PT SMART Bangun Sarana Air Bersih untuk Warga Desa Mantan dan Menapar...

PT SMART Bangun Sarana Air Bersih untuk Warga Desa Mantan dan Menapar di Kalimantan Barat

567
0
SHARE
Lebih dari 1000 warga Desa Mantan dan Desa Menapar di Kalimantan Barat kini dapat menikmati air bersih dengan mudah, dengan selesainya pembangunan sarana air bersih yang dilakukan oleh PT SMART Tbk, melalui salah satu unit usaha yang dikelolanya yakni PT Kartika Prima Cipta (KPC). Peresmian fasilitas air bersih ini dilakukan oleh Bupati Kapuas Hulu A.M. Nasir, SH didampingi dengan CEO Perkebunan Sinar Mas Wilayah Kalimantan Barat, Bapak Susanto Yang pada hari Rabu (12/10) di Kecamatan Suhaid. Adapun bantuan yang diberikan berupa penyediaan sarana mulai dari pencarian sumber air bersih, pembangunan instalasi, sistem distribusi air, hingga pengaliran air dengan baik ke rumah warga.

CSRINDONESIA – Kapuas Hulu, PT SMART Tbk (PT SMART) sebagai salah satu produsen kelapa sawit berkelanjutan Indonesia yang terkemuka dan terintegrasi dan tercatat di Bursa Efek Indonesia, melalui salah satu unit usaha yang dikelolanya yakni PT Kartika Prima Cipta (KPC) telah menyelesaikan pembangunan sarana air bersih yang diharapkan akan memberikan manfaat bagi sekitar 1.000 warga desa Mantan dan desa Menapar di Kelurahan Suhaid, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (12/10).

Peresmian fasilitas air bersih ini dilakukan oleh Bupati Kapuas Hulu A.M. Nasir, SH, diikuti dengan penandatanganan berita acara penyerahan proyek dan prosedur operasi standar (SOP) perawatan instalasi air bersih yang diserahterimakan dari manager PT KPC kepada kepala desa Mantan dan desa Menapar serta perwakilan kecamatan setempat. Adapun bantuan yang diberikan berupa penyediaan sarana mulai dari pencarian sumber air bersih, pembangunan instalasi, sistem distribusi air, hingga pengaliran air dengan baik ke rumah warga.

“Penyediaan fasilitas air bersih di desa Mantan dan desa Menapar merupakan hal yang sangat penting bagi kesejahteraan masyarakat di kedua desa. Kami berharap kontribusi Sinar Mas dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. ” ujar Susanto Yang, CEO Perkebunan Sinar Mas Wilayah Kalimantan Barat.

Pembuatan reservoir ferro cement bersama dengan warga yang kini menjadi jantung pelayanan air bagi sekitar 1.000 warga desa Mantan dan desa Menapar di Kelurahan Suhaid, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, sebagai bagian dari pembangunan sarana air bersih oleh PT SMART Tbk., melalui salah satu unit usahanya di PT Kartika Prima Cipta (KPC).  Fasilitas air bersih ini diresmikan pada hari Rabu (12/10) oleh Bupati Kapuas Hulu Bapak A.M. Nasir, SH disaksikan oleh CEO Perkebunan Sinar Mas Wilayah Kalimantan Barat, Susanto Yang, perwakilan Muspika dan kepala desa setempat.
Pembuatan reservoir ferro cement bersama dengan warga yang kini menjadi jantung pelayanan air bagi sekitar 1.000 warga desa Mantan dan desa Menapar di Kelurahan Suhaid, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, sebagai bagian dari pembangunan sarana air bersih oleh PT SMART Tbk., melalui salah satu unit usahanya di PT Kartika Prima Cipta (KPC). Fasilitas air bersih ini diresmikan pada hari Rabu (12/10) oleh Bupati Kapuas Hulu Bapak A.M. Nasir, SH disaksikan oleh CEO Perkebunan Sinar Mas Wilayah Kalimantan Barat, Susanto Yang, perwakilan Muspika dan kepala desa setempat.
Desa Mantan dan desa Menapar merupakan dua desa dengan lokasi yang berdekatan dengan PT KPC. Salah satu masalah yang dirasakan masyarakat di kedua desa tersebut adalah sulitnya mendapatkan sarana air bersih. Penduduk selama ini menggunakan air sungai yang terletak cukup jauh dengan menempuh jarak satu hingga dua kilometer menuju sungai. Untuk itu, sejak bulan September 2015 yang lalu, PT KPC bekerja sama dengan Yayasan Dian Desa (YDD) memulai proyek pembangunan sarana air bersih sebagai bagian dari program CSR perusahaan.

Program CSR perusahaan tidak hanya berhenti pada pembangunan sarana air bersih untuk desa Mantan dan desa Manapar. Pada akhir 2014, PT KPC bekerjasama dengan YDD membuat rencana jangka menengah program CSR untuk Pengembangan Masyarakat di Zona Muara Tawang, Kalimantan Barat. Program ini mencakup beberapa komponen kegiatan seperti Kebutuhan Dasar Manusia, Ekonomi Masyarakat, Pengayaan Kegiatan Pendidikan dan Profile & Progress Monitoring. Beberapa kegiatan telah dilakukan perusahaan seperti pemberian beasiswa kepada mahasiswa berprestasi, melaksanakan bakti sosial setiap tahunnya, pembangunan PT KPC juga membantu pembangunan sarana ibadah, perbaikan jalan, serta perbaikan sarana dan prasarana umum masyarakat. (WAW)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY