Catatan “Global CSR Summit & Awards 2016”

Catatan “Global CSR Summit & Awards 2016”

3278
0
SHARE

CSRIndonesia – Ajang penghargaan internasional bergengsi pada acara “Global CSR Summit & Awards 2016” tak pernah surut dari peserta  negara-negara Asia dan dunia. Event Organizer asal Singapura dengan bendera  Pinnacle Group, cukup sukses menjalankan kegiatan CSR Award itu yang sudah ke delapan kalinya.  Melvin Chan, direktur Pinnacle Group, menetapkan perusahaan terbaik untuk mendapatkan penghargaan  dengan berbagai katagori,  di Laguna Hotel Nusa Dua Bali, Indonesia pada 21-22 April 2016 lalu.

Lebih dari 200 perusahaan global dan regional serta para eksekutif senior dari perusahaan multinasional dan perusahaan terkemuka di Asia menghadiri acara tersebut. CSR global Summit & Awards telah menjadi acuan  sebagai merek global yang dikenal untuk meningkatkan dalam mengemas  ide dan topik dalam hal transformasi sosial, inovasi produk yang mengubah dunia dan kontroversial topik dan  bertujuan untuk menginspirasi ide-ide yang  berani untuk mendorong perubahan skala besar dan perbaikan lingkungan dan  manusia.

Dari 200 perusahaan  yang diterima panitia dari seluruh dunia, ada  42 perusahaan yang diberikan penghargaan tertinggi dalam 7 kategori penghargaan utama untuk The CSR global, yaitu: Best Community Programme, Best Environmental Excellence, Excellence in Provision of Literacy & Education, Empowerment of Women, Best Workplace Practices, Product Excellence and CSR Leadership and 4 main award categories for the Global Good Governance Awards namely Best CEO Award, Best CFO Award, Best Corporate Communication Award and Best Governed and Most Transparent Award.

Pengukuhan penghargaan diumumkan sore menjelang malam (21/4) bertepatan dengan hari Kartini, pada saat  setelah berlangsungnya konferensi, diskusi  & pameran dengan 30 pembicara skala internasional yang mumpuni dibidangnya dalam melakukan praktek – praktek CSR.  Selain mengumumkan hasil award  “8th Annual global CSR & Awards 2016” juga pada “ Awards Good Governance” memutuskan kandidat terbaik di , dari 200 perusahaan yang tersaring itu adalah sebagai berikut :

Best Community Programme Award (Program Community Penghargaan Terbaik Kurang dari US1 Miliar di Kapitalisasi Pasar) PTTEP Malunda Limited (Platinum) Maynilad Water Services, Inc (Gold) PT Jawa Power (Gold) PT Reckitt Benckiser (Silver) PT Samsung Electronics Indonesia (Bronze). Best Community Programme Award  lebih dari 1 milyar pasar kapitalisasi PT Hero Supermarket Tbk (Platinum) DHL Asia Pacific (Gold) Takeda Pharmaceutical Company Ltd (Gold) PT Pertamina (Persero) (Gold) Maybank Foundation (Silver) PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) (Silver) PT Adaro (Bronze) PT Donggi Senoro LNG (Bronze). Best Environmental Excellence Award kurang dari 1 milyardi  pasar kapitalisasi  Maynilad Water Services, Inc (Platinum) PT Jawa Power (Gold) Ricoh Asia Pacific Pte Ltd (Silver) Djarum Foundation (Bronze)Best Environmental Excellence Award lebih dari 1 milyar pasar kapitalisasi Infosys Limited (Platinum) Tenaga Nasional Berhad (Gold) TNB Janamanjung Sdn Bhd (Silver) Tetra Pak (Thailand) Ltd (Bronze). Excellence in Provision of Literacy & Education Award kurang dari 1 milyar di pasar kapitalisasi  Djarum Foundation (Platinum) Megaworld Foundation (Gold) Sarawak Energy Berhad(Silver) PT Sun Life Financial Indonesia (Bronze). Excellence in Provision of Literacy & Education Award lebih dari 1 milyar di pasar kapitalisasi, Samsung Electronics (SEA & Oceania)(Platinum) Bank Indonesia (Gold) PT Pertamina (Persero)(Gold) XL Axiata (Silver) PT Bank CIMB Niaga (Bronze).Empowerment of Women Award Tata Consultancy Services (Platinum) Bank Indonesia (Gold) Mastercard Asia Pacific (Gold) Qualcomm Wireless Reach (Silver) PT Omron Manufacturing of Indonesia (Bronze)  Best Workplace Practices Award Yes Bank Ltd (Platinum) TNB Janamanjung Sdn Bhd (Gold) OceanaGold Philippines Inc (Gold) PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Silver) Kulim (Malaysia) Berhad (Bronze). Product Excellence Award Yes Bank Ltd (Platinum) Tetra Pak (Thailand) Ltd (Gold) Toyota Motor Asia Pacific Pte Ltd (Silver) Bank Indonesia (Bronze).

CSR Leadership Award kurang dari 1 milyar di pasar kapitalisasi Ricoh Asia Pacific Pte Ltd (Platinum) PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Gold) Sansiri PLC (Silver) PT Kirana Megatara (Bronze) CSR Leadership Award lebih dari 1 milyar pasar kapitalisasi Capitalization Tenaga Nasional Berhad (Platinum) Yes Bank Ltd (Gold) PT Holcim (Silver) Kulim (Malaysia) Berhad (Bronze). Best CEO Award PT HM Sampoerna Tbk (Gold) Yes Bank Ltd (Silver) Megaworld Corporation (Bronze). Best CFO Award PT HM Sampoerna Tbk (Gold) XL Axiata (Silver). Best Corporate Communications & Investor Relations Award Megaworld Corporation (Gold) SM Investments Corporation (Silver) PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Bronze). Best Governed & Most Transparent Company Award Yes Bank Ltd (Gold) RHB Capital Berhad (Silver) SM Investments Corporation (Bronze). Merit Awards Atimonan One Energy, Inc. PT Pam Lyonnaise Jaya (PALYJA) YTL Hotels YTL Cement Citibank Indonesia CNOOC SES Ltd Dubai Customs Tower Bersama Infrastructure Tbk PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills Friesland Campina Asia.

Menurut Chan, tujuan diselenggarakannya  award ini adalah untuk menciptakan standar global dalam meningkatkan kesadaran CSR sebagai ajang prestasi  bergengsi yang mendapatkan pengakuan di dunia. disamping  itu juga untuk menghormati individu yang luar biasa dan perusahaan di seluruh dunia atas kontribusi mereka dalam pelestarian lingkungan, transformasi masyarakat dan pengentasan kemiskinan, hak-hak perempuan dan kesejahteraan, praktik kerja dan inovasi produk dalam CSR.

“The Global CSR Summit Award  telah bertahan sekian lama dan telah teruji dengan  waktu yang  didukung oleh perusahaan-perusahaan besar  dari seluruh dunia termasuk beberapa perusahaan Fortune 500. Standar acara ini telah diajukan lebih tinggi untuk memimpin praktek dengan tidak menerima sponsor dari perusahaan yang ingin menyampaikan calon mereka. Inilah yang membedakan atas  penghargaan bergengsi ini dengan acara semacamnya. Meskipun pada dasarnya partisipasi dukungan moral dan etik yang kuat dan baik dari perusahaan tetap memegang peranan penting untuk dapat  mendukung sepenuhnya acara ini. Kegiatan ini sebelumnya diselenggarakan di Yogyakarta dan pernah juga  Singapura dan Philipina. “ Ujar Chan yang juga ingin ingin membawa ajang bergengsi ini ke pasar penting di seluruh dunia untuk beberapa tahun ke depan bisa diselenggarakan di Malaysia, Thailand, Korea, dan  Australia

Global CSR Summit & Awards 2016 tahun ini mengusung thema, “THE THRIVING IN THE NEW NORMAL IN TODAY’S GLOBALIZED WORLD,”  yang akan membicarakan dan mendiskusikannya  untuk mendapatkan solusi dan mengatasi masalah yang sangat besar saat ini tentang arus globalisasi yang melanda dunia. Dunia telah berubah drastis sejak dekade terakhir, masalah umum dalam ruang CSR seperti lingkungan dan ekologi, orang-orang dan masyarakat, perusahaan dan ekonomi telah menjadi lebih menantang sampai hari ini. Keadaan degradasi lingkungan telah menjadi lebih parah dengan dampak yang mengerikan bagi kehidupan manusia dan ekologi lokal dan luar negeri.

Oleh karena itu , seminar ataupun dialog dan dskusi menghadirkan berbagai  tamu  kehormatan seperti; Mr Dicky Edwin Hindarto, Kepala Mekanisme Kredit Indonesia Joint Carbon Sekretariat dan panel  hakim  kami yaitu: Mr Sreenivas Narayanan, Grup MD untuk ASSIST Asia, Mr Geoff Shephard, Direktur Operasi, World Vision Indonesia, Mr Tommy Pacatang, Chief Operating Officer, Habitat for Humanity Indonesia, Dr Geoffrey Williams, Managing Partner, William Konsultasi Sdn Bhd dan Mr Kusuma Adinugroho, Bank Dunia TImor Leste.

Sedangkan persiapan untuk acara ini memerlukan waktu 6 bulan lamanya dengan terus pertambahan dari berbagai negara yang mengikuti seperti dari Singapura, Malaysia, Indonesia, India, Cina, Vietnam, Filipina, Mongolia, Thailand, Jepang, Korea dan Australia. “Selain memiliki seluk beluk promosi yang handal, bekerjasama dengan berbagai macam media seperti yang dilakukan juga dengan Majalah EnergyWorld dan CSR-Indonesia dalam payung PT Meprindo, Pinnacle Group juga memakai kekuatan socialita seperti lebih dari 9.000 pengikut di facebook juga lebih dari 200 delegasi menghadiri konferensi kami.” ujar Chan.

Awalnya  kegiatan ini hanya di ikuti dengan 60 perusahaan saja, namun lambat laun telah terus bertumbuh dengan promosi yang berjalan bagai air yang mengalir, macam ‘getok ular’ atau dari mulut ke mulut ,media partner, media sosial, pemasaran lewat email. Jadi dari sanalah dukungan dari berbagai perusahaan untuk mengikuti acara tersebut dapat terus tumbuh dan berkembang dari tahun ke tahun.  Sedangkan proses pemilihan award diawai dengan menyampaikan calon mereka, mempersiapkan dokumentasi dan bukti  berupa rekaman atau video ataupun transparansi pemaparan berupa file yang dapat menguraikan dan menjelaskan  pekerjaan mereka dalam berbagai kategori penghargaan.

Chan menjelaskan, pada kiriman awal, panitai akan memeriksa apakah perusahaan telah  memenuhi persyaratan dan kriteria yang paling dasar dengan metodologi screening milik mereka kami ketika top 20 kiriman akan diputar dan disusun. Kemudian juri akan mencetak melalui sistem rubrik Peringkat metodologi standar. Skor selanjutnya adalah rata-rata penilaian antara beberapa juri yang berbeda untuk mencegah outlyers dan bias ekstrim dalam hasil oleh para juri. Perusahaan yang mensponsori tidak diperbolehkan untuk berpartisipasi dalam penerimaan  penghargaan. Sedangkan proses penjurian bisa memakan waktu hingga satu bulan lamanya.

“Kesulitannya dalam pemilian award ini adalah bagaimana harus bisa menegakkan standar integritas dan ketidakberpihakan dalam pemilihan award dan objective. Kita menyadari bahwa ada sejumlah acara lokal dan pengukuhan award yang didorong oleh keuntungan finansial dan sponsor  sehingga hasilnya bisa sangat bias. Meskipun demikian, kami memutuskan untuk mengambil jalan moral yang tinggi dengan tidak menerima sponsorship jika perusahaan ingin berpartisipasi untuk penghargaan ini. Sejauh ini, kami telah sangat berhasil dalam usaha kami dan terus menarik sejumlah besar perusahaan untuk mendukung acara kami. Saya pikir perusahaan sekarang sangat cerdas dan tidak ingin diri mereka terkait dengan kontroversi ketika mereka terlihat mengerahkan tekanan pada penyelenggara melalui kontribusi keuangan,” kata Chan.

Harapan akhir pada acara award itu, Chan mengungkapkan bahwa ia ingin menjadi agen perubahan positif tidak hanya akademik dan teoritis pemikiran umum di konferensi lainnya. Mengidentifikasi berbagai perusahan yang telah menciptakan dampak positif untuk masyarakat dan lingkungan  untuk berbagi ide-ide mereka di acara award seperti ini.  Selebihnya juga mengajak peserta atauu delegasi untuk mengikuti beberapa lokasi ecotour  unik di setiap negara diikuti dengan kunjungan ke beberapa program CSR yang telah disponsori. Kali ini pada hari terakhir 22 April para peserta mengunjungi desa binaan Bank Indonesia di sebuah desa di Bali. “ Dengan memiliki elemen tur fisik dalam acara tersebut, lebih lanjut, memperkuat pesan dari konferensi dengan melihat pengalaman dan lebih dari itu juga mempromosikan sebuah ikatan dan membuka peluang kolaborasi antara delegasi dengan  organisasi yang berbeda lainnya,” jelas Chan. (USSIE)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY