Henkel Laporkan hasil penjualan dan pendapatan di kuartal pertama

Henkel Laporkan hasil penjualan dan pendapatan di kuartal pertama

1076
0
SHARE

CSRINDONESIA –  Henkel melaporkan hasil penjualan dan pendapatan yang baik di kuartal pertama. Penjualan meningkat menjadi 4.456 juta euro: organik +2,9% (terlapor +0,6%), Pertumbuhan penjualan pasar negara berkembang: organik +6,3%, Laba operasional*: +6,2% menjadi 751 juta euro, Pendapatan per saham* (EPS): +7,6% menjadi 1,27 euro, Peningkatan marjin EBIT yang kuat*: +80 basis poin menjadi 16,8%

“Henkel mengawali tahun fiskal 2016 dengan baik. Kami terus mengalami pertumbuhan penjualan dan pendapatan dan secara signifikan laba penjualan yang disesuaikan meningkat drastis menjadi 16,8 persen. Semua dari tiga unit yang ada berkontribusi terhadap kinerja yang baik tersebut. Kami kembali mengalami pertumbuhan organik yang kuat pada pasar negara berkembang, ujar CEO Henkel Hans Van Bylen dalam rilisnya yang diterima redaksi.

Terkait tahun fiskal berjalan, Van Bylen menyatakan: “Kami memperkirakan kondisi pasar yang penuh tantangan akan berlanjut pada tahun 2016 – dengan pertumbuhan ekonomi global yang terbatas, ketidakpastian yang tinggi di pasar dan nilai kurs mata uang asing yang tidak menguntungkan. Oleh karena itu kami akan fokus untuk memaksimalkan merek-merek kami yang kuat, posisi sebagai terdepan di pasar dan kemampuan inovasi kami untuk mencapai target-target ambisius kami.”

Van Bylen mengkonfirmasi proyeksi Henkel untuk tahun fiskal ini: “Untuk seluruh tahun fiskal 2016, kami memproyeksikan pertumbuhan penjualan organik sebesar 2 sampai 4 persen. Kami memperkirakan marjin EBIT yang disesuaikan untuk meningkat sekitar 16,5 persen dan pendapatan yang disesuaikan per lembar saham untuk tumbuh antara 8 dan 11 persen.”

Pada kuartal pertama tahun 2016, penjualan meningkat 0,6 persen menjadi 4.456 juta euro. Setelah disesuaikan terhadap dampak negatif pertukaran mata uang asing sebesar 3,4 persen, penjualan meningkat sebesar 4,0 persen. Secara organik – yaitu disesuaikan untuk kurs mata uang asing dan akuisisi/divestasi – penjualan meningkat sebesar 2,9 persen.

Unit usaha Laundry & Home Care mencatatkan pertumbuhan penjualan organik yang kuat sebesar 4,7 persen. Unit bisnis Beauty Care mencapai peningkatan penjualan organik yang kuat sebesar 2,6 persen. Unit bisnis Adhesive Technologies juga mencatatkan peningkatan penjualan organik yang kuat sebesar 2,1 persen.

Setelah menghitung laba transaksi tunggal, biaya transaksi tunggal dan biaya restrukturisasi, laba operasional yang disesuaikan (EBIT) meningkat 6,2 persen dari 707 juta euro menjadi 751 juta euro. Laba operasional tercatat tumbuh sebesar 10,7 persen dari 648 juta euro menjadi 717 juta euro.

Laba penjualan yang disesuaikan (marjin EBIT) meningkat kuat sebesar 0,8 persen menjadi 16,8 persen. Laba penjualan tercatat meningkat dari 14,6 persen menjadi 16,1 persen.

Kinerja keuangan Henkel meningkat sebesar 2 juta euro menjadi -7 juta euro. Hal tersebut disebabkan oleh pembayaran obligasi hibrida pada bulan November 2015. Pajak total terhitung sebesar 24,2 persen dibandingkan dengan 24,6 persen pada kuartal yang sama tahun lalu. 

Laba bersih kuartal yang disesuaikan setelah mengurangi kepentingan non-pengendali tumbuh sebesar 7,6 persen dari 510 juta euro menjadi 549 juta euro. Laba bersih yang dilaporkan pada kuartal meningkat sebesar 11,6 persen dari 482 juta euro menjadi 538 juta euro. Setelah mengurangi 13 juta euro dari kepentingan non-pengendali, laba bersih meningkat menjadi 525 juta euro (kuartal sama tahun sebelumnya: 470 juta euro).

Pendapatan per lembar saham yang disesuaikan (EPS) meningkat 7,6 persen dari 1,18 euro menjadi 1,27 euro. EPS yang dilaporkan meningkat dari 1,09 euro menjadi 1,21 euro.

Modal kerja bersih sebagai persentase dari penjualan meningkat sebesar 0,8 persen menjadi 5,4 persen, sebagian besar merupakan dampak dari nilai kurs mata uang asing dan inventori yang lebih sedikit.

Posisi keuangan bersih Henkel per 31 Maret 2016 adalah 452 juta euro. Per 31 Desember 2015, totalnya sebesar 335 juta euro. 

Unit bisnis Laundry & Home Care sekali lagi mencatat pertumbuhan baik pada kuartal pertama 2016. Berkat pangsa pasar yang lebih besar, penjualan bertumbuh secara organik sebesar 4,7 persen dibanding tahun lalu, mengalahkan pasar lainnya yang relevan. Secara total, penjualan meningkat 2,7 persen menjadi 1.333 juta euro (kuartal tahun sebelumnya: 1.298 juta euro).

Peningkatan penjualan organik yang kuat terutama didorong oleh kinerja di pasar negara berkembang. Pertumbuhan mencapai dobel digit di Eropa Timur dan Asia (di luar Jepang). Afrika/Timur Tengah mencatatkan pertumbuhan kuat, meskipun kondisi pasar tetap sangat sulit. Amerika Latin mencatakan kinerja penjualan yang kuat. Pertumbuhan penjualan di pasar negara maju tercatat positif. Dalam lingkungan yang memiliki kompetisi sengit, pertumbuhan penjualan di Eropa Barat dan Amerika Utara tetap positif.

Laba operasional yang disesuaikan dari unit bisnis Laundry & Home Care meningkat sebesar 9,5 persen menjadi 243 juta euro. Laba penjualan yang disesuaikan mencatatkan peningkatan yang luar biasa sebesar 1,1 persen menjadi 18,2 persen. Laba operasional tercatat meningkat sebesar 23,3 persen dari 192 juta euro menjadi 236 juta euro.

Unit bisnis Beauty Care juga mencatat pertumbuhan keuntungan yang meningkat sepanjang kuartal pertama 2016. Berdasarkan pertumbuhan pangsa pasar, penjualan tumbuh secara organik sebesar 2,6 persen – sekali lagi berada di atas pertumbuhan pasar-pasar yang relevan. Secara nominal, penjualan meningkat sebesar 1,1 persen menjadi 950 juta euro (kuartal sama tahun sebelumnya: 940 juta euro)

Perkembangan unit bisnis yang sukses di pasar berkembang terus terjadi dengan pertumbuhan penjualan organik yang kuat. Eropa Timur memberikan kontribusi besar dengan pertumbuhan penjualan dobel digit. Pertumbuhan penjualan di Amerika Latin dan Asia (di luar Jepang) tercatat positif. Wilayah Afrika/Timur Tengah mencatatkan pertumbuhan penjualan yang bagus. Kinerja penjualan di pasar negara maju tercatat positif dibanding kuartal yang sama pada tahun sebelumnya. Bisnis di Amerika Utara, pada khususnya, memberikan kontribusi terhadap perkembangan tersebut dengan pertumbuhan yang sangat kuat. Pertumbuhan positif juga tercapai di pasar negara maju di wilayah Asia Pasifik. Akibat kompetisi yang secara intensif semakin ramai dan tekanan terhadap harga, penjualan di Eropa Barat berada di bawah kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Laba operasional yang disesuaikan dari unit bisnis Beauty Care meningkat dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya sebesar 5,0 persen menjadi 157 juta euro. Laba penjualan yang disesuaikan menunjukkan peningkatan yang sangat baik sebesar 0,6 persen menjadi 16,5 persen. Laba operasional tercatat tumbuh sebesar 7,5 persen menjadi 143 juta euro.

Unit bisnis Adhesive Technologies mencatatkan pertumbuhan penjualan organik yang kuat sebesar 2,1 persen di kuartal pertama. Secara nominal, penjualan sedikit turun, sebesar 0,8 persen menjadi 2.144 juta euro (kuartal sama tahun sebelumnya: 2.160 juta euro).

Pasar negara berkembang melanjutkan perkembangannya yang baik dengan pertumbuhan penjualan organik yang kuat. Wilayah Amerika Latin mencatatkan peningkatan persentase dobel digit. Eropa Timur menunjukkan pertumbuhan yang sangat kuat meskipun adanya beberapa kondisi politik yang menyulitkan di beberapa negara pada wilayah tersebut. Di Asia (di luar Jepang), penjualan menunjukkan kinerja positif. Di wilayah Afrika/Timur Tengah, penjualan berada di bawah kuartal pertama tahun 2015. Penjualan di pasar negara maju secara garis besar tetap stabil. Di sini, wilayah Amerika Utara menunjukkan pertumbuhan penjualan positif, sementara penjualan di pasar negara maju di wilayah Asia Pasifik dan Eropa Barat tercatat sedikit di bawah kuartal yang sama pada tahun sebelumnya.

Laba operasional yang disesuaikan dari unit bisnis Adhesive Technologies meningkat dibandingkan kuartal pertama 2015 sebesar 6,4 persen menjadi 376 juta euro. Laba dari penjualan yang disesuaikan tercatat mengalami peningkatan luar biasa sebesar 1,1 persen menjadi 17,5 persen. Laba operasional tercatat meningkat sebesar 5,5 persen menjadi 364 juta euro.

Dalam kondisi pasar yang sangat kompetitif, penjualan Henkel di wilayah Eropa Barat secara organik berada 0,5 persen di bawah kuartal yang sama tahun sebelumnya. Kinerja yang kuat di Eropa Selatan dan pertumbuhan di Perancis tidak mampu menutupi penurunan tipis yang terjadi di Jerman. Penjualan tercatat berkurang tipis menjadi 1.528 juta euro. Di Eropa Timur, penjualan organik tumbuh dobel digit sebesar 10,9 persen, dengan kontribusi utama berasal dari bisnis di Rusia dan Turki. Berdasarkan laporan, penjualan total mencapai 629 juta euro, sedikit mengalami peningkatan dibanding tahun lalu. Afrika/Timur Tengah menunjukkan pertumbuhan penjualan organik yang kuat sebesar 3,5 persen pada kuartal pertama 2016 meskipun terjadi ketidakstabilan politik dan ekonomi di beberapa negara terus mempengaruhi perkembangan bisnis. Dengan nilai 349 juta euro, penjualan tercatat sedikit di bawah tahun sebelumnya.

Amerika Utara menunjukkan pertumbuhan penjualan organik yang kuat sebesar 2,4 persen, yang merupakan kontribusi dari semua unit bisnis. Penjualan tercatat meningkat dari 885 juta euro menjadi 926 juta euro. Di Amerika Latin, penjualan meningkat sebesar 8,3 persen. Kinerja bisnis di Meksiko mencatatkan kontribusi besar terhadap peningkatan yang sangat kuat tersebut. Berdasarkan laporan, penjualan total mencapai 247 juta euro dibandingkan dengan 274 juta euro di kuartal pertama 2015. Merkipun terjadi perlambatan pertumbuhan pasar di China, penjualan organik di Asia Pasifik meningkat sebesar 2,2 persen. Perkembangan penjualan di China tercatat positif. Penjualan di wilayah tersebut tercatat meningkat dari 732 juta euro menjadi 747 juta euro.

Pada negara berkembang, pertumbuhan organik tetap kuat dengan besaran 6,3 persen, dengan seluruh unit bisnis berkontribusi terhadap peningkatan tersebut. Sebagai akibat dari dampak negatif kurs mata uang asing, penjualan tercatat turun sebesar 1,8 persen menjadi 1.837 juta euro dan dengan pangsa pasar sebesar 41 persen, penjualan Grup dari pasar berkembang berada sedikit di bawah periode yang sama tahun sebelumnya. Di pasar negara maju, penjualan tumbuh secara organik sebesar 0,5 persen menjadi 2.589 juta euro.

Henkel memproyeksikan mampu mencatatkan pertumbuhan penjualan organik sebesar 2 hingga 4 persen pada tahun fiskal 2016. Henkel mengharapkan tiap unit bisnis akan mencatat pertumbuhan pada kisaran tersebut. Selain itu, Henkel mengharapkan terjadi sedikit peningkatan pangsa pasar penjualan di pasar berkembang. Untuk laba penjualan yang disesuaikan (EBIT), Henkel memproyeksikan terjadi peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya sekitar 16,5 persen. Laba dari penjualan yang disesuaikan dari unit bisnis secara terpisah diproyeksikan berada pada tingkat yang sama atau di atas tahun sebelumnya. Henkel memproyeksikan peningkatan pendapatan per lembar saham yang disesuaikan antara 8 dan 11 persen. -rls/dst/CSRI

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY