PT Freeport Indonesia dan Hari Lingkungan Sedunia

PT Freeport Indonesia dan Hari Lingkungan Sedunia

831
0
SHARE

PT Freeport Indonesia (PTFI), melalui DepartemenEnvironmental, bersama-sama dengan komunitas masyarakat di Timika, turut memperingati Hari Lingkungan Sedunia tahun 2016, melalui berbagai kegiatan yang dipusatkan di Kuala Kencana, Timika, Kabupaten Mimika, Papua.

Peringatan Hari Lingkungan yang berlangsung selama 2 hari (4-5 Juni) ini turut mengusung tema Hari Lingkungan internasional yaitu ‘Go wild for life’, dengan sub tema ‘Join the Race to Make the World a Better Place’. Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam peringatan Hari Lingkungan ini, termasuk lomba lari 5K dan 10K dengan tema lingkungan yang melibatkan komunitas internal Freeport dan masyarakat sekitar.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh EVP Sustainable Development PTFI Sonny Prasetyo, dan turut dihadiri oleh utusan Pemerintah Daerah yaitu Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika Ausilius You. Lebih dari 2000 orang dari berbagai elemen terlibat dalam kegiatan ini, baik dari kalangan internal PTFI, komunitas masyarakat sekitar, Pemkab Kabupaten Mimika, Stasiun Karantina, Taman Nasional Lorentz, serta Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Sekda Mimika Ausilius You, S.Pd., MM dalam sambutannya menyampaikan, Papua merupakan daerah yang memiliki keanekaragaman hayati yang merupakan aset berharga bagi pembangunan nasional dan daerah, sehingga perlu perhatian dan penanganan yang baik oleh Pemerintah Pusat, Provinsi Papua dan Pemkab Mimika, pihak swasta, serta kalangan pemerhati lingkungan hidup.

“Pasalnya, lingkungan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Lingkungan harus dijaga dan dilestarikan sehingga bersahabat dengan manusia,” ujarnya, melalui siaran pers, Selasa (07/06/2016).

EVP Sustainable Development PTFI Sonny Prasetyo turut menyampaikan, bahwa Freeport menaruh perhatian dalam hal pelestarian keanekaragaman hayati, melalui upaya-upaya yang telah dilakukan diantaranya kegiatan penelitian, penerbitan buku panduan keanekaragaman hayati, serta kerjasama dengan BKSDA Papua dalam pelepasan satwa ke habitatnya.

“Ada berbagai program yang telah dilakukan oleh Freeport dan itu merupakan komitmen kami,” tegasnya.

Dengan kegiatan hari lingkungan hidup ini, Sonny mengajak seluruh lapisan untuk bekerjasama membangun kesadaran bersama tentang pentingnya melestarikan lingkungan hidup dan menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih baik.

Beberapa rangkaian kegiatan lain yang dilaksanakan selama dua hari tersebut meliputi Pameran Lingkungan yang diisi oleh berbagai departemen di lingkungan PTFI, perwakilan berbagai sekolah SD dan SMP, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), perwakilan Pemkab Mimika, Stasiun Karantina, Taman Nasional Lorentz, dan BKSDA.

Adapaun kegiatan lainnya mencakup talk show yang menghadirkan praktisi lingkungan Rusdian Lubis, lomba cerdas cermat bertema lingkungan, lomba menggambar dan mewarnai anak-anak, lomba poster serta slogan bertema lingkungan, serta pemberian berbagai penghargaan ramah lingkungan seperti eco-office, sekolah dan guru berwawasan lingkungan, dan stakeholder peduli lingkungan.

Peringatan Hari Lingkungan ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kesadaran seluruh elemen komunitas, baik internal Freeport dan masyarakat sekitar, dalam menjaga dan melestarikan lingkungan beserta satwa liarnya. -mr/csr

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY