“ASTRA SAFETY FEST – AKU MUDA, AKU BIJAK” Wujud Kepedulian 10 Perusahaan...

“ASTRA SAFETY FEST – AKU MUDA, AKU BIJAK” Wujud Kepedulian 10 Perusahaan Grup Astra pada Generasi Muda

460
0
SHARE
Photo bersama seluruh siswa-siswi SMA SMK peserta ASTRA SAFETY FEST dan panitia karyawan 10 perusahaan keuangan Grup Astra beserta petugas Polda Metro Jaya setelah acara selesai

CSRINDONESIA – Sepuluh perusahaan Grup Astra yang bergerak di bidang industri & layanan keuangan menyelenggarakan kegiatan sosial yang merupakan rangkaian dari kegiatan CSR bersama yang dinamakan “ASTRA SAFETY FEST – Aku Muda, Aku Bijak” pada Hari Sabtu tanggal 19 November 2016.

Grup Astra tersebut adalah PT Bank Permata Tbk (PermataBank), Astra Credit Companies, PT Federal International Finance (FIFGROUP), PT Toyota Astra Financial Services, PT Surya Artha Nusantara Finance, PT Komatsu Astra Finance, PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra), PT Astra Aviva Life (Astra Life), PT Astra Mitra Ventura dan Dana Pensiun Astra.

Kegiatan ini merupakan kombinasi antara sosialisasi dan edukasi keselamatan berkendara bagi para siswa agar mereka mempunyai bekal pengetahuan, kesadaran menjadi pengendara yang bertanggung jawab untuk menghindari kecelakaan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain. Acara ini sekaligus sosialisasi literasi keuangan pada usia muda untuk menghasilkan generasi penerus yang bisa melakukan pengelolaan keuangan dengan baik serta bijak dalam menyikapi berbagai produk dan jasa keuangan yang ada.

Pemilihan tema “Aku Muda, Aku Bijak” didasarkan atas harapan dari sepuluh perusahaan Grup Astra untuk generasi muda Indonesia saat ini agar meskipun di usia muda tapi bisa memahami tentang bagaimana caranya berkendara dengan bijak dan juga bijak dalam mengelola keuangan sebagai bekal mereka di kemudian hari.

Ketua panitia pelaksana kegiatan ini, Ida Sigalingging – Chief Corporate Services Officer Asuransi Astra menyatakan, “Kegiatan yang kami lakukan hari ini merupakan perwujudan sinergi kelompok perusahaan layanan keuangan Astra yang bersama-sama berusaha mewujudkan visi Astra menjadi perusahaan yang mempunyai tanggung jawab sosial kepada masyarakat serta komitmen Astra untuk terus mengajak masyarakat membudayakan keselamatan berkendara di jalan dan juga untuk mewujudkan misi Astra yaitu Sejahtera Bersama Bangsa (Prosper With The Nation).”

Hadir dalam acara ini, direksi perusahaan Grup Astra beserta Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Drs. Ermayudi Sumarsono dan Sri Pamuncak dari Subdit Dikyasa (Pendidikan dan Rekayasa) Polda Metro Jaya yang memberikan sosialisasi tentang Safety Riding.

Berdasarkan data dari Ditlantas dan Dishubkominfo di tahun 2016, jumlah kecelakaan lalu-lintas 60 persen didominasi kendaraan roda dua dengan dominasi korban berasal dari usia produktif 16-30 tahun. Saat ini banyak siswa sekolah yang menggunakan kendaraan pulang pergi sekolah walau dari segi umur dan aturan, belum diperbolehkan, sehingga pengendara usia sekolah ini sangat rentan terhadap kecelakaan. Pemerintah melalui Ditlantas Polda Metro Jaya meluncurkan program Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) dan Program Indonesia Menuju Tertib, Bersatu Keselamatan No.1, sebagai upaya untuk menekan jumlah kecelakaan lalu lintas.

Partisipasi 600 Siswa SMA
Acara ini melibatkan sebanyak 600 siswa SMA yang berasal dari 20 sekolah yang tersebar di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan Jakarta Timur, dilibatkan dalam acara ini, bertempat di Balai Pertemuan PoldaMetro Jaya. Selain mendapatkan  pelatihan teori dan praktik mengenai keselamatan berkendara maupun peraturan lalu lintas yang disampaikan oleh petugas dari Ditlantas Polda Metro Jaya, sebanyak 60 siswa terpilih juga akan mendapat peluang untuk mengikuti ujian praktik dan teori untuk mendapatkan surat izin mengemudi (SIM).

Dalam kegiatan ini, sepuluh anak perusahaan Grup Astra di bidang industri & layanan keuangan tersebut juga mengadakan sosialisasi literasi keuangan yang dilakukan sebagai bukti perwujudan dukungan kepada  Otoritas Jasa Keuangan (OJK), karena saat ini banyak tawaran investasi dan penghimpunan dana masyarakat yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan, sehingga OJK terus menghimbau agar masyarakat selalu waspada, berhati-hati dan bersikap rasional dalam menyikapi berbagai penawaran tersebut.

Diharapkan sosialisasi literasi keuangan ini dapat membantu generasi muda mengenal berbagai jenis produk keuangan dan bijak dalam memilih berbagai produk keuangan yang ada, sehingga pada akhirnya bisa membantu generasi muda dalam menyelesaikan persoalan yang berhubungan dengan dunia keuangan.

Terkait sosialisasi untuk literasi keuangan, sebanyak kurang lebih 40 orang panitia yang merupakan gabungan karyawan dari 10 anak perusahaan Grup Astra di industri layanan keuangan ini memberikan kontribusinya untuk mengajar siswa-siswi SMA yang hadir dalam acara tersebut Berbagai kompetisi sosial media maupun yel-yel untuk memeriahkan acara juga diadakan bagi para siswa dan tersedia berbagai hadiah menarik dari ke sepuluh anak perusahaan pembiayaan Astra tersebut.

Diharapkan melalui kegiatan seperti ini ke sepuluh anak perusahaan layanan keuangan Astra juga memiliki kontribusi yang nyata untuk masyarakat dan pembangunan bangsa Indonesia sehingga bisa mewujudkan visi Astra pada tahun 2020 yaitu menjadi kebanggaan bangsa (pride of the nation).(WAW)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY