Beranda CSR CSR Kesehatan SHARP Donasikan 100 Air Purifier Mosquito Catcher Melalui Program Arisan Sehat

SHARP Donasikan 100 Air Purifier Mosquito Catcher Melalui Program Arisan Sehat

687
0
BERBAGI
Haruhiko Sano (kiri) dari SEID saat menyerahkan secara simbolis seratus unit Air Purifier Mosquito Catcher kepada pimpinan warga Desa Mandalajaya Bekasi

Jakarta, CSRINDONESIA – PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) terus memperkokoh komitmennya untuk memberikan kontribusi nyata pada peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia. Selain rutin menggelar pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga tidak mampu yang bertajuk Program Kesehatan Masyarakat Keliling (ProSmiling), kini SHARP meluncurkan program kesehatan terbarunya yaitu Arisan Sehat Plasmacluster yang bertujuan untuk menjaga kesehatan lebih dari 4 ribu rumah tangga, panti asuhan, dan Posyandu di sejumlah wilayah di tanah air, yaitu Jabodetabek, Surabaya, Pekanbaru, Jogjakarta, Lampung, Makassar, dan Padang. Untuk mendukung program ini, SEID mendonasikan seratus unit Air Purifier Mosquito Catcher atau penjernih udara dengan fitur penangkap nyamuk ke wilayah-wilayah sasaran tersebut melalui bantuan dari Lembaga Posko Kemanusiaan Peduli Umat (PKPU).

Pada program ini, setiap rumah tangga akan mendapatkan penyuluhan kesehatan dari kader kesehatan Plasmacluster masing-masing wilayah mengenai pentingnya menjaga kualitas udara dan tata cara hidup sehat terbebas dari nyamuk yang merupakan perantara dari berbagai penyakit. Setiap rumah tangga, yang dipilih melalui undian, akan dibekali oleh satu unit produk Air Purifier Mosquito Catcher selama dua minggu secara bergiliran, sehingga mereka dapat merasakan manfaat udara sehat sesegar di alam bebas sekaligus terbebas nyamuk tanpa menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya.

“Beberapa waktu lalu kami di SHARP sempat tersentak dengan kasus virus Zika yang kabarnya dibawa oleh nyamuk. Sebagai produsen elektronik yang berkomitmen dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia, kami berpikir bagaimana kami dapat memberikan kontribusi, sekecil apapun itu, untuk Indonesia. Melalui program Arisan Sehat Plasmacluster ini, kami gembira dapat mendonasikan seratus unit produk Air Purifier Mosquito Catcher di sejumlah wilayah di Indonesia yang rentan terhadap penyakit dengan perantara virus, bakteri, dan nyamuk. Produk ini sangat rendah dalam hal konsumsi listrik, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terbebani dengan biaya listriknya. Selain itu, cara perawatannya pun sangat mudah. Kami berharap, dukungan ini dapat membantu mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan oleh ketiga hal tersebut, serta meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia,” jelas Haruhiko Sano selaku General Manager Brand Strategy Group Division SEID, usai menyerahkan secara simbolis produk Air Purifier Mosquito Catcher kepada pimpinan warga Desa Mandalajaya, Tarumajaya, Bekasi, pada 29 Maret 2016.

Produk penjernih udara (air purifier) model FP-FM40 yang dilengkapi oleh fungsi penangkap nyamuk (mosquito catcher) merupakan sebuah terobosan baru dari teknologi penjernihan udara berbasis Plasmacluster yang hanya dimiliki oleh SHARP untuk menghadirkan udara sehat, segar, dan murni seperti layaknya di alam bebas. Penjernih udara model ini tidak hanya mampu menon-aktifkan berbagai virus, jamur, bakteri, dan bau-bauan tak sedap, namun juga menyingkirkan 99,97 persen debu dan asap berkat filter HEPA (High Efficiency Particulate Air), sekaligus menangkap nyamuk dengan metode yang 100 persen aman karena bebas dari bahan kimia berbahaya yang dampaknya tidak baik bagi kesehatan.

Untuk mengembangkan produk ini, SHARP melakukan riset dengan mempelajari perilaku nyamuk, bekerja sama dengan Institute for Medical Research Malaysia, lembaga riset terkemuka yang juga merupakan Pusat Kolaborasi WHO untuk binatang parasit (WHO Collaborating Centre for Vector). Dari pengamatan ini, SHARP menemukan sejumlah perilaku unik nyamuk, di antaranya adalah kegemaran nyamuk pada sinar UV, warna hitam, juga celah-celah sempit. Oleh sebab itu, fitur-fitur produk ini dikembangkan atas temuan tersebut, yaitu 1) Dilengkapi sinar UV dengan panjang gelombang 360 nm yang disenangi nyamuk, 2) Didesain dengan body berwarna hitam untuk menarik perhatian nyamuk, 3) Memiliki celah-celah sempit yang disukai nyamuk, 4) Daya hisap dan aliran udara yang kuat, 5) Lembar perekat yang kuat daya lekatnya.

Aan Suherlan selaku Manager CSR PKPU mengungkapkan antusiasmenya. “Kami sangat mengapresiasi bantuan SHARP melalui program ini, karena SHARP memberikan akses kepada masyarakat Indonesia untuk melindungi keluarganya dari ancaman berbagai penyakit yang berbahaya. Besar harapan kami, program ini mampu berkontribusi dalam meningkatkan kualitas kesehatan para penerima manfaat,” katanya. (WAW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here