Beranda Berita Seminar Kelompok Koordinasi Arab Bahas Sustainable Development Goals dan Perkuat Kerja Sama...

Seminar Kelompok Koordinasi Arab Bahas Sustainable Development Goals dan Perkuat Kerja Sama Pembangunan

1516
0
BERBAGI

CSRINDONESIA – Jakarta, Indonesia, 15 Mei 2016 – Seminar bersama Kelompok Koordinasi Arab akan mengambil tempat di Jakarta Convention Center pada hari Selasa, 17 Mei 2016 dari jam 13:30 hingga 15:30.

Kelompok Koordinasi ini memiliki 10 institusi pendanaan bilateral dan multilateral, mayoritas berasal dari wilayah Arab, bertujuan mengkoordinasikan upaya pendanaan guna memberikan manfaat lebih besar dibandingkan bila dikelola oleh satu lembaga.

Seminar ini akan diselenggarakan pada side event Sidang Tahunan Islamic Development Bank (IsDB) Group ke-41. Membahas pelaksanaan dari program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dan Agenda Perubahan Iklim, seminar ini fokus pada empat tema:

· Kontribusi Kelompok Koordinasi untuk pembangunan di seluruh dunia, terutama di Asia Selatan dan Tenggara.

· Kebutuhan dan prioritas negara-negara mitra untuk memperkuat kerja sama pembangunan.

· Peran dari Kemitraan Global untuk memperkuat Kerja Sama Pembangunan yang Efektif (GPEDC).

· Peran GPEDC dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SGDs) secara efektif.

Seminar akan dibawakan oleh Presiden IsDB, Menteri Keuangan RI, Menteri Keuangan Malaysia, Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI, dan Sekretaris Senior dari bidang Hubungan Ekonomi Bangladesh.

Perwakilan dari Jajaran Pimpinan GPEDC dari Belanda akan mempresentasikan perkembangan dari agenda efektifitas pembangunan Internasional, dan tujuan Pertemuan Tingkat-Tinggi GPEDC yang akan diselenggarakan di Nairobi, Kenya, 28 November-1 Desember 2016.

Dana OPEC untuk Pembangunan Internasional (OFID) juga akan memberikan pandangan bagaimana Kelompok Koordinasi dapat memperkuat efektifitas pembangunan untuk mendukung pelaksanaan SDGs di negara-negara berkembang.

Seminar juga memberikan kesempatan untuk negara-negara mitra dan komunitas pendanaan pembangunan internasional dalam membahas pelaksanaan SGDs dan strategi agar kerjasama pembangunan menjadi lebih efektif, berdasarkan prinsip-prinsip yang telah disetujui di Busan dan Meksiko. Dua proyek sukses, di Indonesia dan di Turki, yang telah didanai oleh Kelompok Koordinasi akan dipresentasikan oleh negara-negara penerima dana.

Peserta yang terdiri dari petinggi negara, menteri-menteri, pejabat senior dan delegasi dari negara-negara anggota IsDB akan hadir.

Perwakilan dari organisasi-organisasi internasional dan nasional, serta utusan diplomatik yang bertugas di Jakarta akan hadir di seminar ini. (WAW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here