lanjutkan menghasilkan generasi yang cerdas dan juga berkarakter baik,” tutur Perwakilan Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Elvira.

Ajang peringatan Hari Guru ini digelar sejak 27 November 2016 dan mencapai puncaknya pada 30 November 2016. Rangkaian acara terdiri dari pameran inovasi guru dan sekolah, apresiasi Astra Untuk Indonesia Cerdas, dan talk show inspirasional bersama tokoh penggerak pendidikan dan 400 guru.

“Setiap anak punya potensi untuk sukses, apapun bidangnya. Guru sebagai profesi yang sangat mulia memiliki peran penting bagi anak-anak itu. Yang dilibatkan Astra ini adalah guru-guru hebat, semua jagoan dan inspiratif karena bekerja dengan hati,” ungkap Guru Besar Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta Fasli Jalal, yang menjadi salah satu nara sumber dalam talk show.

Pada acara ini, Astra juga menyumbangkan bantuan berupa donasi kelengkapan mengajar senilai Rp 60 juta untuk mewujudkan mimpi 6 guru terpilih. Donasi ini merupakan hasil dari unggahan tentang guru yang telah menjadi inspirasi di media sosial pada periode Maret-Mei 2016.

“Penghargaan ini layak diterima para guru atas peran besar dan perjuangan mereka yang telah mempersiapkan anak-anak bangsa menjadi calon pemimpin Indonesia. Harapannya, para pendidik ini tetap semangat untuk melahirkan generasi penerus Indonesia yang lebih cerdas,” ujar Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk Riza Deliansyah dalam sambutannya.

Dengan mengusung tema “Guruku Inspirasiku”, tahun ini merupakan kedua kalinya Astra merayakan peringatan Hari Guru bersama para guru binaan Grup Astra dari seluruh Indonesia. Tema ini melanjutkan tema tahun lalu, yakni “Terima Kasih Guru”.

Acara ini diadakan untuk mengapresiasi para guru di Indonesia, khususnya guru binaan Astra, atas dedikasi dan prestasi mereka dalam mendidik dan berinovasi.

15.039 Sepatu & Tas
Selain mengapresiasi guru dan sekolah, Astra juga memiliki program untuk para siswa-siswi di daerah prasejahtera dengan memberikan perlengkapan sekolah.

Sejak digagas pada 2015, gerakan nasional GenerAKSICERDASIndonesia telah mengumpulkan 15.039 unggahan tentang guru melalui media sosial dan dikonversikan menjadi 15.039 sepatu dan tas.

Dari total jumlah tersebut, Astra telah mendonasikan sebanyak 7.958 pasang sepatu dan tas di berbagai sekolah di daerah prasejahtera, yaitu Morotai, Mentawai, Kepulauan Aru, dan Tolitoli pada 2015.

Selebihnya, sebanyak 7.081 pasang sepatu dan tas dijadwalkan mulai diserahkan kepada para murid sejak September hingga Desember 2016. Daerah yang dituju adalah Nias, Sumba Barat, Biak Numfor, dan Buru Selatan.
Selain sumbangsih tersebut, dalam bidang pendidikan Astra juga telah membina 20 Rumah Pintar, 15.353 sekolah, dan menyerahkan 207.201 paket beasiswa. 

Melalui 6 yayasan Astra di bidang pendidikan, sebanyak 35.499 guru telah dibina melalui berbagai pelatihan. Keenam yayasan tersebut adalah Yayasan Toyota dan Astra, Yayasan Karya Bhakti United Tractors, Yayasan Astra Agro Lestari, Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim, Yayasan Astra Honda Motor, dan Yayasan Astra Bina Ilmu.

Selain 6 yayasan tersebut di atas, Astra juga memiliki 3 yayasan lainnya, yakni Yayasan Dharma Bhakti Astra, Yayasan Amaliah Astra, dan Yayasan Insan Mulia Pama.|WAW

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY