Program P&G Children’s Safe Drinking Water (CSDW) Umumkan Pencapaian 10 Milyar Liter...

Program P&G Children’s Safe Drinking Water (CSDW) Umumkan Pencapaian 10 Milyar Liter Air Bersih Sedunia

1525
0
SHARE
Sejumlah anak-anak Sekolah Dasar Halimuti, Desa Silawan, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur bersama-sama merayakan 1 tahun hadirnya P&G dan ChildFund Indonesia dalam program Children's Safe Drinking Water (CSDW) yang meningkatkan kesadaran masyarakat dan edukasi tentang pentingnya air bersih,sanitasi, dan kebersihan

CSRINDONESIA – Silawan, Belu, Nusa Tenggara Timur, Procter & Gamble (NYSE: PG), produsen Pantene, Downy, Pampers dan brand perawatan rumah tangga dan pribadi terkemuka lainnya, baru-baru ini telah mengumumkan pencapaian 10 milyar liter air minum bersih melalui program non-profit Children’s Safe Drinking Water (P&G CSDW). Pencapaian tersebut seiring dengan dengan satu tahun perjalanan P&G CSDW dalam menyediakan air minum bersih kepada lebih dari 8.000 keluarga di Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia.

Di seluruh dunia, terdapat hampir 700 juta orang yang berjuang setiap hari tanpa akses air minum bersih. Program CSDW, yang dimulai pada tahun 2004, bekerjasama dengan lebih dari 150 mitra dan organisasi untuk upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang masalah air bersih dan menyediakan air minum bersih kepada mereka yang membutuhkan. P&G merayakan pencapaian ini bersama dengan para mitra LSM, pemerintah dan sektor swasta di 20 negara termasuk Brasil, Inggris, Jerman, Nigeria, Afrika Selatan, Singapura dan Indonesia.

Director of Corporate Social Responsibility, P&G Asia, Victoria Great, menyatakan “Kami merayakan pencapaian ini di 20 negara selama bulan Mei, bersama dengan para mitra program yang terdiri dari organisasi kemanusiaan dan penangulangan bencana alam, pemerintah, mitra bisnis, para karyawan, brand ambassadors P&G, dan konsumen, serta mereka yang telah membantu program CSDW hingga mencapai hasil yang luar biasa ini. Paket P&G Purifier of Water sebanyak 1 milyar tersebut telah menyediakan air bersih yang dapat mengubah hidup orang menjadi lebih baik selama 11 tahun.”

“Kami bangga untuk dapat terus memperbaiki kehidupan keluarga di Indonesia melalui inovasi kami, teknologi penjernih air P&G. Kami berterima kasih atas dukungan ChildFund dan pemerintah dalam membantu kami menghadirkan air bersih bagi keluarga yang membutuhkan. Air bersih dapat meningkatkan kesehatan masyarakat, membantu anak-anak tetap bersekolah dan memberikan kesempatan ekonomi yang lebih baik untuk keluarga mereka. “tambah Victoria Great.

Seiring dengan pencapaian tersebut, P&G bersama ChildFund Indonesia baru-baru ini melakukan kunjungan ke Desa Silawan di Kabupaten Belu untuk bertemu dengan masyarakat setempat dan melihat bagaimana program dan air bersih yang disediakan terus membantu memperbaiki kehidupan masyarakat di NTT.

Willibrodus Lay, Bupati Belu; Victoria Great, Corporate Social Responsibility Director, P&G Asia; Nararya S.Soeprapto, Director, PT P&G Home Products Indonesia; Bridgette Thorold, National Director, ChildFund Indonesia; dan, Susan Bachtiar, Brand Ambassador P&G hadir dalam kegiatan peningkatan kesadaran masyarakat dan edukasi mengenai pentingnya air bersih, sanitasi dan kebersihan di wilayah Indonesia Timur. Kegiatan di Desa Silawan, Kabupaten Belu, NTT menyediakan P&G Purifier of Water dan memberikan pendidikan kepada 8.000 keluarga tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), sanitasi yang baik serta cara mencuci tangan dengan air bersih dan sabun.

Director, PT P&G Home Products Indonesia, Nararya S.Soeprapto, menyampaikan “P&G memiliki komitmen untuk meningkatkan dan menyentuh kehidupan keluarga di NTT melalui Program Children’s Safe Drinking Water. Kami sangat senang dapat berada di sini pada hari ini untuk menandai satu tahun perjalanan program kami di Desa Silawan dan memiliki kesempatan untuk bertemu dengan masyarakat setempat. P&G berbagi kekuatan dari air bersih untuk meningkatkan kesehatan, melanjutkan pendidikan dan membantu menciptakan peluang ekonomi bagi anak-anak dan keluarga di wilayah ini. ”

National Director, ChildFund Indonesia, Bridgette Thorold, mengatakan “ChildFund Indonesia menyambut baik kesempatan untuk bekerjasama dengan Procter & Gamble dalam proyek CSDW, hal ini seiring dengan upaya kami untuk memperluas kemitraan dalam menemukan solusi untuk mengatasi tantangan yang mempengaruhi perkembangan anak-anak. Hanya dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, termasuk sektor swasta, kita dapat menemukan solusi yang efektif dan berkelanjutan untuk mewujudkan kesejahteraan anak-anak.”

Bridgette menyampaikan lebih lanjut bahwa proyek CSDW ini merupakan solusi alternatif untuk memudahkan akses air minum bersih bagi anak-anak dan keluarga dari masyarakat di NTT. Program ini dapat membantu menjawab kebutuhan sementara para pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, sektor swasta, dan sektor publik sambil mencari solusi berkelanjutan untuk penyediaan air bersih dan sehat secara gratis dan untuk jangka waktu yang panjang bagi seluruh masyarakat.

Maria Goreti, penerima manfaat program P&G CSDW di NTT, menyampaikan “Seringkali kami harus berjalan sangat jauh untuk mendapatkan air untuk kebutuhan kami sehari-hari. Terkadang kami harus mengantri dan saat musim kering jumlah air mungkin tidak mencukupi untuk kebutuhan semua orang. Sekarang keluarga kami memiliki air minum bersih hanya dari menggunakan sachet kecil Purifier of Water yang diberikan melalui ChildFund dan unit kesehatan masyarakat di Kabupaten Belu. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dalam membantu keluarga kami hidup lebih baik.”

“Ketika anak-anak dan keluarga memiliki akses air bersih dan sanitasi yang layak, kehidupan mereka dapat berubah. Anak-anak seperti Annisa dapat tetap sehat dan dapat menghadiri sekolah mereka setiap hari dan menggapai cita-cita mereka. Sementara itu, orang tua dan anak-anak tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengumpulkan air dan orang tua dapat fokus pada kegiatan lainnya yang lebih produktif bagi keluarga mereka, “kata Nararya.

“Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap Children’s Safe Drinking Water dan P&G Berbagi Asa, kami berkomitmen untuk terus menyediakan kekuatan dari air bersih dan bekerja mencapai tujuan kami selanjutnya untuk menyediakan 200 juta liter di Indonesia pada tahun 2020,” tambah Nararya.

Di Indonesia, selama lebih dari 10 tahun, P&G telah memberikan lebih dari 16 juta sachet, setara dengan 160 juta liter air, untuk kegiatan bantuan bencana alam di Indonesia, seperti, Tsunami di Aceh tahun 2004; gempa yang melanda Yogyakarta tahun 2006 dan Padang tahun 2009; Letusan Gunung Merapi di Jawa Tengah tahun 2012; bencana banjir tahunan di Jakarta; dan masih banyak lagi. Pada tanggal 21 April 2015 lalu, melalui komitmennya kepada masyarakat di Indonesia, P&G Berbagi Asa kepada lebih dari 8.000 keluarga di NTT dengan menyediakan akses air bersih untuk periode tiga tahun.

Para Ilmuwan P&G menciptakan paket P&G Purifier of Water dengan menggunakan penelitian teknologi pemurnian dan bekerjasama dengan US Centers for Disease Control and Prevention. Selama lebih dari 175 tahun, P&G telah berfokus dalam mengembangkan Kesehatan, Kebersihan dan inovasi pemurnian melalui brand kami Pampers, Pantene , Head & Shoulders, Downy, Oral-B, dan brand lainnya. (WAW)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY