Lendo Novo: Ciptakan Peradaban Baru dengan Tabung Pohon

Lendo Novo: Ciptakan Peradaban Baru dengan Tabung Pohon

405
0
SHARE

CSRINDONESIA – Keinginan untuk mengubah pandangan soal hutan dan atau alam nampaknya akan terus digaungkan oleh orang-orang yang mempunyai kepedulian besar terhadap hal tersebut. Tidak hanya salah satu, tapi juga harus mampu bagi semua masyarakat dengan lapisan atau klan yang berbeda.

Lendo Novo, salah satu orang yang cukup lama berkutat di ranah kepedulian soal pohon dan alam ini berbagi cerita dan pengalamannya bagaimana teknik atau cara. Saat bincang-bincang dengan beliau, ada keinginan yang ternyata cukup besar. Sebut saja itu adalah cita-citanya, yaitu menciptakan peradaban baru.

“Itulah yang kita rumuskan untuk segera membuat peradaban baru. Salah satunya melalui kisah/narasi,” kata Lendo Novo beberapa waktu lalu ke tim tabungpohon.com di kantornya kawasan Tebet Jakarta Selatan.

Ia mengatakan bahwa gerakan ini akan digaungkan hingga ke luar Indonesia. Sebagai bentuk stimulusnya, beliau akan mencoba jalin hubungan dengan mereka, salah satunya teman beliau yang cukup konsen dengan kepedulian soal tanam pohon, peduli alam, dan memelihara bumi.

“Nanti sahabat saya akan ikut membantu. Ia adalah salah satu tim sukses dari Presiden Obama sekaligus Wakil Presiden Bill Clinton yang pernah mendapatkan nobel,” katanya.
Salah satu kesuksesan teman Pak Lendo ini menurutnya adalah ia menciptakan sebuah narasi yang tujuannya untuk mengubah persepsi masyarakat. ‘Tabung Pohon’ pun menurutnya akan menggunakan cara tersebut untuk merangkul stakeholder.

Ia yakin, dengan menggunakan model cerita, masyarakat akan perlahan membuang wajahnya ke alam agar lebih peduli. “Narasi yang ia jalankan itu untuk mengubah persepsi lingkungan. Dan inilah yang akan kita buat untuk Indonesia. Perubahan persepsi itu kemungkinan akan tercipta, walau durasi waktu yang cukup lama, yaitu kisaran hasilnya dapat dinikmati 10-20 tahun mendatang,” jelasnya.

Dari durasi itu, ia yakin ke depan masyarakat Indonesia akan lebih peduli dengan pohon/hutan, maupun alam.

Hal-hal yang perlu ditempuh sebagai awalnya ia menyarankan untuk melakukan kampanye. “Nah, sederhananya kita mulai dengan tabung pohon. Kemudian langkah selanjutnya adalah membuat sekolah, rumah, dan lainnya dengan ramah lingkungan. Semua mesti ujungnya ramah lingkungan,” tambahnya.

Sebagai orang yang cukup akrab dengan alam ini menyarankan agar masyarakat mengikutinya. Dengan melakukan kampanye, baik itu kecil maupun besar akan menghasilkan tujuan akhir yang dimaksudn di atas. Pak Lendo pun juga akan melibatkan kelompok-kelompok yang ada untuk menciptakan kesuksesan ini. Di antarany, selain masyarakat ia akan melibatkan aktivi-aktivis lingkungan. (Rob/tabungpohon.com/CSR)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY