71 Tahun Indonesia Merdeka, Gerakan HMS Gelar Pengobatan Gratis

71 Tahun Indonesia Merdeka, Gerakan HMS Gelar Pengobatan Gratis

560
0
SHARE

CSRINDONESIA – Dalam rangka menyambut dan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-71 tahun pada 17 Agustus 2016 pekan depan, para warga yang tergabung dalam ‘Kampung Kemerdekaan’ di Ciledug, Sudimara Jaya Tangerang RW 09 secara bersama-sama dan bergotong royong sedang mengupayakan rangkaian kegiatan sinergi dengan Gerakan Hidupkan Masyarakat Sejahtera (HMS) guna memeriahkan dengan mengadakan Pengobatan Gratis bagi warga masyarakat sekitar.

Anom Soekamto, selaku ketua RW 009 ‘Kampung Kemerdekaan’ mengatakan bahwa, “kami selama ini acapkali bersinergi dengan Gerakan HMS, seperti sewaktu memerlukan ambulance bagi warga yang sakit ataupun berdukacita,” ungkapnya, menyampaikan pada redaksi di kediamannya, Ciledug. Tangerang, Rabu (10/8).

“Memang, sejauh ini selalu diperbantukan bila butuh ambulance gratis. Nah, untuk memperingati momen Hari Ultah Kemerdekaan RI ke 71 pekan depan, Gerakan HMS bersama RW 09 akan mengadakan pengobatan gratis. Tepatnya tanggal 20 Agustus 2016, lokasinya di lapangan blok A juga di RT 6 RW 9, selama satu hari pengobatan gratis dimulai dari jam 13.00 hingga 17.00 WIB,” jelas Ketua RW 09.

Seperti diketahui bahwa, dalam satu lingkungan RW Sudimara Jaya, Ciledug memiliki sebanyak enam (6) RT yang jumlah warganya berkisaran 700an jiwa yang majemuk dan heterogen dari berbagai kalangan. Baik dari yang bekerja selain pedagang di pasar, tukang ikan, sayuran maupun karyawan berasal dari beberapa provinsi, daerah yang merupakan pendatang dan pribumi.

“Selama ini masyarakatnya hidup berdampingan, damai, aman dan saling menyesuaikan diri. Ini merupakan salah satu perjuangan ‘Kampung Kemerdekaan’ agar acara pengobatan gratis dapat dilangsungkan di daerah Cileduk ini,” ujarnya.

Nantinya, acara pengobatan Gratis pada tanggal 20 Agustus 2016 mendatang dari Gerakan HMS akan menyiapkan 2 dokter, 3 perawat, dan 2 buah ambulance.

Kegiatan yang ingin dibangun adalah masyarakat yang bergotong rotong, berdikari, dan kerjasama. Itulah nilai nilai yang patut diterapkan warga RW09 ‘Kampung Kemerdekaan’ dalam rangkaian kegiatan nanti. Salah satu upaya guna mengingatkan kembali pada masyarakat mengenai nilai-nilai yang terkandung tadi. Soalnya, para warga kami disini umumnya masyarakat menengah ke bawah dan berharap ada uluran tangan membantu.

Menurut rencananya kegiatan dimulai dari tanggal 16 Agustus menjelang malamnya akan ada acara renungan bersama-sama dari kalangan generasi tua muda dan anak-anak. Kemudian keesokan harinya, tanggal 17 Agustus pagi akan diadakan kegiatan jalan sehat yang dimulai dari pagi hari secara bersama-sama. Nampak sejauh ini para Karang Taruna (KT) setempat juga turut mensuport dan membantu kegiatan agar terselenggara dengan baik, termasuk dari pengedaran brosur serta akan ada semacam bazar.

Intinya dari rangkaian kegiatan tersebut dengan kegiatan Pengobatan Gratis saat tanggal 20 Agustus yang di inginkan adalah hidup gotong-royong dan berdikari. Lalu kemudian, pada malamnya tanggal 21 akan diadakan hiburan kecil secara sederhana.

Sementara itu, secara terpisah Hardjuno Wiwoho selaku Sekjen Gerakan HMS membenarkan bakal menggelar Safari Keliling Gerakan HMS dalam Rangka Ulang Tahun Kemerdekaan ke 71 dengan tajuk ‘Safari Kemerdekaan Pengobatan Gratis Gerakan HMS menuju Masyarakat Cerdas, Sehat dan Sejahtera’,” ungkapnya, di Jakarta, Rabu (10/8) malam.

Hardjuno berharap, dalam kegiatan itu nantinya Gerakan HMS mampu dan bekerja sama dengan beberapa RW yang tersebar di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Baik dimulai dari Kampung Kemerdekaan RW 009 Cileduk, dan rencananya berlanjut ke Pluit Muara Karang Jakarta Utara.

Gerakan HMS juga akan mengajak beberapa petugas BPJS supaya turun bersama untuk membantu mensosialisasikan program kesehatan dan meninjau langsung ke lokasi masyarakat. “Harapannya, warga bisa berkonsultasi langsung terkait keluhan BPJS dan sebagainya pula,” ungkap Hardjuno. Sejatinya, memang kegiatan pengobatan gratis ini sudah dimulai dan juga merupakan kegiatan rutin yang sudah dilakukan Gerakan HMS semenjak 4 tahun terakhir ini, dimulai dari Gerakan HMS meluncurkan 2 unit Ambulance Bakti untuk Negeri. “Semoga dengan adanya Safari Pengobatan Gratis ini membawa manfaat bagi masyarakat,” pungkas Sekjen Gerakan HMS. -AHM*

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY