Pameran Terbesar Otomotif GIIAS 2016 Dibuka

Pameran Terbesar Otomotif GIIAS 2016 Dibuka

427
0
SHARE

CSRINDONESIA – Gelaran otomotif berskala internasional, GAIKINDO Indoneisa International Auto Show (GIIAS) 2016 hari ini secara resmi dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, H.M. Jusuf Kalla dan dihadiri oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Serpong.

Melalui ajang yang berlangsung pada tanggal 11 – 21 Agustus 2016 ini, GAIKINDO mengajak pelaku industri otomotif di Indonesia dan pengunjung pameran untuk menerapkan gaya berkendara ramah lingkungan sekaligus menggunakan teknologi hijau, sesuai dengan tema yang diusung yaitu “Green Technology for a Better Future”. GIIAS 2016 Bertujuan untuk mengukuhkan nama Indonesia di panggung otomotif dunia melalui pameran otomotif berskala internasional, pameran ini turut didukung secara penuh oleh PERTAMINA dan Mandiri sebagai proud sponsors.

Pada upacara peresmian, Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan ucapan selamatnya dan harapannya untuk kemajuan industri otomotif Indonesia, “Dengan menghadirkan gelaran otomotif berskala internasional seperti GAIKINDO Indonesia International Auto Show, kita membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki industri otomotif yang kuat dan potensi yang besar untuk terus tumbuh.”

Ia melanjutkan bahwa dengan ajang berkelas dunia seperti GIIAS dapat bermanfaat bagi kemajuan masyarakat dan industri pendukung yang menggunakan kendaraan sebagai operasional, “Berbagai macam teknologi baru diperkenalkan di pameran ini, kami berharap hal ini dapat bermanfaat bagi kemajuan industri pendukung,” lanjutnya.

“Tentunya kemajuan sebuah industri akan berpengaruh secara positif untuk industri lainnya, dengan dukungan yang diberikan oleh Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan kami harapkan pameran ini dapat memberikan kontribusi dalam memperkuat dan mengembangkan industri otomotif Indonesia sekaligus memberikan memberikan multiplier effect yang lebih besar dalam mendorong perekonomian nasional untuk menjadi lebih baik.”

jkgiiasWakil Presiden memaparkan bahwa industri mobil membawa kemajuan bagi perdagangan dan pendapat pemerintah, “Meningkatnya penjualan mobil menandakan pola kemakmuran masyarakat.  Kami meminta agar masyarakat dan pelaku industri dapat memanfaatkan pengampunan pajak yang ditawarkan oleh pemerintah. Kami berharap GIIAS dapat meningkatkan pola teknologi dan ekonomi yang sehat bagi kita semua,” tutup Wakil Presiden.

Tahun ini GIIAS 2016 akan diikuti oleh total 361 stand peserta pameran dari pelaku industri otomotif Indonesia termasuk 31 merek kendaraan dari APM yang terdiri atas 25 merek kendaraan penumpang seperti Audi, BMW, Chevrolet, Datsun, Daihatsu, Dodge, Ford, Honda, Hyundai, Isuzu, Jaguar, Jeep, KIA, Land Rover, Lexus Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Tata Motors, Toyota, Volkswagen, Wuling dan 6 merek kendaraan komersial yang terdiri dari FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors dan UD Trucks.

Satu-satunya ajang pameran otomotif di Indonesia yang yang mendapatkan dukungan dari OICA (Organisation Internationale des Constructeurs d’Automobiles), organisasi internasional yang memayungi pameran otomotif dunia ini akan menempati total lahan seluas 96.577 meter persegi atau 5.000 meter persegi lebih besar dibanding tahun sebelumnya. GIIAS 2016 memastikan bahwa gelarannya akan dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang dapat memberikan kenyamanan maksimal untuk pengunjung, sistem transportasi yang memudahkan akses ke lokasi sekaligus rangkaian acara yang menghibur sekaligus mengedukasi.

Pada kesempatan yang sama Ketua Umum GAIKINDO, Yohanes Nangoi menyampaikan bahwa pameran GIIAS 2016 merupakan pameran GAIKINDO ke-24 yang diselenggarakan secara rutin dan berkelanjutan sejak tahun 1986, “Pameran GIIAS 2016 merupakan event yang sangat penting, karena Industri otomotif Indonesia adalah salah satu industri andalan yang memiliki peran besar terhadap roda ekonomi Indonesia, diharapkan kehadiran GIIAS 2016 dapat menjadi dorongan untuk tumbuhnya pasar domestik serta upaya peningkatan ekspor industri Otomotif Indonesia.”

Ia melanjutkan bahwa Industri otomotif telah memberikan kontribusi yang cukup besar bagi perekonomian Indonesia dengan perkembangan kinerja industri kendaraan roda-4 di Indonesia.  Hal ini didukung dengan peningkatan jumlah kendaraan roda-4 dalam negeri yang naik sebanyak 1,2% atau sebanyak 531.929 unit terjual selama semester 1 tahun 2016. Sementara tercatat sebesar 601.461 unit telah diproduksi selama semester 1 tahun 2016 atau naik 3,8% dibanding periode yang sama pada tahun 2015.
Ia menambahkan bahwa peningkatan juga terjadi untuk kategori ekspor kendaraan jadi (CBU) dimana selama tahun 2015 ekspor CBU yang dilakukan adalah sebesar 207.691 unit sementara pada semester 1 tahun 2016 telah mencapai angka 93.998 unit yang di produksi. Sementara ekspor kendaraan terurai (CKD) di semester 1 tahun 2016 sebesar 91.194 set CKD, di tahun sebelumnya tercatat sebanyak 108.770 set CKD yang di ekspor dari Indonesia.
“Saat ini kapasitas produksi kendaraan di Indonesia sebesar 1.928.131 unit setelahk00 adanya investasi oleh beberapa perusahaan anggota GAIKINDO. Sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan dan memperkuat industri otomotif, meningkatkan investasi untuk mencapai tujuan roadmap industri otomotif Indonesia, diperlukan aktifitas promosi untuk memperkenalkan potensi industri nasional dan pasar domestik serta menunjukkan kepada dunia internasional bahwa Indonesia layak diperhitungkan sebagai tujuan investasi, maka GAIKINDO kembali menyelenggarakan GIIAS.”

Sebagai sebuah pameran international, GIIAS 2016 turut menyelenggarakanIndonesia International Automotive Conference yang ke- 11 pada tanggal 12 Agustus 2016 dengan tema “Auto Industry Globalization”. Konferensi ini akan dihadiri oleh para pembicara dari berbagai negara yang akan membahas tentang pengalaman masing-masing dalam pengembangan industri kendaraan dengan teknologi hemat energi antara lain teknologi mobil hybrid, mobil listrik, serta kebijakan Pemerintah yang mendukung program tersebut.

“Pameran dan konferensi kali ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang industri otomotif nasional dan global serta industri pendukungnya, serta memberikan informasi  bahwa Indonesia merupakan pasar produk otomotif yang potensial, sehingga menarik bagi investasi dibidang otomotif serta dukungan kebijakan pemerintah.”

Selanjutnya Ketua Umum GAIKINDO mengajak semua pihak untuk ikut berperan secara aktif dalam pengembangan industri otomotif di Indonesia, karena industri otomotif Indonesia mempunyai peran yang sangat strategis dan memberikan dampak ganda dalam menyumbang perekonomian nasional.

Press & VIP Day
Selain acara pembukaan resmi, hari ini pameran GIIAS 2016 menggelar Press & VIP Day.  Pada hari ini kesempatan untuk menikmati berbagai kendaraan berikut teknologinya diberikan hanya kepada media massa baik naisonal maupun internasional serta undangan khusus.  Hal ini dimaksudkan agar media massa lebih leluasa untuk mendapat informasi eksklusif dari masing-masing APM.  Pada hari ini juga seluruh APM peserta GIIAS 2016 akan menggelar Press Conference secara simultan mulai pukul 12 siang hingga selesai di seluruh hall pameran. Pameran dibuka untuk publik mulai pukul 5 sore.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY