Koperasi Astra Salurkan Beasiswa Senilai Rp 39,9 miliar

Koperasi Astra Salurkan Beasiswa Senilai Rp 39,9 miliar

487
0
SHARE
Ketua Umum Pengurus Koperasi Astra International (KAI) Pongki Pamungkas (kedua dari kiri) didampingi Ketua Pengawas KAI Herawati memberikan beasiswa KAI secara simbolis kepada perwakilan siswa berprestasi, di Ocean Ecopark Ancol, Jakarta (6/8).

CSRINDONESIA – Jakarta, “Mengukir Prestasi Membangun Negeri” dipayungi dengan tema ini, Koperasi Astra kembali memberikan beasiswa kepada anak-anak karyawan Grup Astra. Koperasi Astra International (KAI) telah menyalurkan dana beasiswa sebesar Rp 39,9 miliar kepada 26.904 siswa di seluruh Indonesia, sejak tahun 2001. Penyerahan beasiswa dilaksanakan di Ocean Ecopark Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, beberapa hali lalu (6/8).

Pengawas dan Pengurus Koperasi Astra International menyerahkan beasiswa kepada delapan orang perwakilan siswa berprestasi. Penyerahan ini disaksikan oleh para penerima beasiswa di wilayah Jabodetabek beserta orang tua siswa serta para undangan lainnya termasuk eksekutif Grup Astra.

“Semakin banyak siswa berprestasi turut meningkatkan jumlah penerima beasiswa. Tahun lalu ada 3.280 siswa, pada tahun ini menjadi 3.700 siswa, meningkat 12,8%. Peningkatan prosentase ini pun berpengaruh pada bertambahnya dana beasiswa yang disalurkan, meningkat dari Rp 5,3 miliar pada 2015 menjadi Rp 6,1 miliar pada 2016,” ujar Ketua Umum Pengurus Koperasi Astra International Pongki Pamungkas.

Ukir Prestasi, Bangun Negeri

Salah satu perwakilan penerima beasiswa Koperasi Astra tahun ini adalah Muhammad Fathan Radityasani, mahasiswa Institut Pertanian Bogor. Putra dari Intan Sari Amalia, insan Astra dari PT Astra International Tbk ini memiliki IPK 3,56 serta banyak prestasi di bidang non-akademik.

Edy P. Kurniawan, insan Astra di PT Surya Artha Nusantara Finance yang adalah orang tua dari Dyar Rana Arifah, mengungkapkan rasa terima kasihnya pada KAI. “Anak saya mendapat beasiswa dari SD hingga SMA. Kesempatan itu membuat anak saya belajar dengan sungguh-sungguh untuk mempertahankan prestasinya. Saya bahagia sekali karena beasiswa ini telah meringankan beban saya, serta membuat anak saya punya prestasi yang baik dalam pendidikannya.”
Sekarang putrinya telah menyelesaikan S1 dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran Bandung dengan predikat Cum Laude, IPK 3,59.

Erina Amelia Wijaya, mahasiswa semester III Institut Kesenian Jakarta yang juga salah satu penerima beasiswa KAI, mengatakan: “Saya sangat berterimakasih atas beasiswa yang saya dapat dari Koperasi Astra untuk membantu kelancaran pendidikan saya. Semoga suatu hari nanti saya juga dapat melakukan hal yang sama, membantu membukakan jalan bagi siswa lain untuk meraih impiannya.”

Senada dengan Erina, Bintang Guno Pambudi, siswa kelas XI SMAN 1 Tambun Selatan, mengungkapkan: “Saya sangat bersyukur dan bahagia dapat menjadi salah satu penerima beasiswa KAI. Karena beasiswa ini sangat meringankan beban orang tua saya. Saya berharap program ini dapat berlanjut, sehingga bisa lebih banyak lagi siswa berprestasi yang mendapat beasiswa. Sukses selalu untuk KAI.”

Para penerima beasiswa tidak dilihat dari prestasi akademiknya saja, tetapi prestasi non- akademik jadi salah satu criteria penting untuk mendapat beasiswa Koperasi Astra. Ghiffari Akramullah, putra dari Henny Haryani insan Astra dari PT Marga Mandala Sakti, mencatatkan prestasi non-akademik dalam bidang renang dan sudah menjuarai beragam kompetisi tingkat regional hingga mendapat juara II di Olimpiade Tingkat Provinsi Banten pada tahun 2015.

Kesejahteraan Anggota

Beasiswa ini merupakan salah satu program kesejahteraan bagi anggotanya, yang diberikan kepada anak-anak anggota Koperasi Astra International yang duduk di bangku SD, SMP, SMA, Akademi/Perguruan Tinggi untuk satu tahun ajaran 2016-2017.

Program beasiswa ini diharapkan dapat memotivasi anak-anak dalam mengukir prestasi yang lebih baik lagi dan menggapai cita-citanya. (WAW)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY