Ini DIA….! 4 Paru-Paru Dunia yang (Masih) Ada di Indonesia

Ini DIA….! 4 Paru-Paru Dunia yang (Masih) Ada di Indonesia

734
0
SHARE

CSR – Beberapa flora dan fauna yang mendiami hutan di Indonesia tidak dapat ditemukan kecuali di hutan Indonesia

Keindahan alam Indonesia yang bisa dijelajahi bukan hanya seputar pegunungan atau pantainya saja, namun hutan di Indonesia juga patut untuk dieksplorasi. Seperti diketahui, banyak jenis hutan di Indonesia yang menjadi ‘paru-paru-nya’ dunia. Flora dan fauna yang mendiami hutan di Indonesia pun beragam, bahkan diantaranya tidak dapat ditemukan kecuali ada di hutan Indonesia.
Kira-kira hutan apa saja yang bisa Anda ketahui, yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Hutan Halimun Salak
Di wilayah Jawa Barat, hutan ini menjadi salah satu yang terluas dan tersisa dengan masuk menjadi salah satu hutan konservasi yang memiliki luas sekitar 113.357 hektare. Keberadaan hutan ini sangat penting, untuk melindungi kawasan hutan berdataran rendah dan menjadi daerah tangkapan air. Selain itu, hutan halimun salak juga terkenal oleh para pendaki sebagai jalur trekking untuk mendaki gunung Halimun- Salak.

2. Hutan Bukit Bangkirai
Melompat ke provinsi Kalimantan, Anda akan menemukan hutan Bukit Bingkirai yang berada di Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, Indonesia. Disini, Anda akan menemukan Canopy Bridge (Jembatan Tajuk) dan hutan tropis. Kawasan ini memiliki luas sekitar 1500Ha dan 510 Ha dari luas kawasan yang dijadikan kawasan wisata alam yang lumayan lengkap seperti tersedianya cottage, restoran dan lain-lain.

3. Hutan Kayan Mentarang
Masih di pulau ‘Borneo’, terdapat juga hutan yang menjadi hutan primer dan sekunder terbesar, dengan wilayah seluas 1.360.500 hektar. Letak hutan ini berada di Bulungan, Kalimantan Timur, berada dalam ketiggian 200 – 2258 meter di atas permukaan laut. Dihutan ini terdapat keaneka ragaman hayati yang belum banyak teridentifikasi.

4. Hutan Wasur
Bergeser ke ujung wilayah Indonesia, tepatnya di Merauke terdapat hutan Wasur. Hutan yang termasuk ladang basah terbesar dan alami di Papua ini, sebagian besar wilayahnya berupa vegetasi savana yang berkisar 70%, sedangkan sisanya merupakan hutan bambu, hutan pantai, vegetasi hutan rawa, hutan rawa sagu dan padang rumput. |AHM/CSR

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY