Polman Astra Telah Luluskan 2.922 Ahli Madya dari 24 Provinsi Indonesia

Polman Astra Telah Luluskan 2.922 Ahli Madya dari 24 Provinsi Indonesia

524
0
SHARE
Salah satu wisudawati Wisuda ke-17 Politeknik Manufaktur (Polman) Astra menunggu dipanggil untuk melakukan prosesi wisuda (1/11).

CSRINDONESIA – Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) secara total telah meluluskan 2.922 ahli madya dari 24 provinsi, menyusul wisuda 203 ahli madya pada hari ini yang berasal dari 14 provinsi di seluruh Indonesia.

Acara Wisuda ke-XVII tersebut dipimpin oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI), Djoko Pranoto Santoso dan dihadiri pula oleh Ketua Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah III, Dr. Ir. Illah Saillah, MS., Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto, jajaran Eksekutif Astra, Dewan Pembina, Dewan Pengawas, Dewan Pengurus YABI, serta jajaran Manajemen Polman Astra dan Perwakilan dari Industri dan Perguruan tinggi serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Direktur Polman Astra Tony Harley Silalahi, mengatakan: “Kami terus mengembangkan kerjasama dengan berbagai perusahaan mitra kami, value chain Polman Astra baik di lingkungan Grup Astra maupun di luar Astra, khususnya dalam kegiatan praktek kerja industri atau magang mahasiswa yang tahun ini tersebar di 24 perusahaan Grup Astra dan 2 UKM binaan Yayasan Dharma Bhakti Astra dan 1 yayasan.”

Sebanyak 203 ahli madya yang diwisuda pada hari ini, 38,1% atau 77 wisudawan merupakan penerima beasiswa prestasi Polman Astra. Selain itu, sebanyak 9 orang mahasiswa program studi Teknik Produksi dan Proses Manufaktur menerima bantuan biaya pendidikan penuh dari PT Astra Agro Lestari Tbk. Sebanyak 5 orang mahasiswa program studi Mesin Otomotif menerima bantuan biaya pendidikan penuh dari PT United Tractors Tbk. Di samping itu, 23 mahasiswa dengan Indeks Prestasi Kumulatif di atas 3.00 menerima beasiswa Yayasan Astra Honda Motor, 21 mahasiswa mendapatkan beasiswa dari PT Daya Adicipta Motora, 22 mahasiswa mendapatkan beasiswa Kopertis, 5 mahasiswa mendapatkan beasiswa Yayasan Toyota Astra Motor dan 13 mahasiswa mendapatkan beasiswa Yayasan Amaliyah Astra.

Pemberian beasiswa tersebut menunjukkan konsistensi dan komitmen Astra yang diwakili oleh Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI) turut berperan aktif membangun sumber daya manusia melalui Polman Astra, khususnya di bidang teknologi manufaktur secara luas. Komitmen ini sekaligus wujud nyata tanggung jawab kepada Indonesia, sesuai denga butir pertama falsafah Astra yaitu Catur Dharma yakni Menjadi Milik yang Bermanfaat Bagi Bangsa dan Negara dan juga sejalan dengan goal yang dicanangkan yaitu menjadi Pride of the Nation pada tahun 2020.

Diserap Grup Astra

Selama 5 tahun terakhir, Grup Astra menyerap rata-rata 63,7% dari lulusan Polman Astra, sehingga dapat disimpulkan Polman Astra memiliki kurikulum yang kontekstual dengan kebutuan industri serta memiliki kualitas proses pendidikan yang bermutu dan dukungan Grup Astra terhadap Polman Astra.

“Tanpa keterlibatan industri, Polman Astra akan kehilangan rohnya sebagai institusi pendidikan vokasi yang berbasis praktek kerja nyata di industri sehingga mampu menawarkan lulusan siap bekerja,” ungkap Tony Harley Silalahi.

Penandatanganan Nota Kesepahaman

Sebagai bentuk komitmen Polman Astra mewujudkan value chain dengan industri, pada kesempatan tersebut dilakukan juga penandatanganan nota kesepahaman kerjasama di bidang Pendidikan, penelitian dan pelatihan industri antara YABI yang menaungi Polman Astra dengan PT United Tractors Tbk dan Yayasan Karya Bakti United Tractors (YKB UT). Penandatanganan dilaksanakan oleh Ketua Dewan Pengurus YABI Hamdhani Dzulkarnaen Salim, Direktur PT United Tractors Tbk Edhie Sarwono dan Ketua Dewan Pengurus YKB UT Endang Tri Handajani.

Hamdani Dzulkarnaen mengungkapkan rasa bangga akan keberhasilan Polman Astra meluluskan para ahli madya bidang teknik ini, serta menekankan bahwa sebagai salah satu perusahaan terbaik dan terbesar di tanah air yang memiliki 202 anak perusahaan dan karyawan lebih dari 212.000 orang, PT Astra International Tbk membutuhkan banyak tenaga terampil untuk mendukung pertumbuhan usahanya, khususnya di bidang Otomotif, Jasa Keuangan, Alat Berat dan Pertambangan, Agribisnis, Infrastruktur dan Logistik, Teknologi Informasi dan Properti.

Termasuk para wisudawan yang diberikan predikat terbaik di program studi dan konsentasinya masing –masing antara lain Hendriyanto Azis (IPK 3,45 program studi Pembuatan Peralatan dan Perkakas Produksi), Karlina (IPK 3,74 dari program studi Teknik Produksi dan Proses Manufaktur), Elsa Dwi Permata Sari (IPK 3.66 dari program studi Manajemen Informatika), Arizal Ramadhana Setya Dewa (IPK 3.83 dari program studi Mesin Otomotif) telah terserap di industri Astra antara lain PT Astra Daihatsu Motor, PT Astra Argo Lestari Tbk dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

Senada dengan Pengurus YABI, Dr. Ir. Illah Saillah, MS selaku Ketua Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah III turut mengucapkan selamat kepada wisudawan beserta keluarga dan seluruh civitas akademika Polman Astra atas wisuda ini seraya menekankan pentingnya komitmen bersama para pelaku pendidikan dalam mempersiapkan anak didik khususnya dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN. Dia berharap agar Polman Astra dalam hal ini terus menghasilkan karya riset dan teknologi yang inovatif, publikasi ilmiah serta lulusan yang berdaya saing tinggi, sekaligus mengedepankan jati diri bangsa.

Rasa bangga dan bahagia terpancar sekali dari para wisudawan, keluarga civitas akademika Polman Astra dan seluruh hadirin yang hadir dalam acara ini. Hal ini juga yang diungkapkan oleh perwakilan wisudawan, Basyiruddin Asyrof dari program studi Teknik Produksi dan Proses Manufaktur. (WAW)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY