Gandeng SMBC, Djarum Buka SMK Animasi

Gandeng SMBC, Djarum Buka SMK Animasi

770
0
SHARE

CSRINDONESIA – Perkembangan industri kreatif pada bidang animasi sudah semakin meluas dan semakin banyak animator-animator dari Indonesia yang semakin handal dalam membuat film animasi. Animasi Indonesia telah berkembang sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Kebutuhan animasi untuk kepentingan kebutuhan iklan sudah cukup terpenuhi. Demikian juga kebutuhan animasi untuk kebutuhan trik dalam film live juga sudah terpenuhi. Bahkan untuk kebutuhan film live mancanegara pun trik melalui animasinya dilakukan oleh animator Indonesia. Film animasi asing, termasuk yang sedang beredar di Indonesia, juga dibuat oleh animator Indonesia. Beberapa animator Indonesia bekerja untuk membuat film animasi negara lain.

Sayangnya, belum banyak animator yang memproduksi film (serial maupun layar lebar) untuk kepentingan film animasi dalam negeri. Padahal kebutuhan film (serial) animasi di Indonesia didasarkan pada jumlah stasiun televisi nasional dan lokal dikalikan dengan frekuensi penayangan film (serial) animasi setiap minggunya, akan menghasilkan angka yang mengejutkan. Sayangnya hampir seluruh angkanya dipenuhi oleh film (serial) animasi asing.

Sekarang ini, walaupun dunia animasi Indonesia sudah terlihat berkembang dan membaik, ternyata masih banyak masalah dan kendala-kendala yang dihadapi oleh para animator Indonesia ya. Selain tentang profesional atau tenaga pembuatnya, dukungan alat dan terknologi kita juga kurang baik. Pasalnya belum banyak yang mensupport animasi di Indonesia.

Untunglah beberapa waktu lalu, Djarum Foundation bersama dengan Autodesk dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) telah menyiapkan bangunan studio beserta kurikulum kejuruan animasi di SMK Raden Umar Said Kudus, Jawa Tengah. Rencananya program ini menerapkan kurikulum yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan industri animasi saat ini, yaitu seluruh rangkaian proses pembuatan film animasi 3D, menggunakan Autodesk Maya, yang digunakan dalam pembuatan film animasi dunia seperti The Good Dinousaur dan Big Hero 6. Pendidikan yang diberikan rencananya juga akan didukung oleh para praktisi kelas dunia, seperti pengajar tamu yang telah berpengalaman sebagai animator di Walt Disney Animation Studio.

Semoga kiprah sinergi Djarum dan SMBC ini mampu memajukan dunia animasi Indonesia untuk menjadi pemenang dalam persaingan industri animasi internasional.(WAW)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY