Trakindo Volunteer Mengajar 2016: Menginspirasi Anak Negeri

Trakindo Volunteer Mengajar 2016: Menginspirasi Anak Negeri

4741
0
SHARE
aryawan Trakindo sedang berinteraksi dengan siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri 07 Cileungsi dalam kegiatan Trakindo Volunteer Mengajar (TVM) yang mencerminkan komitmen berkelanjutan Perusahaan terhadap kemajuan pendidikan Indonesia sekaligus dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional. Trakindo Volunteer Mengajar merupakan salah satu kegiatan program kerelawanan karyawan terkait tanggung jawab sosial Trakindo di bidang pendidikan yang dilaksanakan setiap tahun di 40 Sekolah Dasar Negeri (SDN) binaan Trakindo di seluruh Indonesia. Kegiatan ini bertujuan turut serta memajukan pendidikan berbasis karakter dengan melestarikan, memperkokoh dan menerapkan nilai-nilai kebudayaan Indonesia serta menumbuhkan kerelawanan sosial para karyawan.

CSRINDONESIA- Jakarta, PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Caterpillar, kembali menyelenggarakan Trakindo Volunteer Mengajar (TVM) sebagai komitmen berkelanjutan Perusahaan terhadap kemajuan pendidikan Indonesia sekaligus dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional. TVM merupakan salah satu kegiatan program kerelawanan karyawan terkait tanggung jawab sosial Trakindo di bidang pendidikan. TVM dilaksanakan setiap tahun di 40 Sekolah Dasar Negeri (SDN) binaan Trakindo di seluruh Indonesia. Kegiatan ini bertujuan turut serta memajukan pendidikan berbasis karakter dengan melestarikan, memperkokoh dan menerapkan nilai-nilai kebudayaan Indonesia serta menumbuhkan kerelawanan sosial para karyawan.

Dinna Setyani, Communication Manager PT Trakindo Utama, mengatakan, “Bangsa Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional setiap tanggal 2 Mei. Sejalan dengan peringatan tersebut, kami menyadari bahwa pendidikan adalah fondasi bagi pembangunan nasional berkelanjutan yang membutuhkan generasi muda Indonesia yang berpengetahuan luas dan beretika. Oleh karena itu, Trakindo mengambil langkah proaktif dalam berkontribusi mengembangkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan berbasis karakter. Salah satu bentuk perwujudan komitmen tersebut adalah melalui Trakindo Volunteer Mengajar, yang diharapkan dapat membantu mewujudkan pembangunan berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia serta menjadi inspirasi bagi pihak lain untuk terlibat dalam kemajuan pendidikan Indonesia.”

TVM 2016 diselenggarakan di SDN Cileungsi 07 dengan mengusung tema “Membangun Karakter dan Menginspirasi Anak Negeri Demi Kemajuan Bangsa”. Puluhan relawan yang terdiri dari karyawan Trakindo, pelanggan, dan juga rekan media berpartisipasi mengajar siswa dengan membawakan materi-materi pelajaran yang menarik serta edukatif mengenai beragam profesi.

“TVM melibatkan 1.000 karyawan Trakindo dengan lebih dari 13.000 jam mengajar selama 3 tahun terakhir. Melalui interaksi langsung dengan para siswa dan guru, karyawan dapat merasakan pengalaman kegiatan belajar mengajar serta menumbuhkan kepedulian terhadap peningkatan kualitas pendidikan Indonesia,” lanjut Dinna.

Zainal Mutaqim, Kepala Sekolah, Sekolah Dasar Negeri 07 Cileungsi, mengatakan, “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini dan juga antusiasme relawan yang memberikan siswa pengalaman serta pengetahuan yang inspiratif. Kami yakin pengetahuan tersebut dapat memperluas wawasan siswa mengenai pilihan profesi di masa depan, sehingga memberikan motivasi kepada mereka untuk melanjutkan pendidikan dan menggapai cita-cita.”

SDN 07 Cileungsi adalah salah satu dari 40 SDN binaan Trakindo yang memiliki visi dan misi yang sama dengan Trakindo, yaitu menghasilkan generasi muda Indonesia yang berkarakter tinggi dan berkualitas. Adapun prestasi yang telah dicapai oleh SDN 07 Cileungsi antara lain peningkatan akreditasi sekolah, juara 2 Cerdas Cermat tingkat Gugus tahun 2012, juara I lomba marawis tingkat kecamatan 2016, dan dicalonkan sebagai sekolah Adiwiyata (sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih dan indah).

Upaya berkelanjutan Trakindo untuk meningkatkan kualitas pendidikan berbasis karakter bagi 40 SDN di berbagai lokasi di seluruh Indonesia meliputi renovasi sekolah, pendampingan sekolah, pelatihan guru, dan juga pemberian beasiswa. Hingga saat ini, 500 kelas telah direnovasi dan 13.000 siswa serta 1.000 guru telah memperoleh manfaat dari program ini.(WAW)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY