Grup Astra 40 Tahun Konsisten Jalankan Program CSR Secara Berkelanjutan

Grup Astra 40 Tahun Konsisten Jalankan Program CSR Secara Berkelanjutan

2552
0
SHARE
Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto didampingi oleh tokoh masyarakat setempat sedang mencoba air yang keluar dari Water Treatment Plant (WTP) di Kampung Berseri Astra yang terletak di Kampung Keputih Tegal Timur, Surabaya, Jawa Timur. Kampung Berseri Astra merupakan wilayah dengan lingkungan yang bersih dan hijau serta masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif yang mewakili empat pilar Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalankan oleh Astra, yaitu bidang Pendidikan, Lingkungan, Usaha Kecil & Menengah (UKM) dan Kesehatan. Selain di Kampung Keputih Tegal Timur - Surabaya, Astra telah melaksanakan program Kampung Berseri Astra di 30 wilayah lainnya, di antaranya Sungai Bambu - Jakarta, Warakas - Jakarta, Papanggo - Jakarta, Cakung Barat - Jakarta, Suoh - Lampung, Pasirluyu - Bandung, Pulau Seribu, Bali dan Balikpapan. Kampung Berseri Astra merupakan salah satu program CSR Astra yang komprehensif, karena memasukkan seluruh pilar CSR Astra yaitu Pendidikan, Lingkungan, IGA/UKM dan Kesehatan.

CSRIndonesia – Astra telah menjalankan kegiatan tanggung jawab sosial sejak lebih dari 40 tahun lalu melalui tiga jalur. Astra International sebagai perusahaan induk (holding company), anak-anak perusahaan dalam enam lini bisnis yang didukung 
oleh 198 perusahaan dan Sembilan yayasan pada tahun 2015. Kegiatan tanggung jawab sosial Astra fokus pada empat pilar, yaitu: Pendidikan, Lingkungan, Income 
Generating Activities (IGA) dan Kesehatan. Dalam bidang pendidikan Astra telah membina 14.987 sekolah, dalam bidang lingkungan Astra telah 
menanam 3.567.237 pohon, dalam bidang IGA Astra telah membina 853 kelompok dan dalam bidang kesehatan Astra telah mengobati 116.093 pasien.

Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto menyatakan, “Pada tahun 2015, kami menandai pencapaian di bidang lingkungan dan tanggung jawab sosial melalui kontribusi konsisten yang dilakukan dalam berbagai program tanggung jawab sosial perusahaan dengan fokus pada empat pilar: Pendidikan, Lingkungan, IGA atau Usaha Kecil & Menengah/Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Kesehatan, serta melalui sembilan yayasan.”

Astra selalu menjaga komitmen tersebut secara konsisten melalui empat pilar utama, yaitu: Pendidikan, Lingkungan, Income Generating Activities (IGA) dan Kesehatan. Pada tahun 2015 lalu, dalam bidang pendidikan Astra membina 5.021 guru, dalam bidang lingkungan Astra menanam 26.700 pohon mangrove, dalam bidang IGA penyerapan tenaga kerja mencapai 3.548 sepanjang tahun 2015 dan dalam bidang kesehatan Astra mengumpulkan 48.037 kantong darah. Sementara itu, berikut adalah pencapaian kegiatan CSR Astra dalam empat pilar hingga tahun 2015.

Melalui kontribusi dan program tanggung jawab sosial yang seimbang, Astra berupaya membangun ketahanan masyarakat dan lingkungan sekitarnya sejak lebih dari 40 tahun yang lalu, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia melalui Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia. Melalui SATU Indonesia, Astra mengembangkan dan meningkatkan keterlibatan perusahaan dalam mendukung pembangunan Indonesia, berkontribusi secara berimbang dalam menjalankan bisnis berkelanjutan, sehingga goal Astra tahun 2020, menjadi kebanggaan bangsa dapat tercapai.

Pendidikan

Program CSR Astra di bidang pendidikan meliputi hardware, software dan brainware. Pada tahun 2015, sasaran program pendidikan juga semakin diperluas menyentuh para peserta didik dan guru-guru di berbagai wilayah Indonesia. Program CSR atau kontribusi sosial Astra di bidang pendidikan dilaksanakan melalui 198 perusahaan Grup Astra dan 9 yayasan yang bernaung di bawahnya.

Lingkungan

Sebagai sebuah organisasi yang bertanggung-jawab, Astra selalu mengelola dampak bisnis terhadap lingkungan. Upaya pelestarian lingkungan dilakukan untuk melindungi kemampuan lingkungan hidup terhadap tekanan perubahan dan dampak negatif yang ditimbulkan serta menjaga stabilitas lingkungan untuk menjadi tempat hidup. Fokus program lingkungan di Astra berupa: konservasi, sanitasi lingkungan dan kampanye gaya hidup ramah lingkungan.

UKM (Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat)
Program IGA dikembangkan sesuai dengan hasil pemetaan sosial dan menggali potensi wilayah untuk dapat diubah menjadi manfaat ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat, melalui strategi pelatihan, perluasan jaringan pemasaran dan pengembangan aktivitas kewirausahaan lainnya. Khusus terkait pembinaan usaha mikro, kecil & menengah (UMKM), Astra dimotori oleh Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) yang didirikan sejak 1980 bersama dengan Astra Mitra Ventura (AMV).

Kesehatan
Fokus Astra pada program CSR kesehatan adalah kesehatan ibu dan anak serta akses kesehatan bagi lapisan masyarakat prasejahtera. Astra dan anak usahanya menyadari kesehatan merupakan bagian penting dari kesejahteraan masyarakat mengingat dengan meningkatkan upaya kesehatan maka produktivitas kerja akan meningkat, kesehatan masyarakat terlindungi dan pada gilirannya kesejahteraan masyarakat meningkat dan bangsa Indonesia dapat bangkit.

Selain melalui empat pilar utama dan sembilan yayasan, Astra juga menyelenggarakan program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober. Program ini bertujuan memberikan apresiasi kepada pemuda-pemudi Indonesia berusia di bawah 35 tahun yang telah membuat perubahan dan bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya melalui lima bidang, yaitu Pendidikan, Lingkungan, UKM, Kesehatan dan Teknologi.(WAW)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY