Yayasan Dana Bhakti Astra (YDBA) Berikan Penghargaan pada Para Mitra

Yayasan Dana Bhakti Astra (YDBA) Berikan Penghargaan pada Para Mitra

2044
0
SHARE
Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) Henry C. Widjaja (tengah) berfoto bersama penerima penghargaan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Terbaik (kiri), LPB Terbaik 3 kali berturut-turut (kiri kedua), Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Terbaik (kanan kedua) dan UKM Hijau Terbaik (kanan) saat penyerahan penghargaan di acara syukuran HUT ke-36 YDBA di Auditorium Lt.3 Gedung PT Astra International Tbk (26/5)

CSRINDONESIA – Berkenaan dengan syukuran peringatan hari ulang tahun (HUT)ke-36, YDBA telah memberikan penghargaan bagi UMKM Mandiri, UMKM Hijau, Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Terbaik, Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Terbaik dan Instruktur Terbaik. Mereka yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah sebagai berikut:

1. PT Cipta Perdana Lancar
PT Cipta Perdana Lancar adalah sebuah perusahaan yang memproduksi spareparts kendaraan bermotor yang berlokasi di Tangerang dengan karyawan lebih dari 500 orang. Perusahaan yang berkomitmen untuk memenuhi persyaratan dan memberikan jaminan kepuasan kepada pelanggan ini telah menunjukkan keunggulannya dengan selalu berkomitmen untuk tidak membuat & mengirim produk not good, melakukan pengiriman produk tepat jumlah & waktu serta melakukan improvement melalui ide perbaikan.

Untuk selalu menjadi lebih baik, Cipta Perdana tidak pernah berhenti meningkatkan kompetensi SDM dengan mengikutsertakan karyawan mengikuti pelatihan di berbagai lembaga pelatihan. Perusahaan yang dipimpin oleh Hamim ini juga telah mengikuti pendampingan bidang HRD/HRODP yang diselenggarakan YDBA. Untuk memperluas pasar, perusahaan ini juga turut serta mengikuti pameran GIIAS yang difasilitasi YDBA pada tahun 2015 lalu.

2. Bengkel Mutiara Car Care
Bengkel yang dipimpin oleh Ahmad Yusuf dan berlokasi di Depok ini berhasil mendapat penghargaan sebagai Bengkel Mandiri berkat komitmen dan keseriusannya melaksanakan 5 pilar kemandirian, yaitu HRD, Produksi, Pemasaran, Keuangan dan CSR & Environment, Health and Safety.

Bengkel yang dikenal dengan layanan steam robotic ini konsisten mengikuti pelatihan pengembangan bengkel di YDBA. Mutiara Car Care juga telah mengikuti pendampingan LK3 yang diadakan YDBA. Mutiara Car Care juga aktif dalam organisasi bengkel yang dibina YDBA, yaitu Himpunan Bengkel Binaan YDBA.

3. Samsulianto
Petani hortikultura Mitra LPB Pama Daya Taka yang bertempat tinggal di Paser, Kalimantan Timur ini berhasil mendapatkan penghargaan sebagai UMKM Mandiri Bidang Pertanian. Petani ini selalu siap membagikan ilmunya kepada petani lain. Dia juga berhasil mengelola demplot hortikultura dan berhasil membuka akses pasar ke berbagai wilayah, antara lain Samarinda, Balikpapan, Banjarmasin, Barabai dan Tanah Grogot.

4. Rizky Kerupuk Kemplang
Rizky Kerupuk Kemplang merupakan salah satu UKM Mitra LPB Palembang yang berdiri sejak tahun 1992. UMKM yang dipimpin oleh Jamaluddin ini berhasil mendapatkan penghargaan sebagai UKM Mandiri Bidang Kerajinan berkat upayanya mengimplementasikan (quality, cost, delivery dan innovation).

Menjaga kualitas produknya dan harga yang terjangkau serta melakukan delivery tepat waktu dan mau mendengarkan pendapat orang lain untuk selalu berinovasi, menjadi kebiasaan positif UMKM asli Palembang ini.

Saat ini, produk UMKM ini telah memasuki pasar modern seperti Alfamart dan Hypermart. Perusahaan ini juga telah melewati proses sistem kelayakan produksi untuk memperoleh SNI. Selalu memberikan ilmu dan tidak takut mendapat pesaing baru,menjadi nilai tambah UMKM yang produknya dikenal sebagai produk terpercaya di Palembang.

UKM Hijau
PT Rizki Asa Buana
Perusahaan manufaktur ini berdiri sejak tahun 2008 dan kali ini berhasil mendapatkan penghargaan sebagai UKM Hijau. Perusahaan yang digawangi oleh Eki Komarudin ini telah
bergabung menjadi UKM Mitra YDBA sejak tahun 2011.

“Do Something untuk Mencapai Mimpi” adalah kalimat yang selalu dipegang Eki untuk mencapai mimpinya dalam mengembangkan usaha manufaktur yang dirintisnya. PT Rizki Asa Buana konsisten mengikuti program pelatihan serta pendampingan yang diselenggarakan YDBA, seperti QCC, LK3 serta 5R.

LPB Terbaik
1. LPB Banua Prima Persada
LPB Banua Prima Persada adalah salah satu LPB dari 13 LPB aktif tahun 2016 yang didirikan oleh YDBA. LPB ini berdiri pada tahun 2012 atas kerjasama PT Pamapersada, PT Kalimantan Prima Persada, PT Prima Multi Mineral dan YDBA. Tahun ini, LPB yang telah memiliki 320 UKM binaan ini mendapatkan penghargaan khusus karena telah menjadi LPB Terbaik 3 kali berturut-turut, yaitu tahun 2012, 2013 dan 2014.

UKM ini membina UKM di bidang pertanian, perikanan, manajemen usaha dan olahan makanan. Salah satu prestasi yang menonjol dari LPB ini adalah keberhasilannya memfasilitasi pemasaran produk petani ke pasar modern seperti Lottemart dan Giant.

2. LPB PPKP Mataram
LPB PPKP Mataram merupakan salah satu LPB yang didirikan YDBA atas kerjasama YDBA dan Dinas Koperasi dan UKM Nusa Tenggara Barat.

Tingginya pencapaian dalam menambah UMKM baru, UMKM yang difasilitasi pasar dan pembiayaan, intensifnya pendampingan yang diberikan kepada UMKM menjadikan LPB yang dikoordinatori oleh Lindrawaty Angkawijaya ini mendapatkan penghargaan sebagai LPB Terbaik.

Berbagai bidang UKM dan Koperasi dibina oleh LPB ini, antara lain bengkel R-2, peternakan ayam potong, perikanan, handicraft, makanan dan minuman, konveksi dan berbagai usaha lainnya.

LKM Terbaik
LKM Mitra Surya Sejahtera
LKM Mitra Surya Sejahtera merupakan salah satu dari 10 LKM yang didirikan YDBA. LKM MSS berdiri sejak tahun 2008 yang berlokasi di Desa Bulu Mario, Kecamatan Sarudu, Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat atas kerjasama YDBA dengan PT Astra Agro Lestari Tbk.

Berkat kondisi pemodalan yang sehat, kualitas aktiva yang produktif, manajemen yang baik, efisiensi yang konsisten, adanya kemandirian dan pertumbuhan serta memiliki jati diri koperasi yang baik, LKM MSS berhasil mendapatkan penghargaan sebagai LKM Terbaik.

Instruktur Terbaik

1. Cartawi
Karyawan PT Isuzu Astra Motor Indonesia ini merupakan salah seorang instruktur yang berstatus masih menjadi karyawan aktif. Ia banyak berkontribusi dalam mengembangkan kompetensi SDM UMKM Bengkel Mitra YDBA. Pria yang telah memberikan pelatihan di YDBA sejak tahun 2015 ini telah berhasil menarik perhatian UMKM untuk belajar dan menguji kompetensinya. Berkat performa mengajar serta konsistensinya untuk mengembangkan SDM bengkel, Cartawi berhasil meraih penghargaan sebagai Instruktur Aktif Terbaik.

2. Susilo Darmadji
Tahun ini, Susilo Darmadji kembali meraih penghargaan untuk kedua kalinya sebagai Instruktur Paska Terbaik, yang dimaksud Instruktur Paska adalah instruktur yang telah pensiun dari status kekaryawanannya di Grup Astra. Pria yang telah lima tahun mengajar di YDBA ini merasa senang dan bangga ketika melihat orang yang dilatih dan didampinginya berhasil. Melalui YDBA, pensiunan PT Astra Daihatsu Motor ini merasa bermanfaat ketika memberikan ilmu kepada UKM Mitra YDBA. Dedikasi yang tinggi serta aktif membantu YDBA dalam mengembangkan metodologi pelatihan dan pendampingan membuat laki-laki berusia 56 tahun ini berhasil meraih penghargaan kembali sebagai Instruktur Terbaik. (WAW)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY