Beranda CSR CSR Pendidikan Astra Serahkan Lebih dari Rp27 Miliar Paket Beasiswa

Astra Serahkan Lebih dari Rp27 Miliar Paket Beasiswa

2744
0
BERBAGI
Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas (kiri) didampingi oleh Menteri Ristek & Dikti M. Nasir (kanan) menyerahkan secara simbolis bantuan 7.081 sepatu/tas untuk anak Indonesia di wilayah prasejahtera kepada Sekditjen Pembangunan Daerah Tertinggal Kementerian Desa, Pembangunan Desa dan Transmigrasi Razali (tengah) Astra pada talkshow bertema “Optimalisasi Teknologi Informasi dan Inovasi Dalam Bidang Pendidikan” (19/5). Acara ini merupakan peringatan puncak Hari Pendidikan Nasional sekaligus menutup gerakan sosial “Guruku Inspirasiku’ yang dilaksanakan sejak 23 Maret hingga 18 Mei 2016.

CSRINDONESIA – Astra menyerahkan secara simbolis lebih dari 22.000 paket beasiswa dari Astra untuk anak-anak Indonesia jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi senilai lebih Rp27 miliar untuk tahun ajaran 2016/2017 yang diserahkan oleh Menteri Nasir didampingi Pongki Pamungkas.

Selain itu diserahkan juga secara simbolis bantuan sepatu/tas sekolah untuk anak-anak di daerah prasejahtera yang diterima oleh Razali. Acara ini dihadiri oleh para dosen, komunitas pendidikan, kepala sekolah dan mitra penggerak pendidikan.

Pada kesempatan ini, Menteri Nasir juga mengunjungi fasilitas pendidikan Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra). Kunjungan ini sejalan dengan program Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang fokus untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia.

“Pendidikan vokasi mampu menyiapkan tenaga kerja berketerampilan tinggi yang siap pakai karena porsi pembelajaran didedikasikan untuk praktek sebesar 65%, dan juga 43% tenaga pendidik Polman Astra merupakan profesional dari industri Astra. Praktek ini diberikan bukan hanya di laboratorium atau workshop Polman Astra, tetapi juga di industri. Pada tahun ke-3 mahasiswa Polman Astra ditempatkan magang di berbagai industri Astra dan mendapat bimbingan dari para mentor di industri. Ini menjadi salah satu kekuatan pendidikan di Polman Astra yaitu dukungan dari pimpinan industri Astra dalam praktek magang mahasiswa. Ini mirip dengan praktek pendidikan vokasi yang ada di negara-negara maju seperti Jerman, Swiss, dan Jepang,” ujar Direktur Politeknik Manufaktur Astra Tony Harley Silalahi.

Polman Astra sejak tahun 1995 meluluskan 2.718 mahasiswa D3. Sebanyak 507 mahasiswa dari 21 provinsi di seluruh Indonesia menerima beasiswa Astra.

Guruku Inspirasiku
Gerakan sosial “Guruku Inspirasiku”, yang merupakan bagian dari kampanye Astra Untuk Indonesia Cerdas, dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional.Astra mengajak masyarakat Indonesia untuk menyebarkan kisah inspiratif guru, mentor, pelatih dan sosok pengajar lainnya. Dari setiap cerita inspiratif yang diunggah ke www.satu- indonesia.com/AstraUntukIndonesiaCerdas, Astra berkomitmen akan memberikan bantuan sepatu atau tas bagi anak-anak Indonesia di wilayah prasejahtera, sebagai usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan generasi penerus bangsa.

Hingga akhir periode gerakan “Guruku Inspirasiku”, Astra berhasil mengumpulkan 7.081 cerita inspiratif dari masyarakat. Jumlah cerita yang terkumpul akan dikonversi menjadi tas dan sepatu untuk didonasikan kepada anak sekolah di daerah prasejahtera.

Pada tahun 2015, melalui gerakan sosial GenerAKSICERDASIndonesia, Astra telah menyerahkan 6.000 pasang sepatu dan 1.958 tas kepada anak sekolah di wilayah prasejahtera.

Astra memiliki program kontribusi untuk masyarakat melalui empat pilar utama, yaitu Pendidikan, Lingkungan, Usaha Kecil & Menengah serta kesehatan.

Di pilar Pendidikan, Astra melaksanakan program-program secara komprehensif mulai dari hardware, brainware dan software dan melalui 9 yayasannya. Astra meyakini pendidikan dapat membentuk manusia yang unggul sebagai kekayaan terbesar sebuah bangsa, sekaligus menjadi salah satu langkah utama untuk memajukan dan menyejahterakan masyarakat.
Salah satu wujud komitmen dan dukungan Astra untuk mengembangkan pendidikan di 31 provinsi dimulai dari beasiswa untuk siswa yang saat ini telah mencapai 207.201 paket beasiwa telah diberikan, pengembangan kompetensi untuk 33.220 guru & membina 14.987 sekolah serta 20 Rumah Pintar Astra di Seluruh Indonesia.

Salah satu program pendidikan Astra untuk SD hingga SMK di daerah terpencil dan prasejahtera dilakukan oleh Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim dan Yayasan Astra Agro Lestari. Pendidikan D3 dilaksanakan oleh Polman Astra melalui Yayaan Astra Bina Ilmu. Selain itu, program pendidikan lainnya juga dilakukan oleh Yayasan Toyota & Astra, Yayasan Astra Honda Motor, Yayasan Karya Bhakti UT, Yayasan Amaliah Astra dan Yayasan Insan Mulia Pama.
Pada prinsipnya, di mana pun Astra berada harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma, yaitu Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara. Astra, sepanjang perjalanannya sejak tahun 1957 senantiasa mendedikasikan karyanya untuk kemajuan bangsa Indonesia. (WAW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here